Langsung ke konten utama

Review Robocop (2014)

Robocop adalah salah satu film paling saya suka semasa kecil. Tahun ini, Robocop kembali hadir dengan versi remake/reboot. Bercerita tentang seorang polisi jujur yang mengalami kerusakan fisik parah saat mobilnya meledak karena dipasang bom.

Film ini berlatar tahun 2028. Di masa itu, amerika mengendalikan dunia sebagai 'polisi dunia' yang mengirimkan robot robot perang sehingga jumlah tentara yang mati dimedan perang bisa diminimalisir. Namun, dengan alasan bahwa robot tidak punya perasaan, senat dan rakyat amerika menolak jika robot yang sama digunakan di Amerika.

Alex Murphy yang mengalami kerusakan fisik parah akhirnya menjadi jalan tengah bagi perusahaan robot OCP untuk memuluskan proyeknya untuk mendapatkan milyaran dollar dngan meraup kontrak dengan pemerintah. Caranya? dengan menggantikan polisi dengan robot atau kombinasi manusia dan robot. istri alex memberikan ijin kepada OCP untuk menyelamatkan nyawa suaminya apapun yang terjadi.

Robocop di film ini terlihat lebih modern dari sisi teknologi dan baju besinya. Dengan kombinasi warna hitam dan helm yang bisa buka tutup otomatis membuat 'pakaian' robocop terlihat sangat realistis. Adegan aksinya juga saya yakin anda akan suka.

Dari sisi kasting, ada Samuel L Jackson (Furry di Avenger) dan Gary oldman (jim gordon di The dark knight ikut ambil bagian di film ini. Akting keduanya memang sangat memposana dan sangat menjiwai,namun pakaian yan dikenakan keduanya di film ini terlihat tidak pas, Gary oldman disini berperan sebagai ahli neurosience dan Samuel L Jackson jadi penyiar acara TV. Keduanya berperan dominan di fil ini, namun sekali lagi, kurang sreg dari sisi baju yang dipakai. Coba lihat trailernya bagaimana Samuel L jackson sbagai penyiar?

Satu hal yang menarik adalah robot ED-209. Robot ini merupakan musuh utama di robocop original. Dari sisi teknologi dan tampilan Robot E-209 ini jauh lebih realistis ketimbang di versi originalnya. Spilier dikit, anda akan menyaksikan bagaimana robocop mengatasi robot ganas ini.
Penampakan Ed-209 di versi original (kiri) dan ed-209 di versi robocop 2014
Plot hole/spoiler /kekurangan 
Jangan membaca bagian ini jika anda belum menonton filmnya, penjelasan dibawah ini penuh dengan  *SPOILER* Walaupun film ini terkesan realistis dan jauh lebih bagus dari film originalnya, namun ada beberapa adegan yang kurang realistis

1. Adegan reaksi istri murphy saat tahu si murphy terkapar, hangus dengan luka bakar. Coba bayangkan jika anda punya istri dan anda terkapar atau tertembak atau terkena ledakan dahsyat? Naturalnya manusia akan teriak histeris dan mengais gitu ya? namun di sini, istri murphy hanya lari keluar, melihat suaminya terkapar dengan luka bakar sampai tangan dan kakinya hancur, terus dia masuk kerumah lagi, tanpa expresi, teriakan atau menangis (mungkin dia kembali masuk rumah untuk telpon rumah sakit atau polisi), tapi C'mon, ok lah si istri seorang yang tegar, namun skali C'mon, masa ada orang kena ledakan bom, Suami sendiri, si istri tidak terkejut dan tidak menangis histeris?  Saya tidak menyalahkan artisnya, justru saya heran dngan sutradaranya.

2. Adegan Pelepasan komponen robot dari tubuh murphy. Di versi originalnya Robocop masih punya sistem pencernaan, nah disini, sisa tubuh murpy hanya tangan kanan, paru paru, jantung, tenggorokan dan kepala . Bagaimaimana dia mendapat nutrisi (Nutrisi langsung dimasukan kedalam darah saat cuci darah, tidak ada bubur seperti versi originalnya. Permasalahannya bukan hanya itu, namun sesaat setelah ledakan dan tubuh murphy dibawa kerumah sakit, Tampak bahwa tubuh murphy masih normal, hanya tangan, kaki dan tulang belakang yang sudah patah, namun saat jadi robocop, semua organ itu hilang, termasuk pencernaan, ginjal dan organ lainnya. Lah dibuah kemana coba?

