Langsung ke konten utama

Tipe Rumah Makan di Jogja

Jogjakarta, kota yang tidak ada habisnya kalau dibahas, dari masyarakatnya  yang ramah, fasilitas yang serba ada dan banyaknya anak muda menuntut ilmu  menjadikan kota ini sangat dinamis. Namun, satu hal yang tidak kalah menarik dalah kuliner di jogjakarta. Tulisan ini saya tujukan untuk para mahasiswa baru  atau para wisatawan domestik yang ingin melihat lebih jauh kota budaya ini.

Di Kota ini, semua jenis rumah makan ada, dari angkringan sampai resto mewah bisa anda pilih. Nah, disini saya pandu anda untuk memilih Rumah makan yang tepat sesuai selera dan kantong. Kata "Rumah Makan" disini bersifat umum untuk segala bentuk pedagang makanan.

Angkringan


"Rumah Makan" paling sederhana ini menjadi ciri khas di jogja. Menunya murah .Ada  gorengan seharga Rp 500 , nasi kucing Rp 1500 dan berbagai makanan sederhana seperti krupuk atau sate usus. Angkiran sangat mudah di cari mengingat posisinya di pinggir jalan dengan cirikhas gerobak dan tenda sederhana. Angkringan (biasanya) mulai buka selepas ashar sampai dini hari, namun akhir akhir ini, banyak juga angkringan yang buka dari pagi.

Burjo 




Burjo adalah "Rumah makan" dimana salah satu menunya adalah Bubur kacang hijau. Namun bukan berarti ga ada menu lain loh, disini justru yang paling laris bukan burjo, tapi Mie rebus telor (intel) dan mie rebus goreng. Selain itu,Burjo juga menyediakan nasi , sayur, lauk seperti rumah makan lainnya. Burjo buka selama 24 jam nonstop, itulah mengapa kalau pas dini hari kelaperan, paling enak main ke burjo sekedar makan mie plus teh hangat. Mie telor plus es teh rata rata seharga 6000 rupiah.

Jangan dikira kalau jam 1 malam burjo ga ada orang, justru kebanyakan mahasiswa yang hobi begadang pada nongkrong di burjo pas jam jam ini, apalagi ada pertandingan bola di TV. Maklum kan, tidak setiap mahasiswa punya TV, jadi kadang mahasiswa keluar malam terus keburjo karena mau nonton bola :).

Ciri khas burjo adalah warung di pinggir jalan dengan Baliho besar berwarna kuning dan kebanyakan penjualnya adalah orang kuningan Jawa Barat.

RM Jawa
Rumah makan jenis ini umumnya menyediakan menu standar makan harian, seperti nasi, sayur, lauk dan gorengan. Rumah makan ini buka sekitar jam 8 pagi sampai jam9 malam. Biasanya para pelanggannya adalah mahasiswa dan mahasiswa yang males masak sendiri. Tentunya si pemilik juga orang jawa, namanya juga RM jawa :)

Untuk Makan nasi , sayur plus ayam dan segelas es teh, biasanya arga berkisar antar 5000-10.000 rupiah. Jauh lebih murah dibanding kota lain. Apalagi kota diluar jawa :).

Termasuk RM jawa adalah rumah makan yang menyediakan nasi Gudeg.



RM Nasi kuning 
Rumah makan ini, hanya ada di pagi hari antara jam 6 pagi sampai jam 10. biasanya ada di pagi hari, para pelanggannya adalah para mahasiswa dan pegawai yang tidak sempat masak di pagi hari. Disini selain nasi kuning, juga ada lemper, kue dan makan kecil lainnya. harganya juga cukup murah, sekitar 2500 sampai 5000 rupiah.

 RM Soto, Bakso dan Mie Ayam
Rumah makan jenis ini tersebar di jogjakarta, terutama soto, ciri khas soto jogja adalah sotonya seger banget, plus ditambah sate ayam, sate telor puyuh dan sate usus. Tapi ingat ya, kalo harga soto misalkan 6.000 rupiah dan anda makan satenya 4,anda bayar 10.000. Sate dijual terpisah tapi dihidangkan bareng :).

Kalau bakso dan Mie ayam juga cukup banyak, penjual bakso dan Mie yang enak itu yang ada kata kata "Wonogiri" nya. Rasanya mantap. Mungkin memang orang wonogiri pinter buat bakso ma mie kali ya :). Harga rata rata satu mangkok soto, bakso dan mie sekitar 6000 rupiah.

RM padang
haha, jelas rumah makan ini ada di jogjakarta. Walaupun saya bukan orang padang, tapi saya suka dengan masakan padang, bumbunya mantap dan rasa kuahnya saja sudah maknyus, Salut sama orang padang, salah satu rumah makan terenak di indonesia.

Pecel Lele



Pecel lele adalah Rumah makan yang buka sekitar abis ashar sampai jam 00.00. Walaupun namanya pecel lele, bukan berarti menunya cuman Lele, masi banyak menu yang lain, dari tempe penyet, tahu penyet, ikan bakar, ayam bakar, burun puyuh dan sebagainya ada disini. Kebanyakan yang beli ya mahasiswa, apalagi pas malam minggu, pasti pada berpasang2an tuh yang pada makan, jadi kalau malam minggu makan sendirian di RM pecel lele berasa "forever alone" :)

Menunya cukup murah, dari 5000-10.000 ribu rupiah. Makan favorit saya burung puyuh plus nasi cuman 10.000. Tinggal makan. Murah kan.

