Langsung ke konten utama

Pengertian dan contoh Pencucian Uang

Pencucian uang (Money Laundering) adalah suatu upaya perbuatan untuk menyembunyikan atau menyamarkan asal usul uang/dana atau Harta Kekayaan hasil tindak pidana melalui berbagai transaksi keuangan agar uang atau Harta Kekayaan tersebut tampak seolah-olah berasal dari kegiatan yang sah/legal.

Inti dari pencucian uang adalah "mencuci " uang kotor yang didapat dari kegiatan ilegal atau hasil kejahatan seperti mencuri, merampok, menipu, korupsi, bisnis ilegal agar  setelah di "cuci" uang tampak bersih dan (seakan akan) diapat dengan cara yang legal dan halal. 

Contoh pencucian uang ini sangat banyak, namun saya akan memberi   contoh yang paling umum adalah 4 hal berikut:

Contoh pencucian Uang 
Walter White adalah seorang guru SMA yang berpenghasilan cuma 4 juta perbulan. Selain sebagai guru SMA, dia juga seorang pembuat sekaligus bandar narkoba. Agar hasil transaksi narkoba ini tidak dicurigai, maka ia membuka usaha Cuci Mobil. Setiap hasil transaksi narkoba, dia campurkan uangnya ke dalam transaksi pembayaran cuci mobil jadi seolah olah semua uang yang didapat adalah dari hasil cuci mobil. 

Lebih detail, caranya adalah sebagai berikut, walter setiap bulan bisa mendapatkan uang dari penjualan narkoba sebesar 9 juta, maka  uang tersebut dicuci perhari sebesar 300 rb rupiah. Caranya, anggaplah usaha cuci mobil pehari ada 100 mobil yang dicuci, dengan biaya cuci mobil 10ribu, maka seharusnya cuci mobil perhari mendapat 1 juta, nah agar uang narkoba bisa terlihat seakan akan dari bisnis cuci mobil,maka di buku pendapatan ditulis bahwa hasil cuci mobil perhari mendapat 1.3 juta, nah, jika ditelusuri maka lebih jauh, maka akan tercatat bahwa dalam sehari ada 130 pelanggan. :).  30 pelanggan yang ditambahkan adalah fiktif. Tidak terlalu keliatan bukan?


Contoh pencucian uang yang kedua

Seorang koruptor (A) mengkorupsi uang 100juta, agar uang hasil korupsinya tidak terlacak, maka ia menyerahkan uang 100jt tersebut ke temannya yang pengusaha(B). Oleh temannya, uang 100 juta ini di simpan dibank. Tentunya pihak Bank tidak curiga karena yang menabung adalah pengusaha, pengusaha tersebut bilang bahwa itu adalah uang bisnis usahanya. 

Si A, lalu meminjam uang ke bank 100juta untuk alasan usaha bengkel mobil (misal saja ini). Nah sebenarnya si A itu mengambil uangnya sendiri yang dibank. Si A benar membuka benkel, Untuk melunasi cicilan Bank, si B menarik kembali uang 100 juta yang ada di bank dan menyerahkannya ke si A. oleh si A, uang 100 juta dari temannya ini dibayarkan kembali ke bank.  Tricky and licik kan?

Nah si B biasanya mendapat komisi dari A, dan si A sekarang uang 100 jutanya telah dicuci dengan bersih dan menjadi sebuah bengkel, tidak penting bengkelnya sukses atau tidak, yang jelas ketika orang bertanya darimana dia mendapat uang untuk mendirikan bengkel? dia aka bilang:" Pinjam Bank". Nah jika koruptor brengsek ini korupsi lagi, dia tidak perlu minta tolong temannya, dia cukup mencucinya di Benkel mobilnya. 

Contoh pencucian ketiga 
Contoh ketiga ini dipakai oleh ahli ekonomi dan pintar IT, caranya uang hasil korupsi atau bisnis ilegalnya di belikan mata uang digital seperti BitCoin atau di transfer kerekening paypalnya. Pihak PayPal atau Bitcoin tidak akan mempermasalahkan darimana sumber dananya. 

