Langsung ke konten utama

Cara menjadi Kaya dengan Bisnis

Kebanyakan manusia, ingin hidupnya makmur, kaya raya dan hidup penuh kenikmatan. Sayangnya, banyak yang ingin kaya dengan cara instant, datang kedukun, Ikut undian, jadi Artis dadakan ataupun melakukan hal hal yang tidak masuk akal.

Untuk menjadi kaya cara tercepat adalah dengan mendirikan usaha alias berbisnis. tulisan ini terinspirasi dari update status di Google plus +Visnja Zeljeznjak  Tentang teknik Steve Job memasarkan produknya. 



Tahukah anda mengapa Apple begitu sukses dengan produknya? Disini akan saya ceritakan sedikit perbedaan mendasar antara Steve wozniak dan steve job. +Steve Wozniak Wozniak  seorang Geek murni, jago elektronik dan suka dengan dunia komputer.  Saat mau menjual produk Apple I di tahun 70-80-an, Wozniak menyarankan untuk menjual produknya dengan rumus hargadasar ditambah 20%. 

Steve job berpikir berbeda, dia berpikir bahwa produknya itu adalah barang baru, Unik, spesial dan prestise, maka Steve job menjual dengan rumus Harga dasar di kali 3 + 33%. Sepertinya rumus ini masih berlaku sampai sekarang. Harga dasar pembuatan iPhone hanya sekitar 200USD namun dijual dengan harga 600-700 USD bahkan ketika masuk indonesia bisa menembus 1000 USD. 

Kita juga harus sadar bahwa kita bukan steve job yang bisa membuat produk unik revolusioner. Namun point dari cerita diatas adalah sbb:
  1. Jangan menjual produk atau jasa terlalu rendah , kita harus memikirkan juga Penelitian, biaya iklan, pendidikan dan pengetahuan yang kita miliki serta biaya 'waktu' yang habis untuk membuat produk tersebut. 
  2. Sebagai seorang pengusaha, seharusnya biaya berpikir dan berinovasi juga masuk kedalam biaya akhir produk. Waktu berpikir anda juga termasuk faktor biaya yang tidak sedikit. 
  3. Walaupun ada aturan tidak tertulis bahwa keuntungan usaha adalah 20% dari harga dasar, namun kita harus memikirkan juga Apakah anda membangun bisnis atau anda sedang MEMBUAT PEKERJAAN SEUMUR HIDUP yang hidup dari keuntungan bulan perbulan? 
  4. Pikirkan juga bahwa keuntungan yang didapat sudah seharusnya dijadikan modal untuk ekpansi perusahaan atau untuk investasi di bidang lain. Jika keuntungan itu selalu habis tiap bulan dengan pola manajemen warteg, usaha kita tidak akan maju.

Terus bagaimana cara menjadi kaya? 
Perbedaan mendasar antara dua orang yang sama sama bekerja namun yang satu menjadi kaya dan yang satu tetap seperti itu itu saja ada pada "APA YANG DI BELI" . Orang yang kaya menjadikan uang keuntungan sebagai investasi baru (bisa properti, tanah, usaha lain) sementara orang yang kondisinya tidak berubah walaupun gaji besar atau pendapatan besar, itu karena KITA CENDERUNG membeli barang konsumtif. Kita belikan produk mewah seperti rumah mewah,mobil, gadget mahal yang tidak akan berkembang. Dalam bahasa ibu saya, Uangnya tidak beranak ( dalam arti positif, bukan bunga).

Maka jika kita ingin sukses dan kaya, belanjakan uang kita dalam bentuk INVESTASI. Ya saya tahu ini pasaran , trik pasaran yang para pebisnis juga sudah pada tahu. Namun saya sengaja menulis artikel ini untuk memotifasi diri saya sendiri dan masyarakan INDONESIA pada umumnya agar mau menginvestasikan atau minimal membelanjakan uangnya untuk kegiatan produktif, bukan konsumtif. Cara menjadi kaya ini juga terinspirasi dari video Ephipheo.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komentar Tokoh Nasional Tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijaga

Berikut ini adalah pendapat para tokoh Nasional tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijga. Fahri Idris Saya akan buka advokasi bagi mahasiswi bercadar yang merasakan dirugikan apalagi jika sampai dipecat dengan kebijakan ini. Saya turun tangan langsung. https://t.co/L8Yx87Jumd via official site https://t.co/bARvTo7oJi silahkan share karena cadar dilindungi UUD '45. #Cadar — Fahira Idris DPD RI (@fahiraidris) 6 Maret 2018 Lukman Hakim Saifudin ( Menteri Agama) Cadar itu bisa merupakan wujud pengamalan keyakinan ajaran agama bagi penggunanya, meskipun banyak juga yg meyakini itu hanyalah budaya. UIN SUKA bukan ingin mengatur sisi khilafiyah hal itu, tapi ingin menata ketentuan akademik & administratif yg menyangkut penggunaan cadar. https://t.co/cJax2OTm4Q — Lukman H. Saifuddin (@lukmansaifuddin) 9 Maret 2018 Fahri Hamzah Sultan Hamengkubuwono  X "Perlu ada kebijakan untuk mempertimbangkan lagi,"    Sultan menilai, kebijakan yang ada

Data Statistik ASN Per Juni 2023

  Data ASN 2023 Berapa sih jumlah ASN seluruh Indonesia? Jika Anda penasaran dengan pertanyaan tersebut, Anda bisa melihat gambar di atas. Gambar diambil dari buku statistik ASN Semester I tahun 2023 yang diterbitkan BKN.  Secara singkat ,  Jumlah ASN sebanyak 4.282.429 Orang yang terdiri dari PNS sebanyak 3.795.302 (89%) dan PPPK sebanyak 487.127 (11%).  Walaupun Jumlah PPPK baru 11%, namun tren PPPK akan terus meningkat seiring lebih banyaknya lowongan PPPK dibanding PNS. Hal ini dikarenakan PNS pensiun tidak  selalu di ganti dengan PNS baru namun di ganti dengan PPPK.  Dilihat dari instansinya, Jumlah PNS pusat sebanyak 22% dan jumlah ASN daerah sebanyak 78%. ASN Pusat adalah ASN yang bekerja di Kementerian, Lembaga atau Badan Negara sedangkan PNS daerah adalah PNS yang bekerja di instansi Pemerintah Daerah Tingkat I ( Provinsi) dan Pemerintah Daerah Tingkat II (Kabupaten Kota).  Catatan Menarik dari latar pendidikan ASN adalah 71% bergelar sarjana. Hal ini wajar karena sejak 10 Tah

Daftar Partai Peserta Pemilu 2024

  No Nama  Ketua Sekjen Berdiri  Website 1 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar M. Hasanuddin Wahid 23 Juli 1998 https://pkb.id 2 Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto Ahmad Muzani 06 Februari 2008 http://gerindra.id 3 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Megawati Sukarnoputri Hasto Kristianto 15 Februari 1999 https://pdiperjuangan.id 4 Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto Lodewijk Freidrich Paulus 20 Oktober 1964 https://partaigolkar.com 5 Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh Jhonny G. Plate 26 Juli 20211 https://nasdem.id 6 Partai Buruh Said Iqbal Ferry Nurzarli 05 Oktober 2021 https://partaiburuh.or.id 7 Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) Anis Matta Mahfudz Siddiq 28 Oktober 2019 https://partaigelora.id 8 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu Aboe Bakar Al-Habsyi 20 April 2002 https://pks.id 9 Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) I Gede Pasek Suardika Sri Mulyono 07 Januari 2022 https://p