Langsung ke konten utama

Bercermin Pada Lemahnya Diplomasi Haji

 kabar menggegerkan datang dari Pemerintah dalam hal ini kementerian agama yang menyampaikan bahwa TIDAK ADA HAJI TAHUN INI. Twitter Kemenag menulis narasi berikut :

 mengumumkan bahwa pemerintah tidak memberangkatkan jemaah haji Indonesia 1442 H/2021 M. Di tengah pandemi Corona Virus Disease-19 (Covid-19) yang malanda dunia, kesehatan, dan keselamatan jiwa jemaah lebih utama dan harus dikedepankan.

Pada kenyataannya bahasa diatas adalah bahasa humas untuk memperhalus GAGALNYA diplomasi haji indonesia. Mari kita korek satu persatu bahwa kemenag dan pemerintah gagal dalam hal diplomasi 

Dari antaranews berita tanggal 10 maret 2021, "Arab Saudi tambah 10.000 kuota haji Malaysia" (1)

Dari Liputan6.com "Menag Yaqut Heran Indonesia Belum Dapat Izin Masuk ke Arab Saudi". (2)

Dari sindowsnews "Bertemu Dubes Arab Saudi, Menko Luhut Bersama Yenny Wahid Upayakan Kuota Haji 2021"(3)


dari Tribunnews "Sinovac Tak Penuhi Syarat Arab Saudi, Pemerintah Usahakan Vaksin Johnson & Johnson untuk Jemaah Haji " (4) 

Mari kita bersama sama menganalisa pernyataan kemenag dan 4 berita diatas. 

Pernyataan Kemenag adalah bahasa HUMAS yang diperhalus. 

Pernyataan Kemenag sebenarnya adalah pernyataan yang sangat diperhalus, dengan alasan corona  maka indonesia tidak mengirimkan haji, padahal beberapa hari sebelumnya indonesia masih berusaha agar vaksin sinovac di akui Saudi arabia , Kemenag masih terus menunggu keputusan Arab saudi tentang di ijinkan tidaknya jemaah indonesia berhaji. 

Ditambah lagiberita nomor 3 dimana pada awal Juni luhut masih terus melobi saudi agar indonesia mendapatkan quota tahun ini. 

Sinovac Tetap tidak di akui Saudi Arabia

Dari berita nomor  4, nampaknya diplomasi vaksin gagal akhirnya indonesia berusaha mendapatkan vaksin selain sinovac untuk jemaah, terus jemaah yang sudah di suntik Sinovac , apa suntik ulang gitu? dari sini saja lobinya gagal. Ditambah lagi dan menjadi pertanyaan mendasar, Kalau Sinovac tidak di akui WHO kenapa kita terburu buru menganggarkan untuk beli vaccin sinovac, bukan vaksin Yang di akui WHO? saya yakin orang orang di kementerian kesehatan tidak bodoh . Efeknya sekarang kita dipermalukan dengan kejadian ini. apalagi efektifitas dari vaksin sinovac masih di ragukan ditengah berbagai berita dimana orang yang sudah di vaksine tetap saja terserang corona. jadi manfaat vaccine itu apa?

Salah pilih pejabat dalam melobi dan diplomasi

Luhut lagi , luhut lagi, itulah yang saya heran, kalau beliau mengurus investasi ok lah, ini kok ngurusin haji pula, ada beberapa hal yang tidak sreg dengan hal ini, pertama beliau menteri investasi, bukan menteri agama atau menteri PMK. idealnya kalau yang melobi menteri PMK masih wajar karena menteri PMK membawahi kemenag. 

Yang saya heran, kenapa bukan menteri agama langsung misalkan lalu didampingi MUI, tokoh NU dan Tokoh muhammadiyah yang melobi? ini sebuah kekonyolan dalam diplomasi urusan haji. Saya juga heran kenapa menteri agama malah heran kenapa masih belum di ijinkan masuk saudi. 

Kenapa bukan menteri agama langsung yang datang melobi? apa karena beliau fokus membahas radikal radikul dan sertifikasi penceramah yang sebenarnya program ini program gagal layu sebelum berkembang? 

Jika benar menteri fokus ke sertifikasi penceramah maka kementerian agama tidak paham prioritas, fokus radikal radikul malah haji terbengkalai. Sementera Itu presiden kita tidak ada kabar bagaimana arahannya ke kementerian agama. 

Kesalahan berlipat ganda ditambah lagi buzzerRp yang menampakan kebencian dengan arab dnegan bilang kadran kadrun bagi umat islam yang kokoh menjalankan sila pertama pancasila, seakan akan orang yang taat beragama tidak berpancasila. Plus ucapan tokoh ormas X yang bilang " Wahabi bukan teroris, tapi selangkah lagi jadi teroris". Tokoh ini lupa, Mekkah madinah di kuasai Raja wahabi. di negeri wahabi saja teroris di berangus kok dibilang wahabi  selangkah lagi jadi teroris. 

Sekarang kita kena getahnya, Gigit jari dan dipermalukan di seluruh negara islam dunia, Diplomasi gagal haji dan embel embel negara muslim terbesar dunia tida berdaya dan lemah dalam diplomasi dan tidak dihargai bahkan untuk urusan agama islam sendiri. 

Bagaimana selanjutnya (kritik dan saran) ? 

