Langsung ke konten utama

Review Transformer 4 : Age of Extinction

Review transformers akan saya bagi dua yaitu yang tanpa spoiler dan yang penuh dengan spoiler. Bagian pertama ini adalah yang non spoiler, sedangan bagian kedua setelah trailer adalah bagian SPOILER. Read wisely!

Transfomer 4 akhirnya rilis di bioskop beberapa hari menjelang puasa. Film yang sudah ditunggu tunggu langsung di serbu oleh para fansnya. DI empire XII yogyakarta, 2 hari pertama film ini tayang, antriannya mencapai tempat parkir dan butuh waktu 2 jam untuk mendapatkan tiketnya. sekitar jam 3-4 sore, tiket Transfomer hari itu ludes padahal ada 4 teather untuk Transformer.

Hal ini cukup wajar mengingat selain ini libur sekolah, juga karena sebentar lagi puasa. Umat islam tentunya lebih memilih beribadah ketimbang nonton Bioskop. Maka sekali lagi, tida heran rilis transformer menjelang puasa --menurut penilaian saya-- tiketnya ludes.

Film ini menceritakan kisah para Autobot yang di buru oleh CIA, masih ingat di transformers 2 dan 3, para autobot dan pasukan amerika memburu para decepticon. Kini, pemerintah memburu para autobot. Sementara itu, decepticon sudah dianggap musnah.

Satu persatu decepticon di bantai dan dihabisi CIA, sisa dari kerangka para autobot di jadikan object penelitian oleh KSA. KSA sendiri adalah perusahaan yang bekerja sama dengan CIA untuk membuat versi Transformer mereka sendiri dengan unsur baru yang bernama Transformium. Transformium adalah unsur besi yang bisa di program dan bisa beubah bentuk apa saja itulah kenapa Autobot dan decepticon bisa berubah wujud  ke Kendaraan atau pesawat.

Terus apakah Masih ada decepticon yagn masih aktif? Siapa musuh di film ini ? Apakah Dinobot musuh? Kapan dinobot hadir di bumi? Semua bisa terjawab jika anda menonton filmnya.

Robot baru
Ada banyak robot baru yang bisa anda lihat, yang paling nampak adalah LockDown (decepticon yang berubah dari Lamborgini aventador dan Grimlock, Dinobot yang muncul di trailer, ada juga robot robot transformer generasi baru yang dibuat oleh manusia dengan bantuan dari element mineral baru bernama transformium. Pokoknya keren deh,. Robot baru transformers bisa anda baca dan lihat disini

Alur cerita
Sebelum menonton, saya iseng melihat di rottentomatoes.com, ternyata rating film ini  sangat rendah kemarin 38% . Memang sih dari sisi cerita banyak yang mengecewakan dan jalan ceritanya sangat mirip dengan transformer pertama yang dibintangi shia labaouf sebagai sam.

Effect
Efek robot di film ini sangat bersih dan lebih bersih dari film film sebelumnya. Selain itu hampir setiap 5 menit ada ledakan mobil, bom dan sejenisnya. Ini memang sudah trademark dari Michael bay hobi banget menggunaan Bom dan efek ledakan hampir disetiap filmnya. Pokoknya anda akan puas dengan effect luar biasa di film ini.

Overall
secara keseluruhan saya suka effect robotnya, terutama Transformer yang terbuat dari transformium, Effect Robot yang berubah dari Lamborgini aventador, serta Dinobot. Dan ingat, film transformers ini ada seri pertama dari trilogi yang akan dibuat oleh Michale bay.  Sebelum anda memutuskan menonton film yang berdurasi 160 Menit ini, silahkan anda memilih, Ingin melihat jalan cerita berliku atau melihat efek luar biasa? jika anda ingin melihat jalan cerita yang dalam , ANDA AKAN SANGAT kecewa. Jika anda ingin melihat effect pertarungan antar robot ANDA AKAN PUAS LUAR BIASA.


Pesan Moral
Jika anda belum menonton filmnya, mungkin anda heran, karena tokoh Cade yang di bintangi mark Walhberg terlalu muda untuk menjadi seorang ayah dengan anak gadis berumur 17 tahun? Nah ternyata *SPOILER ALERT*, Tessa, anak dari Cade itu lahir saat Cade dan istrinya baru berumur 18 tahun. Artinya tessa lahir saat Cade masih SMA atau baru lulus SMA.

Di film ini, Cade sangat protektif kepada Tessa karena dia tidak ingin tessa mengalami kesalahan yang sama yaitu hamil di luar nikah atau menikah karena kecelakaan. Woh, saya cukup respect dengan si sutradara. Pesan ini sangat mengena karena film transformers adalah film remaja. Pelajaran penting disini, bagi anda seorang ayah, jaga putri anda. Nah bagi anda cewek ABG alay dan labil, dengerin ucapan orang tua kalau tidak ingin menyesal, misalkan bepergian dengan cowok yang baru dikenal atau yang tidak jelas latar belakang keluarganya.






