Langsung ke konten utama

Data Statistik ASN Per Juni 2023

 


Data ASN 2023

Berapa sih jumlah ASN seluruh Indonesia? Jika Anda penasaran dengan pertanyaan tersebut, Anda bisa melihat gambar di atas. Gambar diambil dari buku statistik ASN Semester I tahun 2023 yang diterbitkan BKN.  Secara singkat ,  Jumlah ASN sebanyak 4.282.429 Orang yang terdiri dari PNS sebanyak 3.795.302 (89%) dan PPPK sebanyak 487.127 (11%). 

Walaupun Jumlah PPPK baru 11%, namun tren PPPK akan terus meningkat seiring lebih banyaknya lowongan PPPK dibanding PNS. Hal ini dikarenakan PNS pensiun tidak  selalu di ganti dengan PNS baru namun di ganti dengan PPPK. 

Dilihat dari instansinya, Jumlah PNS pusat sebanyak 22% dan jumlah ASN daerah sebanyak 78%. ASN Pusat adalah ASN yang bekerja di Kementerian, Lembaga atau Badan Negara sedangkan PNS daerah adalah PNS yang bekerja di instansi Pemerintah Daerah Tingkat I ( Provinsi) dan Pemerintah Daerah Tingkat II (Kabupaten Kota). 

Catatan Menarik dari latar pendidikan ASN adalah 71% bergelar sarjana. Hal ini wajar karena sejak 10 Tahun terakhir, formasi ASN di dominasi oleh Lulusan Sarjana S1. Sementara itu PNS lulusan dengan Jenjang Pendidikan SD-SMA sebanyak 14% ini setiap tahunnya akan terus berkurang, umumnya ini adalah ASN senior yang dulu menjadi PNS karena Pengangkatan, bukan karena seleksi. 

Data PNS 2023


Data PNS saat ini sejumlah 3.795.302 Orang. Dari Grafik usia di atas juga tampak bahwa PNS yang berusia 51-60 Tahun sebanyak 1.298.968 Orang. Jika kita rata-rata, maka setiap tahun akan ada sekitar 120.000 PNS pensiun selama 10 Tahun ke depan. Jika pola pertumbuhan negatif terus dipertahankan ( semisal 2 PNS pensiun di ganti 1 PNS) maka di tahun 2033 Jumlah PNS di Indonesia hanya sekitar 3.2 Juta PNS bahkan lebih kecil lagi jika pemerintah membuat pertumbuhan negatif yang lebih besar.

Penurunan Jumlah PNS 


selama 10 Tahun terakhir, jumlah PNS terus menurun karena target pemerintah untuk PNS adalah pertumbuhan negatif. Artinya PNS yang pensiun digantikan fungsinya oleh mesin atau oleh PPPK. sehingga PNS dari tahun ke tahun akan terus menurun.  

Jumlah PNS mencapai puncaknya di tahun 2015 sebanyak 4.593.604 Orang lalu setiap tahun terjadi penurunan sampai hari ini hanya tinggal 3.796.302 yang artinya selama 8 tahun terakhir sudah berkurang   17% atau turun sekitar 2.1% tiap tahun. Hal ini merupakan hal yang positif dengan jumlah PNS yang terus berkurang serta proses otomatisasi  birokrasi berbasis digital, hal ini akan berdampak pada alokasi Anggaran nantinya akan banyak digunakan untuk Masyarakat ketimbang untuk gaji PNS.  Kita berharap penurunan ini terus berlanjut sampai jumlah PNS hanya tinggal 2.7 Juta orang. Jumlah 2.7 Juta ini adalah jumlah Ideal untuk Indonesia dengan jumlah penduduk 278 Jiwa saat ini  dengan perbandingan  1:1000, artinya 1 PNS melayani 1000 penduduk Indonesia. Hal ini adalah sangat realistis ketika era digital dan otomatisasi sudah diterapkan di setiap pelayanan Umum. 