3. Adegan diatas gedung, musuh utama mau menembak robocop /murphy namun  murphy menembak duluan ke musuh ini, namun penjaga si dedengkot musuh ini yang notabenenya tentara, tidak melakukan apapun, diam dan melangkah pergi , Cmon, sangat tidak realistis, kenapa si tentara ini tidak menembak murphy atau istrinya atau berusaha menyelamatkan 'BOS'nya. *Konyol*.

Terlepas dari 3 kekurangan diatas , film ini sangat menghibur untuk ditonton disaat film lain menyajikan drama cinta *bulshit* dibulan febuari ini. Jika di lihat dari endingnya, sepertinya akan ada sekuel dari film ini, tentu saja jika respon penonton bagus.

Secara pribadi, dari sisi action saya beri nilai 8/10, sedangkan dari sisi cerita cuman dapat 6/10 mengingat banyak adegan dan expresi kurang greget dari pemainnya.

Ada yang mnarik dari film ini, masih ingat kalimat "english mother fucker, do you speak it" dari "pulp ficiton", ya ada adegan yang mirip di bagian akhir film ini yang sepertinya sengaja disiapkan untuk Samuel L Jackson.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komentar Tokoh Nasional Tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijaga

Berikut ini adalah pendapat para tokoh Nasional tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijga. Fahri Idris Saya akan buka advokasi bagi mahasiswi bercadar yang merasakan dirugikan apalagi jika sampai dipecat dengan kebijakan ini. Saya turun tangan langsung. https://t.co/L8Yx87Jumd via official site https://t.co/bARvTo7oJi silahkan share karena cadar dilindungi UUD '45. #Cadar — Fahira Idris DPD RI (@fahiraidris) 6 Maret 2018 Lukman Hakim Saifudin ( Menteri Agama) Cadar itu bisa merupakan wujud pengamalan keyakinan ajaran agama bagi penggunanya, meskipun banyak juga yg meyakini itu hanyalah budaya. UIN SUKA bukan ingin mengatur sisi khilafiyah hal itu, tapi ingin menata ketentuan akademik & administratif yg menyangkut penggunaan cadar. https://t.co/cJax2OTm4Q — Lukman H. Saifuddin (@lukmansaifuddin) 9 Maret 2018 Fahri Hamzah Sultan Hamengkubuwono  X "Perlu ada kebijakan untuk mempertimbangkan lagi,"    Sultan menilai, kebijakan yang ada

Data Statistik ASN Per Juni 2023

  Data ASN 2023 Berapa sih jumlah ASN seluruh Indonesia? Jika Anda penasaran dengan pertanyaan tersebut, Anda bisa melihat gambar di atas. Gambar diambil dari buku statistik ASN Semester I tahun 2023 yang diterbitkan BKN.  Secara singkat ,  Jumlah ASN sebanyak 4.282.429 Orang yang terdiri dari PNS sebanyak 3.795.302 (89%) dan PPPK sebanyak 487.127 (11%).  Walaupun Jumlah PPPK baru 11%, namun tren PPPK akan terus meningkat seiring lebih banyaknya lowongan PPPK dibanding PNS. Hal ini dikarenakan PNS pensiun tidak  selalu di ganti dengan PNS baru namun di ganti dengan PPPK.  Dilihat dari instansinya, Jumlah PNS pusat sebanyak 22% dan jumlah ASN daerah sebanyak 78%. ASN Pusat adalah ASN yang bekerja di Kementerian, Lembaga atau Badan Negara sedangkan PNS daerah adalah PNS yang bekerja di instansi Pemerintah Daerah Tingkat I ( Provinsi) dan Pemerintah Daerah Tingkat II (Kabupaten Kota).  Catatan Menarik dari latar pendidikan ASN adalah 71% bergelar sarjana. Hal ini wajar karena sejak 10 Tah

Daftar Partai Peserta Pemilu 2024

  No Nama  Ketua Sekjen Berdiri  Website 1 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar M. Hasanuddin Wahid 23 Juli 1998 https://pkb.id 2 Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto Ahmad Muzani 06 Februari 2008 http://gerindra.id 3 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Megawati Sukarnoputri Hasto Kristianto 15 Februari 1999 https://pdiperjuangan.id 4 Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto Lodewijk Freidrich Paulus 20 Oktober 1964 https://partaigolkar.com 5 Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh Jhonny G. Plate 26 Juli 20211 https://nasdem.id 6 Partai Buruh Said Iqbal Ferry Nurzarli 05 Oktober 2021 https://partaiburuh.or.id 7 Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) Anis Matta Mahfudz Siddiq 28 Oktober 2019 https://partaigelora.id 8 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu Aboe Bakar Al-Habsyi 20 April 2002 https://pks.id 9 Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) I Gede Pasek Suardika Sri Mulyono 07 Januari 2022 https://p