Jika orang mulai curiga dengan hartanya, maka ia bilang bahwa ia berinvestasi di uang digital seperti bitcoin, atau pura pura membuka toko online dengan barang digital seperti software atau ebook. Terllihat bersih kan?

Contoh pencucian ke empat
Cara keempat ini sering dipakai oleh para pejabat korup di indonesia. Caranya , uang yang di korupsi, di belikan tanah atau properti, cara lain, di masukan ke rekening anak atau istrinya atau pembantunya atau Orang lain yang dibayar untuk "titip duit" di rekening orang bayarant tersebut.

Cara ini dilakukan agar saat pelaporan harta pejabat, terlihat uang dan kekayaannya realistis sesuai dengan jabatan yang dipegannya saat ini.

Empat contoh diatas biasanya adalah yang paling umum, biasanya koruptor dan penjahat akan mengkombinasikan berbagai cara sehingga uangnya didapatkannya tampak "bersih" bukan lagi "uang kotor". Bagi ahli ekonomi atau hukum, mohon klo penjelasan diatas salah, harap di koreksi. Yan terakhir, semoga para pembaca bisa mendapatkan manfaat dari tulisan ini dan JANGAN MAU TERLIBAT DALAM BISNIS CUCI UANG".

Komentar

  1. Contoh-contohnya membantu sekali untuk lebih memahami praktek pencucian uang. Terima kasih atas tulisannya, sangat menarik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Membantu memahami Bukan menginspirasi kaaann???
      Hehehe piisss

      Hapus
    2. Membantu memahami Bukan menginspirasi kaaann???
      Hehehe piisss

      Hapus
  2. Saya masih gak paham dengan contoh nomer 2, mengapa harus dititipkan ke B di bank. Kenapa tidak disempan sendiri saja dan dipakai untuk melunasi cicilan bank. Toh kalau dititipkan di B, juga harus dikembalikan lagi ke A untuk melunasi cicilan bank.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau disimpan sendiri buat apa kita pinjam dana sebesar tersebut kalau kita sudah punya tabungan? Logikanya bank akan mempertanyakan kepada nasabah asal usul uang dengan jumlah tak wajar. Seperti halnya anda menariknya kembali. :)

      Hapus
    2. Biar gk ketahuan kalau si A punya uang banyak yg gk jelas asal usulnya.jd ya dititipkan si B seolah olah yg pny uang bnyak si B

      Hapus
    3. lah namanya mau keliatan uangnya bersih toh jadi ya gak pake realita sebenernya dia punya 100 jt,yg dimaksud dr pertanyaan diatas itu "ngapain A susah2 nitipin ke B buat ditabung di bank,ujung2nya dia harus ksh komisi ke B atas jasanya dititipin uang" harusnya si A simpen tuh uang katakanlah di bawah ranjang 100jt jebret diemin disitu ,lalu si A tetep pura2 ke bank seolah2 dia emang ga punya uang dan harus pinjam lewat bank sebesar 100 jt untuk buka bengkel.,nah pinjaman tersebut pasti ada jatuh temponya kan bisa berupa cicilan 2thn,3thn dll sesusai perjanjian, nah selama periode cicilan tsbt si A tiap bulan bisa mencicil lewat uang di bawah ranjang td di ambil sedikit demi sedikit sampai lunas,seolah2 dia bisa nyicil gara2 usaha bengkel nya berjalan/dapat untung, begitu loh maksud dr pertanyaan di atas,jadi si A ga usah repot2 nitip di B apalagi masih ngasih komisi! makanya klo komen itu nalar dipake jgn buah bueh buoohh bla bla bla ga ngerti pertanyaan tp main komen aja!!

      Hapus
    4. masalahnya klo ada tangkap tangan kpk atau pihak kejaksaan menggeledah rumah barang bukti korupsi 100 juta ..kena dong... kenapa tadi contohnya uangnya diserahkan ke Si B. si B kan pengusaha..bank ga akan curiga... coba uang itu disimpan dibawah kasur.. ada penggeledahan KPK atau kejaksaan...mati deh ...