Data PPPK 2023



PPPK saat ini sekitar setengah juta orang dan Kedepannya akan terus bertambah. PPPK ini umumnya adalah pekerja pemerintah yang bekerja di sektor Pendidikan dan kesehatan. ASN jenis ini merupakan usaha pemerintah dalam rangka mengonversi Honorer menjadi ASN secara bertahap. Kedepannya jumlah PPPK akan terus meningkat dan jumlah ASN akan terus menurun. PPPK adalah Pegawai pemerintah yang menjadi Garda terdepan dalam pelayanan masyarakat. Tidak heran jika masa kerja PPPK rata rata di bawah 10 tahun mengingat Perekrutan PPPK baru beberapa tahun ke belakang. Jika kita lihat grafik di atas, Golongan paling banyak adalah Golongan IX yang rata rata adalah Guru dengan pendidikan Sarjana. 

Pemerintah Indonesia dalam rangka reformasi Birokrasi sedang gencar melakukan digitalisasi dan penyederhanaan birokrasi, yang artinya jumlah pegawai pelayanan administrasi dikurangi karena sebagian pekerjaan sudah di otomatisasi mesin dan komputer. Namun ada pekerjaan yang tidak bisa di gantikan mesin seperti Guru dan Tenaga kesehatan. Dua kategori pekerjaan ini tetap dibutuhkan SDM, maka muncullah ASN dengan kategori PPPK ( Pekerja pemerintah dengan perjanjian Kerja). dalam bahasa inggris, PNS adalah Public servant alias pelayanan Publik dan PPPK adalah Public Worker alias pekerja publik. 

Kedepannya pekerjaan teknis akan diserahkan ke PPPK yang merupakan ASN yang tugasnya di wilayah pelayanan publik seperti Guru, Tenaga Kesehatan, Penyuluh , Pekerja teknis dan Tenaga Kependidikan ( Pegawai yang bekerja di institusi Pendidikan namun bukan Guru atau Dosen). Jika Anda ingin melihat statistik lebih detail silakan baca buku statistik ASN ini di link sumber di bawah ini 


Sumber  : Buku Statistik ASN Semester I Tahun 2023, di terbitkan oleh BKN 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komentar Tokoh Nasional Tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijaga

Berikut ini adalah pendapat para tokoh Nasional tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijga. Fahri Idris Saya akan buka advokasi bagi mahasiswi bercadar yang merasakan dirugikan apalagi jika sampai dipecat dengan kebijakan ini. Saya turun tangan langsung. https://t.co/L8Yx87Jumd via official site https://t.co/bARvTo7oJi silahkan share karena cadar dilindungi UUD '45. #Cadar — Fahira Idris DPD RI (@fahiraidris) 6 Maret 2018 Lukman Hakim Saifudin ( Menteri Agama) Cadar itu bisa merupakan wujud pengamalan keyakinan ajaran agama bagi penggunanya, meskipun banyak juga yg meyakini itu hanyalah budaya. UIN SUKA bukan ingin mengatur sisi khilafiyah hal itu, tapi ingin menata ketentuan akademik & administratif yg menyangkut penggunaan cadar. https://t.co/cJax2OTm4Q — Lukman H. Saifuddin (@lukmansaifuddin) 9 Maret 2018 Fahri Hamzah Sultan Hamengkubuwono  X "Perlu ada kebijakan untuk mempertimbangkan lagi,"    Sultan menilai, kebijakan yang ada

Daftar Partai Peserta Pemilu 2024

  No Nama  Ketua Sekjen Berdiri  Website 1 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar M. Hasanuddin Wahid 23 Juli 1998 https://pkb.id 2 Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto Ahmad Muzani 06 Februari 2008 http://gerindra.id 3 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Megawati Sukarnoputri Hasto Kristianto 15 Februari 1999 https://pdiperjuangan.id 4 Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto Lodewijk Freidrich Paulus 20 Oktober 1964 https://partaigolkar.com 5 Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh Jhonny G. Plate 26 Juli 20211 https://nasdem.id 6 Partai Buruh Said Iqbal Ferry Nurzarli 05 Oktober 2021 https://partaiburuh.or.id 7 Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) Anis Matta Mahfudz Siddiq 28 Oktober 2019 https://partaigelora.id 8 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu Aboe Bakar Al-Habsyi 20 April 2002 https://pks.id 9 Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) I Gede Pasek Suardika Sri Mulyono 07 Januari 2022 https://p