Spoiler Review
Dari sisi cerita, Film transformers ini mirip banget dengan film transformer pertama yang tayang di tahun 2007 dan beberapa adegan di transformer 2 dan 3 . Berikut ini adalah kemiripannya

  1. Robot transformers di temukan oleh manusia, jika sam menemukan robot bumble bee, maka di TF4 (transformer 4) yang menemukan robot adalah Cade Yeager. Sekarang robot yang ditemukan adalah Optimus prime.
  2. Optimus prime dikejar oleh agen CIA, Bumble bee dulu dikejar oleh agen Sector Seven
  3. Dulu rebutan Cube, sekarang rebutan Seed (benih)
  4. Dulu sektor seven awalnya jahat dan akhirnya jadi baik, di film ini BOS KSA yang kerjasama dengan CIA akhirnya memihak autobot.
  5. Di akhir film TF1 starscream kabur ke angkasa, di akhir film TF4 , Optimus prime yang terbang ke angkasa.
  6. Di TF1 , bumblebee adalah mobil jelek, namun karena di ejek oleh Michaela, dia berubah jadi mobil keren. Di film ini, bumblebee juga di ejek oleh KSA dan pacar dari Tessa Yaegar dan pabrik KSA, akhirnya dia berubah menjadi mobil keren. 
  7. Di transformer 1 Robot autobot cuma 4, di film ini robot autobot juga cuma 4 ditambah Optimus prime.
  8. Di transformer 2, Optimus prime tertembak dan mati, di TF4 transformers  lagi lagi Optimus prime tertembak namun tidak mati.
  9. Di transformer 3 Bumble bee berubah bertransformasi saat mau menabrak truk dan Sam terlempar ke udara, di TF4 adegan ini di ulang namun yang terlempar 3 orang.
  10. Transformers 2 Revenge of the fallen ada fallback ke masa lalu. disini juga ada fallback ke masa dinosaurus 65jt tahun lalu. jadi menurut transformers, dinosaurus musnah karena kedatangan dinobot. bukan karena meteor. 
Ringkasnya, potongan clip dari Southpark ini menggambarkan bagaimana alur cerita di transformers.
 
Robot baru di tranformers 4 bisa anda lihat disini.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komentar Tokoh Nasional Tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijaga

Berikut ini adalah pendapat para tokoh Nasional tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijga. Fahri Idris Saya akan buka advokasi bagi mahasiswi bercadar yang merasakan dirugikan apalagi jika sampai dipecat dengan kebijakan ini. Saya turun tangan langsung. https://t.co/L8Yx87Jumd via official site https://t.co/bARvTo7oJi silahkan share karena cadar dilindungi UUD '45. #Cadar — Fahira Idris DPD RI (@fahiraidris) 6 Maret 2018 Lukman Hakim Saifudin ( Menteri Agama) Cadar itu bisa merupakan wujud pengamalan keyakinan ajaran agama bagi penggunanya, meskipun banyak juga yg meyakini itu hanyalah budaya. UIN SUKA bukan ingin mengatur sisi khilafiyah hal itu, tapi ingin menata ketentuan akademik & administratif yg menyangkut penggunaan cadar. https://t.co/cJax2OTm4Q — Lukman H. Saifuddin (@lukmansaifuddin) 9 Maret 2018 Fahri Hamzah Sultan Hamengkubuwono  X "Perlu ada kebijakan untuk mempertimbangkan lagi,"    Sultan menilai, kebijakan yang ada

Data Statistik ASN Per Juni 2023

  Data ASN 2023 Berapa sih jumlah ASN seluruh Indonesia? Jika Anda penasaran dengan pertanyaan tersebut, Anda bisa melihat gambar di atas. Gambar diambil dari buku statistik ASN Semester I tahun 2023 yang diterbitkan BKN.  Secara singkat ,  Jumlah ASN sebanyak 4.282.429 Orang yang terdiri dari PNS sebanyak 3.795.302 (89%) dan PPPK sebanyak 487.127 (11%).  Walaupun Jumlah PPPK baru 11%, namun tren PPPK akan terus meningkat seiring lebih banyaknya lowongan PPPK dibanding PNS. Hal ini dikarenakan PNS pensiun tidak  selalu di ganti dengan PNS baru namun di ganti dengan PPPK.  Dilihat dari instansinya, Jumlah PNS pusat sebanyak 22% dan jumlah ASN daerah sebanyak 78%. ASN Pusat adalah ASN yang bekerja di Kementerian, Lembaga atau Badan Negara sedangkan PNS daerah adalah PNS yang bekerja di instansi Pemerintah Daerah Tingkat I ( Provinsi) dan Pemerintah Daerah Tingkat II (Kabupaten Kota).  Catatan Menarik dari latar pendidikan ASN adalah 71% bergelar sarjana. Hal ini wajar karena sejak 10 Tah

Daftar Partai Peserta Pemilu 2024

  No Nama  Ketua Sekjen Berdiri  Website 1 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar M. Hasanuddin Wahid 23 Juli 1998 https://pkb.id 2 Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto Ahmad Muzani 06 Februari 2008 http://gerindra.id 3 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Megawati Sukarnoputri Hasto Kristianto 15 Februari 1999 https://pdiperjuangan.id 4 Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto Lodewijk Freidrich Paulus 20 Oktober 1964 https://partaigolkar.com 5 Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh Jhonny G. Plate 26 Juli 20211 https://nasdem.id 6 Partai Buruh Said Iqbal Ferry Nurzarli 05 Oktober 2021 https://partaiburuh.or.id 7 Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) Anis Matta Mahfudz Siddiq 28 Oktober 2019 https://partaigelora.id 8 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu Aboe Bakar Al-Habsyi 20 April 2002 https://pks.id 9 Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) I Gede Pasek Suardika Sri Mulyono 07 Januari 2022 https://p