Langsung ke konten utama

Gambaran kondisi sosial ekonomi di Amerika

Amerika di gadang gadang sebagai negara yang modern, maju dan demokratis. Banyak orang kepincut dengan kebebasan di amerika, penghasilan tinggi dan dunia hedonisme penuh dengan kesenangan. Kenyataannya, kondisi amerika tidak seperti itu. Kondisi amerika dilihat dari sisi sosial ekonomi justru lebih parah dari indonesia.

Artikel ini saya susun agar kita bangga menjadi bangsa indonesia, dan melihat fakta dilapangan. Saya berusaha menyertakan referensi agar pembaca bisa menganalisa sendiri dan melihat amerika secara utuh, bukan amerika di Film hollywood.

Kehamilan remaja /kehamilan diluar nikah
Amerika adalah negara maju yang mengalami paling banyak kehamilan diluar nikah terutama para remaja. Hal ini dikarenakan sex bebas yang sudah sangat bebas seperti hewan. Sekedar gambaran, sekitar 750.000 remaja hamil diluar nikah setiap tahunnya. singkatnya rata rata 7% dari remaja umur 15-19 tahun mengalami hamil setiap tahunnya. sekarang masih bilang amerika negara yang hebat? kebebasan yang luar biasa bebas akan menyebabkan kerusakan seperti ini.

Diskriminasi
Negara yang mengagungkan kebebasan teryata tidak sebebas yang kita kira. Sampai saat ini orang kulit hitam masih mengalami pelayanan rasis. Orang kulit hitam identik dengan penjahat. Bahkan beberapa kasus seperti penembakan oran kulit hitam oleh oran gkulit putih justru orang kulit putih ini dinyatakan bebas. Belum lama ini, orang kulit hitam di tembak mati oleh polisi dengan tuduhan mencuri,padahal dia tidak bersenjata dan tidak melawan. Tidak usah jauh jauh, jika anda melihat secara detail setiap film amerika, kabanyakan yang mati atau menjadi penjahat adalah orang kulit hitam.

Diskrimanasi ini juga termasuk untuk para pendatang mexico yang mencari kerja di amerika. Mereka umumnya dilecehkan dan dianggap warga kelas rendah disana. Diskriminasi bukan hanya terbatas pada ras, namun juga agama. Umat islam termasuk yang mengalami diskriminasi disana. Diskriminasi tambah parah karena media disana jelas sangat menyudutkan islam, terutama FOX news yang sangat dengan partai republik.


Kriminalitas
Amerika merupakan salah satu negara paling berbahaya di dunia. Salah satunya karena setiap orang bebas memiliki senjata.Jangan heran jika amerika adalah negara tertinggi yang berurusan dengan kriminalitas bersenjata.  Dalam setahun ada lebih dari 14000 kasus pembunuhan di amerika, Ada lebih dari 90.000 kasus perkosaan atau percobaan perkosaan selama tahun 2008 saja, ini memecahkan rekor tertinggi dunia, mengalahkan india yang "hanya" 22.000 kasus. Luar biasa bukan? Negeri yang aman? I think not!

Hutang, riba dan kartu kredit
Menurut Blog mintLife, rata rata rumah tangga amerika punya hutang kartu kredit sebesar 7000 USD dolar (sekitar 70-80 jt) . Saya yakin rata rata hutang oran indonesia dibawah itu. Rata rata utang untuk cicilan rumah 153.000 USD (sekitar 1.7 Milyar) dan rata rata hutang mahasiswa (untuk kuliah rata rata calon mahasiswa menggunakan uang utang) senilai 32.000 atau sekitar (350 Juta) dan mahasiswa ini harus mencicil utangnya setelah kerja nanti. Jadi, masih bilang amerika makmur? amerika kaya? hidup enak disana?

Pekerjaan
Rata rata rumah tangga amerika mendapatkan penghasilan 50000 USD selama satu tahun atau sekitar 4.500 USD selama sebulan. Wah banyak dong? Ga juga karena ternyata masih ada sekitar 20% yang penghasilannya dibawah 2000 USD perbulan, padahal standar hidup diamerika itu rata rata 2.500 USD . Orang orang yang penghasilannya dibawah 2500 USD dianggap sudah miskin.

Walaupun dicitrakan sebagai negara maju, namun apa yang anda saksikan di TV itu hanya dinikmati oleh sebagian kecil dari orang orang borjuis di amerika. Kebanyakan warga amerika bekerja di sektor perdagangan (pelayan toko) termasuk rumah makan francise yang penghasilannya menggunakan upah minimum. Jadi jangan dikira semua orang amerika kaya. Mungkin anda lebih kaya dari mereka.