      Hapus
    5. Nyimpen cash jumlah besar di rumah? Yang ngomong ini emang gak bakat jadi penjahat.. Wkwk.

      Hapus
    6. Nyimpen uang cash jumlah banyak drumah ??, ntar ada penggeledahan KPK atau ada rampok tiba" ngatronin, ya mati kita haha.. Jangan buah bueh buah bueh sok ikut"an komen kalo ga ngerti, pagi" inget sarapan nasi jangan sarapan batu krikil

      Hapus
  3. Bagus banget nih artikeL nya ..
    Tadinya saya bingung dan kurang faham dengan arti pencucian uang .. Tapi karna ada contohnya sekarang saya jadi faham banget ..
    Thanks yah !!

    BalasHapus
  4. Terimakasih, ada contoh jadi lebih mudah dipahami

    BalasHapus
  5. Terimakasih, ada contoh jadi lebih mudah dipahami

    BalasHapus
  6. Terima kasih artikelnya, setelah saya baca artikel ini saya jadi paham uang korupsi saya mau diapakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuh kan bener Dugaanku... wkwkwkk

      Hapus
    2. Tuh kan bener Dugaanku... wkwkwkk

      Hapus
    3. kowkowkowk kok sya saya jadi ngakak ya wkwk

      Hapus
  7. ngerti sekarang tentang money laundering

    BalasHapus
  8. Sekarang lebuh ngerti apa itu pencucian uang

    BalasHapus
  9. Lumayan faham , tadi sama misua adu argumen apa itu arti money laundry

    BalasHapus
  10. Trik yang licik...
    Baru tau gua

    BalasHapus
  11. Kurang faham ttg bitcoin at rek paypal

    BalasHapus
  12. Contoh dan penjelasan yg membantu sekali!

    BalasHapus
  13. Sangat membantu. Tadinya sy pikir cuci uang itu pake mesin cuci.. repot juga njemurnya yah.. 😁😁😁

    BalasHapus
  14. Sangat membantu. Tadinya sy pikir cuci uang itu pake mesin cuci.. repot juga njemurnya yah.. 😁😁😁

    BalasHapus
  15. thanks infonnya jadi gitu caranya hmmm bisa di praktekan ini, ghuahahahuehuehue *evillaugh ...

    BalasHapus
  16. itu contoh pertama terdengar seperti tv series Breaking Bad wkwk

    btw nice article gan

    BalasHapus
  17. saya kerja di sebuah perusahaan, perusahaan saya itu dapet pinjaman dana dari luar negeri untuk modal. luar negeri itu kalau saya lihat di negara2 tax heaven (singapur, british virgin island, dll. Apakah ini ada indikasi praktek cuci uang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu saya itu bukan pencucian uang, tapi ada indikasi penggelapan pajak atau manipulasi object pajak.

      Hapus
  18. Artikel di atas sangat membantu sekali teman thks udah update

    BalasHapus
  19. Langsung faham ane pas nemu istilah money laundering

    BalasHapus
  20. sekarang saya bisa korupsi dengan tenang :v

    BalasHapus
  21. wkwkw ... boleh .. di kreasi heheheh

    BalasHapus
  22. Lebih tenang n nyaman hidup bersih.
    Bersih luar dalem.
    Kalo kotor jadi penyakit apalagi penyakit menular ke keluarga jg

    BalasHapus
  23. Artikel ini bagai 2 sisi mata uang disatu sisi bisa memberikan info kepada orang yg tidak paham dan disisi lain nya dapat menginspirasi tuk melakukan :D

    BalasHapus
  24. Min mungkin di postingannya bisa di kasih curahan rohani moral kali yak, bisa di bagian akhirnya supaya dijadikan hanya sekedar informasi saja bukan jd motivasi utk melakukan hahaa

    BalasHapus
  25. Kesimpulannya berarti kita jangan terima uang sembarangan bahkan dr keluarga sekalipun, begitu bukan? Mohon koreksi

    BalasHapus
  26. Tadinya saya dengan suami gak paham arti pencucian uang ini, suami bilang cuci uang ini, di ganti dengan uang palsu,tapi skrng kami jadi ngerti de, terima kasih yah gan penjelasan nya.

