Langsung ke konten utama

Elysium

Elysium poster

Elysium adalah film yang berlatar tahun 2154M. Saat itu digambarkan bumi sudah mengalami kerusakan yang cukup parah dan populasi yang sangat padat sehingga kemiskinan, kejahatan dan lingkungan kumuh tidak terhindarkan. 

Para orang kaya di masa itu sudah tidak tinggal lagi di bumi, namun tinggal di Elysium. Semacam wahana antariksa raksasa yang dihuni oleh orang orang kaya. Untuk mempertahankan Elysium dan status borjuis maka siapapun yang berusaha pindah kesana tanpa ijin, maka pesawatnya akan ditembak dan akan dihancurkan. 


Setting 
Elysium mengambil topik tentang berbedaan kelas antara sikaya dan simiskin, layanan kesehatan yang mahal dan Imigrasi. Si sutradara sendiri ketika di wawancarai bilang bahwa walaupun film itu berlatar pada abad 22, kondisi itu sudah terjadi sekarang, terutama di amerika.


Thema Cerita
1. Imigrasi 
Banyak warga amerika latin yang ingin menyebrang ke US untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik justru berakhir tragis. Di deportasi, di tembak atau di jadikan budak. Seandainya bisa masukpun akan menjadi warga kelas tiga seperti menjadi pegawai rendahan dan pembantu rumah tangga.

2. Kesehatan
Sekarang ini, dimanapun, fasilitas kesehatan sangat mahal terutama untuk penyakit kronis dan berat seperti kanker, sakit jantung, gagal ginjal dan sebagainya. Efeknya? hanya orang kaya yang bisa menikmati fasilitas tersebut. Elysium juga menggambarkan kondisi tersebut. Para penghuniya bisa hidup sehat dan bisa menghambat penuaan, sementara penduduk bumi hidup miskin,sakit sakitan dan layananan kesehatan sangat terbatas. 

3. Kelas sosial
Ini yang paling nampak. bagaimana sikap angkuh dan somboh para penguasa dan orang orang kaya di film ini digambarkan. Misalkan tidak mau dekat dekat dengan pekerja, pekerja disuruh menutup mulutnya dengan tangan kalau mau berbicara dengan atasan karena mulutnya bau dan sebagainya. Faktor keselamatan kerja yang terbatas dan buruknya tunjangan kesehatan untuk para pekerja.

Tiga hal diatas digambarkan secara sangat baik di elysium. Untuk efeknya tidak perlu saya bahas, dah pasti jos,namun efek saja tidaklahc cukup untuk membuat sebuah film berkualitas, ada faktor yang paling penting yaitu jalannya cerita. 

Jalannya cerita 
Max adalah seorang pekerja di pabrik robot. Sebelum bekerja disana, dia terkenal sebagai pencuri dengan spesialisasi pencurian mobil. Dia sudah bertobat dan tidak mau mengulangi pencurian lagi dan ingin mejadi orang baik baik. 

Sayangnya, pada saat dia bekerja, dia mengalami kecelakaan, dia terkena paparan radiasi yang merusak organ dalam tubuhnya. Dia hanya bisa betahan selama 5 hari. Sebenarnya Cara mengobati agar efek radiasi itu hilang sudah tersedia di Elysium yang diperuntukan untuk orang orang kaya. 

Nah, si Max berusaha bagaimana caranya dia menuju elysium dengan bantuan gembong penjahat di kota itu. Caranya? dengan mengambil data dari bosnya di pabrik sehingga dia terdata sebagai warga elysium, Setelah dia berhasil mengambil data dari mantan bosnya, ternyata dia justru menghadapi konflik yang lebih besar, diburu oleh agen Elysium dan berusaha dibunuh. Ternyata data yang dia curi dari mantan bosnya merupakan data yang sangat penting bagi keberlangsungan elysium itu sendiri. Kira kira bagaimana kelanjutannya? Dibintangi oleh Matt Dammon, Jodie foster dan disutradarai oleh sutradara yang sama yang meracik District 9 , maka anda akan menemukan film yang perfect untuk menggambarkan kesenjangan sosial di masa sekarang dengan balutan masa depan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komentar Tokoh Nasional Tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijaga

Berikut ini adalah pendapat para tokoh Nasional tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijga. Fahri Idris Saya akan buka advokasi bagi mahasiswi bercadar yang merasakan dirugikan apalagi jika sampai dipecat dengan kebijakan ini. Saya turun tangan langsung. https://t.co/L8Yx87Jumd via official site https://t.co/bARvTo7oJi silahkan share karena cadar dilindungi UUD '45. #Cadar — Fahira Idris DPD RI (@fahiraidris) 6 Maret 2018 Lukman Hakim Saifudin ( Menteri Agama) Cadar itu bisa merupakan wujud pengamalan keyakinan ajaran agama bagi penggunanya, meskipun banyak juga yg meyakini itu hanyalah budaya. UIN SUKA bukan ingin mengatur sisi khilafiyah hal itu, tapi ingin menata ketentuan akademik & administratif yg menyangkut penggunaan cadar. https://t.co/cJax2OTm4Q — Lukman H. Saifuddin (@lukmansaifuddin) 9 Maret 2018 Fahri Hamzah Sultan Hamengkubuwono  X "Perlu ada kebijakan untuk mempertimbangkan lagi,"    Sultan menilai, kebijakan yang ada

Data Statistik ASN Per Juni 2023

  Data ASN 2023 Berapa sih jumlah ASN seluruh Indonesia? Jika Anda penasaran dengan pertanyaan tersebut, Anda bisa melihat gambar di atas. Gambar diambil dari buku statistik ASN Semester I tahun 2023 yang diterbitkan BKN.  Secara singkat ,  Jumlah ASN sebanyak 4.282.429 Orang yang terdiri dari PNS sebanyak 3.795.302 (89%) dan PPPK sebanyak 487.127 (11%).  Walaupun Jumlah PPPK baru 11%, namun tren PPPK akan terus meningkat seiring lebih banyaknya lowongan PPPK dibanding PNS. Hal ini dikarenakan PNS pensiun tidak  selalu di ganti dengan PNS baru namun di ganti dengan PPPK.  Dilihat dari instansinya, Jumlah PNS pusat sebanyak 22% dan jumlah ASN daerah sebanyak 78%. ASN Pusat adalah ASN yang bekerja di Kementerian, Lembaga atau Badan Negara sedangkan PNS daerah adalah PNS yang bekerja di instansi Pemerintah Daerah Tingkat I ( Provinsi) dan Pemerintah Daerah Tingkat II (Kabupaten Kota).  Catatan Menarik dari latar pendidikan ASN adalah 71% bergelar sarjana. Hal ini wajar karena sejak 10 Tah

Daftar Partai Peserta Pemilu 2024

  No Nama  Ketua Sekjen Berdiri  Website 1 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar M. Hasanuddin Wahid 23 Juli 1998 https://pkb.id 2 Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto Ahmad Muzani 06 Februari 2008 http://gerindra.id 3 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Megawati Sukarnoputri Hasto Kristianto 15 Februari 1999 https://pdiperjuangan.id 4 Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto Lodewijk Freidrich Paulus 20 Oktober 1964 https://partaigolkar.com 5 Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh Jhonny G. Plate 26 Juli 20211 https://nasdem.id 6 Partai Buruh Said Iqbal Ferry Nurzarli 05 Oktober 2021 https://partaiburuh.or.id 7 Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) Anis Matta Mahfudz Siddiq 28 Oktober 2019 https://partaigelora.id 8 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu Aboe Bakar Al-Habsyi 20 April 2002 https://pks.id 9 Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) I Gede Pasek Suardika Sri Mulyono 07 Januari 2022 https://p