Kafe & Resto & Hotspot
Nah kalo yang ini dah agak modern, Kafe dan resto sebenarnya mirip dengan Rumah makan lain, bedanya Tempat makannya luas, ada yang lesehan ada yang standar meja kursi. Disini menunya lebih mahal dari pada  di rumah makan lain, mengingat brand "Kafe" nya. Ingat, kalo mau makan di Kafe and resto, sediakan aja minimal 20.000 ribu, apalagi pas bawa cewe kamu, minimal 50.000. Cari aman bro!

Jika anda melihat Layanan Hotspot, umumnya juga menyediakan menu makanan juga. Cuman biasanya hotspotnya murah banget malah kadang gratis, cuman ya itu, harga makannya naik :).


Francise
Rumah makan francise juga banyak disini,dari KFC, MCDonald, atau Hoka hoka bento, tapi rumah makan model gini hanya ada di Mall atau di tengah kota. Dan harganya juga lebih mahal daripada kafe dan resto.


Tips membeli makan

  1. Jika anda wisatawan, biasakan menanyakan harga makanan yang ingin anda pesan, jangan asal beli bayar dibelakang, karena walaupun jogja terkenal murah dan pedagangnya jujur,namun tetap saja ada oknum yang pasang harga murah tapi pas bayar mahal. Biasanya di Tempat wisata.
  2. Ketika melihat menu makanan, misal:" Ayam bakar :6000", tanyakan kepada penjual apakah harga 6000 sudah termasuk nasi. Biasanya sih harga nasi tidak tertulis. 
  3. Dibeberapa warung makan biasa dimana pembelinya mahasiswa, kadang ada penjual yang meminta bayar didepan, tanyakan ke penjual, bayarnya didepan atau dibelakang. 
  4. RM jawa standar biasanya model prasmanan, anda bebas mengambil nasi, sayur dan lauk sendiri dan biasanya sayur tidak di hitung. Yang di hitung hanya nasi plus lauknya saja. 
  5. Jika anda ingin hemat, ketika ditanya minum, bilang saja air putih, Di sebagian besar rumah makan di jogja, Air putih itu tidak dihitung. Namun ada juga beberapa kafe dan resto dimana air putih bayar, cuman harga satu gelas dihitung 500 atau 1.000.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komentar Tokoh Nasional Tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijaga

Berikut ini adalah pendapat para tokoh Nasional tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijga. Fahri Idris Saya akan buka advokasi bagi mahasiswi bercadar yang merasakan dirugikan apalagi jika sampai dipecat dengan kebijakan ini. Saya turun tangan langsung. https://t.co/L8Yx87Jumd via official site https://t.co/bARvTo7oJi silahkan share karena cadar dilindungi UUD '45. #Cadar — Fahira Idris DPD RI (@fahiraidris) 6 Maret 2018 Lukman Hakim Saifudin ( Menteri Agama) Cadar itu bisa merupakan wujud pengamalan keyakinan ajaran agama bagi penggunanya, meskipun banyak juga yg meyakini itu hanyalah budaya. UIN SUKA bukan ingin mengatur sisi khilafiyah hal itu, tapi ingin menata ketentuan akademik & administratif yg menyangkut penggunaan cadar. https://t.co/cJax2OTm4Q — Lukman H. Saifuddin (@lukmansaifuddin) 9 Maret 2018 Fahri Hamzah Sultan Hamengkubuwono  X "Perlu ada kebijakan untuk mempertimbangkan lagi,"    Sultan menilai, kebijakan yang ada

Data Statistik ASN Per Juni 2023

  Data ASN 2023 Berapa sih jumlah ASN seluruh Indonesia? Jika Anda penasaran dengan pertanyaan tersebut, Anda bisa melihat gambar di atas. Gambar diambil dari buku statistik ASN Semester I tahun 2023 yang diterbitkan BKN.  Secara singkat ,  Jumlah ASN sebanyak 4.282.429 Orang yang terdiri dari PNS sebanyak 3.795.302 (89%) dan PPPK sebanyak 487.127 (11%).  Walaupun Jumlah PPPK baru 11%, namun tren PPPK akan terus meningkat seiring lebih banyaknya lowongan PPPK dibanding PNS. Hal ini dikarenakan PNS pensiun tidak  selalu di ganti dengan PNS baru namun di ganti dengan PPPK.  Dilihat dari instansinya, Jumlah PNS pusat sebanyak 22% dan jumlah ASN daerah sebanyak 78%. ASN Pusat adalah ASN yang bekerja di Kementerian, Lembaga atau Badan Negara sedangkan PNS daerah adalah PNS yang bekerja di instansi Pemerintah Daerah Tingkat I ( Provinsi) dan Pemerintah Daerah Tingkat II (Kabupaten Kota).  Catatan Menarik dari latar pendidikan ASN adalah 71% bergelar sarjana. Hal ini wajar karena sejak 10 Tah

Daftar Partai Peserta Pemilu 2024

  No Nama  Ketua Sekjen Berdiri  Website 1 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar M. Hasanuddin Wahid 23 Juli 1998 https://pkb.id 2 Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto Ahmad Muzani 06 Februari 2008 http://gerindra.id 3 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Megawati Sukarnoputri Hasto Kristianto 15 Februari 1999 https://pdiperjuangan.id 4 Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto Lodewijk Freidrich Paulus 20 Oktober 1964 https://partaigolkar.com 5 Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh Jhonny G. Plate 26 Juli 20211 https://nasdem.id 6 Partai Buruh Said Iqbal Ferry Nurzarli 05 Oktober 2021 https://partaiburuh.or.id 7 Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) Anis Matta Mahfudz Siddiq 28 Oktober 2019 https://partaigelora.id 8 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu Aboe Bakar Al-Habsyi 20 April 2002 https://pks.id 9 Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) I Gede Pasek Suardika Sri Mulyono 07 Januari 2022 https://p