Sebagai rakyat sekaligus umat islam, saya sangat kecewa dengan kinerja pemerintah terutama kementerian agama. Saya  hanya bisa memberi masukan berikut dan semoga bisa didengar pemerintah : 
  1. Lobi kembali Arab Saudi agar warga indonesia Bisa menjalankan umrah pasca musim haji, lobi dengan menggandeng MUI dan ormas islam di indonesia. Haji ini tidak perlu di lobi lagi, tidak ada lagi waktu untuk melobi dan menyiapkan haji tahun  ini. 
  2. Stop buzzeRp yang selalu bilang kadran kadrun wahabi wahaboy ,radikal radikul yang merendahkan bukan saja islam, namun bangsa arab. Orang arab juga tidak bodoh dalam perkara ini, dan bagi mereka, HARGA DIRI ADALAH MATA UANG PALING BERHARGA. 
  3. Transparansikan dana haji , kalau perlu dibuat halaman website khusus untuk menampilkan data kuantitatif dana haji umat islam dan jika ada bunga, manfaat atau keuntungan dari mengendapnya dana ini, maka harus jelas kemana uang itu mengalir. Jujur pada rakyat, kemana duit itu? apa benar dipakai untuk infrastruktur ?
  4. Mengundang Para ulama, tokoh islam, MUI dan ormas islam dan pemerintah terbuka meminta masukan pada mereka yang menunjukan bahwa Pemerintah benar benar mengayomi umat beragama terutama Islam.
  5. Pecat pejabat yang tidak kompeten dan ganti dengan pejabat kompeten dibidangnya. 
Demikian sedikit masukan dari saya seorang hamba yang lemah dan berharap tahun depan quota haji kita kembali seperti era sebelum covid. Amiin. 

ref: 

1) https://www.antaranews.com/berita/2036270/arab-saudi-tambah-10000-kuota-haji-malaysia

2) https://www.liputan6.com/news/read/4571783/menag-yaqut-heran-indonesia-belum-dapat-izin-masuk-ke-arab-saudi

3) https://nasional.sindonews.com/read/444632/15/bertemu-dubes-arab-saudi-menko-luhut-bersama-yenny-wahid-upayakan-kuota-haji-2021-1622678809

4) https://www.tribunnews.com/nasional/2021/05/31/sinovac-tak-penuhi-syarat-arab-saudi-pemerintah-usahakan-vaksin-johnson-johnson-untuk-jemaah-haji


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komentar Tokoh Nasional Tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijaga

Berikut ini adalah pendapat para tokoh Nasional tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijga. Fahri Idris Saya akan buka advokasi bagi mahasiswi bercadar yang merasakan dirugikan apalagi jika sampai dipecat dengan kebijakan ini. Saya turun tangan langsung. https://t.co/L8Yx87Jumd via official site https://t.co/bARvTo7oJi silahkan share karena cadar dilindungi UUD '45. #Cadar — Fahira Idris DPD RI (@fahiraidris) 6 Maret 2018 Lukman Hakim Saifudin ( Menteri Agama) Cadar itu bisa merupakan wujud pengamalan keyakinan ajaran agama bagi penggunanya, meskipun banyak juga yg meyakini itu hanyalah budaya. UIN SUKA bukan ingin mengatur sisi khilafiyah hal itu, tapi ingin menata ketentuan akademik & administratif yg menyangkut penggunaan cadar. https://t.co/cJax2OTm4Q — Lukman H. Saifuddin (@lukmansaifuddin) 9 Maret 2018 Fahri Hamzah Sultan Hamengkubuwono  X "Perlu ada kebijakan untuk mempertimbangkan lagi,"    Sultan menilai, kebijakan yang ada

Data Statistik ASN Per Juni 2023

  Data ASN 2023 Berapa sih jumlah ASN seluruh Indonesia? Jika Anda penasaran dengan pertanyaan tersebut, Anda bisa melihat gambar di atas. Gambar diambil dari buku statistik ASN Semester I tahun 2023 yang diterbitkan BKN.  Secara singkat ,  Jumlah ASN sebanyak 4.282.429 Orang yang terdiri dari PNS sebanyak 3.795.302 (89%) dan PPPK sebanyak 487.127 (11%).  Walaupun Jumlah PPPK baru 11%, namun tren PPPK akan terus meningkat seiring lebih banyaknya lowongan PPPK dibanding PNS. Hal ini dikarenakan PNS pensiun tidak  selalu di ganti dengan PNS baru namun di ganti dengan PPPK.  Dilihat dari instansinya, Jumlah PNS pusat sebanyak 22% dan jumlah ASN daerah sebanyak 78%. ASN Pusat adalah ASN yang bekerja di Kementerian, Lembaga atau Badan Negara sedangkan PNS daerah adalah PNS yang bekerja di instansi Pemerintah Daerah Tingkat I ( Provinsi) dan Pemerintah Daerah Tingkat II (Kabupaten Kota).  Catatan Menarik dari latar pendidikan ASN adalah 71% bergelar sarjana. Hal ini wajar karena sejak 10 Tah

Daftar Partai Peserta Pemilu 2024

  No Nama  Ketua Sekjen Berdiri  Website 1 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar M. Hasanuddin Wahid 23 Juli 1998 https://pkb.id 2 Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto Ahmad Muzani 06 Februari 2008 http://gerindra.id 3 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Megawati Sukarnoputri Hasto Kristianto 15 Februari 1999 https://pdiperjuangan.id 4 Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto Lodewijk Freidrich Paulus 20 Oktober 1964 https://partaigolkar.com 5 Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh Jhonny G. Plate 26 Juli 20211 https://nasdem.id 6 Partai Buruh Said Iqbal Ferry Nurzarli 05 Oktober 2021 https://partaiburuh.or.id 7 Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) Anis Matta Mahfudz Siddiq 28 Oktober 2019 https://partaigelora.id 8 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu Aboe Bakar Al-Habsyi 20 April 2002 https://pks.id 9 Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) I Gede Pasek Suardika Sri Mulyono 07 Januari 2022 https://p