Kemiskinan 
Ada lebih dari 18 juta anak dibawah 18 tahun yang hidup dibawah garis kemiskinan. Catat ya 18.000.000. Tahukah anda, ada lebih dari 600.000 gelandangan di amerika. Di newyork sendiri, kota yang selalu muncul di Film holywood, ada lebih dari 40.000 gelandangan di kota ini. Mereka mengandalkan balas kasihan para pengguna jalan ,Mirip mirip pengemis di indonesia. Tapi setahu saya, di jakarta saja, jumlah pengemis tidak sampai sebanyak itu.

Sampai sini dulu, saya akan bahas point yang lain dan insyaAllah artikel ini akan saya perbaharui. Jika anda penasaran, silahkan klik link yang saya sertakan. Diakhirnya, mari kita bersyukur bisa hidup di Indonesia, bisa makan tiap hari, tidur nyeyak dan ANDA bisa akses internet dengan nyaman menunjukan hidup anda jauh jauh lebih makmur dibanding JUTAAN warga amerika yang masih hidup dibawah garis kemiskinan. Jadi BERSYUKURLAH kita bisa hidup di indonesia. Alhamdulillah!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komentar Tokoh Nasional Tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijaga

Berikut ini adalah pendapat para tokoh Nasional tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijga. Fahri Idris Saya akan buka advokasi bagi mahasiswi bercadar yang merasakan dirugikan apalagi jika sampai dipecat dengan kebijakan ini. Saya turun tangan langsung. https://t.co/L8Yx87Jumd via official site https://t.co/bARvTo7oJi silahkan share karena cadar dilindungi UUD '45. #Cadar — Fahira Idris DPD RI (@fahiraidris) 6 Maret 2018 Lukman Hakim Saifudin ( Menteri Agama) Cadar itu bisa merupakan wujud pengamalan keyakinan ajaran agama bagi penggunanya, meskipun banyak juga yg meyakini itu hanyalah budaya. UIN SUKA bukan ingin mengatur sisi khilafiyah hal itu, tapi ingin menata ketentuan akademik & administratif yg menyangkut penggunaan cadar. https://t.co/cJax2OTm4Q — Lukman H. Saifuddin (@lukmansaifuddin) 9 Maret 2018 Fahri Hamzah Sultan Hamengkubuwono  X "Perlu ada kebijakan untuk mempertimbangkan lagi,"    Sultan menilai, kebijakan yang ada

Data Statistik ASN Per Juni 2023

  Data ASN 2023 Berapa sih jumlah ASN seluruh Indonesia? Jika Anda penasaran dengan pertanyaan tersebut, Anda bisa melihat gambar di atas. Gambar diambil dari buku statistik ASN Semester I tahun 2023 yang diterbitkan BKN.  Secara singkat ,  Jumlah ASN sebanyak 4.282.429 Orang yang terdiri dari PNS sebanyak 3.795.302 (89%) dan PPPK sebanyak 487.127 (11%).  Walaupun Jumlah PPPK baru 11%, namun tren PPPK akan terus meningkat seiring lebih banyaknya lowongan PPPK dibanding PNS. Hal ini dikarenakan PNS pensiun tidak  selalu di ganti dengan PNS baru namun di ganti dengan PPPK.  Dilihat dari instansinya, Jumlah PNS pusat sebanyak 22% dan jumlah ASN daerah sebanyak 78%. ASN Pusat adalah ASN yang bekerja di Kementerian, Lembaga atau Badan Negara sedangkan PNS daerah adalah PNS yang bekerja di instansi Pemerintah Daerah Tingkat I ( Provinsi) dan Pemerintah Daerah Tingkat II (Kabupaten Kota).  Catatan Menarik dari latar pendidikan ASN adalah 71% bergelar sarjana. Hal ini wajar karena sejak 10 Tah

Daftar Partai Peserta Pemilu 2024

  No Nama  Ketua Sekjen Berdiri  Website 1 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar M. Hasanuddin Wahid 23 Juli 1998 https://pkb.id 2 Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto Ahmad Muzani 06 Februari 2008 http://gerindra.id 3 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Megawati Sukarnoputri Hasto Kristianto 15 Februari 1999 https://pdiperjuangan.id 4 Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto Lodewijk Freidrich Paulus 20 Oktober 1964 https://partaigolkar.com 5 Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh Jhonny G. Plate 26 Juli 20211 https://nasdem.id 6 Partai Buruh Said Iqbal Ferry Nurzarli 05 Oktober 2021 https://partaiburuh.or.id 7 Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) Anis Matta Mahfudz Siddiq 28 Oktober 2019 https://partaigelora.id 8 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu Aboe Bakar Al-Habsyi 20 April 2002 https://pks.id 9 Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) I Gede Pasek Suardika Sri Mulyono 07 Januari 2022 https://p