    BalasHapus
  27. Tempat pencucian uang juga bisa berupa yayasàn.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komentar Tokoh Nasional Tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijaga

Berikut ini adalah pendapat para tokoh Nasional tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijga. Fahri Idris Saya akan buka advokasi bagi mahasiswi bercadar yang merasakan dirugikan apalagi jika sampai dipecat dengan kebijakan ini. Saya turun tangan langsung. https://t.co/L8Yx87Jumd via official site https://t.co/bARvTo7oJi silahkan share karena cadar dilindungi UUD '45. #Cadar — Fahira Idris DPD RI (@fahiraidris) 6 Maret 2018 Lukman Hakim Saifudin ( Menteri Agama) Cadar itu bisa merupakan wujud pengamalan keyakinan ajaran agama bagi penggunanya, meskipun banyak juga yg meyakini itu hanyalah budaya. UIN SUKA bukan ingin mengatur sisi khilafiyah hal itu, tapi ingin menata ketentuan akademik & administratif yg menyangkut penggunaan cadar. https://t.co/cJax2OTm4Q — Lukman H. Saifuddin (@lukmansaifuddin) 9 Maret 2018 Fahri Hamzah Sultan Hamengkubuwono  X "Perlu ada kebijakan untuk mempertimbangkan lagi,"    Sultan menilai, kebijakan yang ada

Data Statistik ASN Per Juni 2023

  Data ASN 2023 Berapa sih jumlah ASN seluruh Indonesia? Jika Anda penasaran dengan pertanyaan tersebut, Anda bisa melihat gambar di atas. Gambar diambil dari buku statistik ASN Semester I tahun 2023 yang diterbitkan BKN.  Secara singkat ,  Jumlah ASN sebanyak 4.282.429 Orang yang terdiri dari PNS sebanyak 3.795.302 (89%) dan PPPK sebanyak 487.127 (11%).  Walaupun Jumlah PPPK baru 11%, namun tren PPPK akan terus meningkat seiring lebih banyaknya lowongan PPPK dibanding PNS. Hal ini dikarenakan PNS pensiun tidak  selalu di ganti dengan PNS baru namun di ganti dengan PPPK.  Dilihat dari instansinya, Jumlah PNS pusat sebanyak 22% dan jumlah ASN daerah sebanyak 78%. ASN Pusat adalah ASN yang bekerja di Kementerian, Lembaga atau Badan Negara sedangkan PNS daerah adalah PNS yang bekerja di instansi Pemerintah Daerah Tingkat I ( Provinsi) dan Pemerintah Daerah Tingkat II (Kabupaten Kota).  Catatan Menarik dari latar pendidikan ASN adalah 71% bergelar sarjana. Hal ini wajar karena sejak 10 Tah

Daftar Partai Peserta Pemilu 2024

  No Nama  Ketua Sekjen Berdiri  Website 1 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar M. Hasanuddin Wahid 23 Juli 1998 https://pkb.id 2 Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto Ahmad Muzani 06 Februari 2008 http://gerindra.id 3 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Megawati Sukarnoputri Hasto Kristianto 15 Februari 1999 https://pdiperjuangan.id 4 Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto Lodewijk Freidrich Paulus 20 Oktober 1964 https://partaigolkar.com 5 Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh Jhonny G. Plate 26 Juli 20211 https://nasdem.id 6 Partai Buruh Said Iqbal Ferry Nurzarli 05 Oktober 2021 https://partaiburuh.or.id 7 Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) Anis Matta Mahfudz Siddiq 28 Oktober 2019 https://partaigelora.id 8 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu Aboe Bakar Al-Habsyi 20 April 2002 https://pks.id 9 Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) I Gede Pasek Suardika Sri Mulyono 07 Januari 2022 https://p