Langsung ke konten utama

Review Man of Steel 2013

Man of steel adalah film reboot superman yang disutradari oleh Zack Zynder dan dibintangi oleh Henry Cavil. Film ini menceritakan awal dari superman dan bagaimana seorang clark kent menjalani masa anak anak sampai remaja dengan berbagai kemampuan aneh yang dimiliknya. 

Untuk menonton film ini, anda tidak perlu harus melihat film superman terdahulu. Musuh utama di Man of steel adalah Jendral Zod, Seorang jendral di planet Cyrpton yang memburu Superman. Jendral zod marah dan ingin belas dendam karena telah diasingkan dan dihukum oleh Dewan Penguasa di Planet Cryptone, termasuk oleh Bapak dari Superman yaitu Jor-Ell. 

Setelah melihat film ini, secara keseluruhan, alurnya adalah kombinasi antara Batman Begin dan Transformer dark of the moon. 


Realisme dalam man of steel 
Man of steel membuat francise superman terlihat modern dan realistis. Cek satu satu 

1. Simbol S.
Simbol S bukan berarti super atau kependekan dari superman. Simbol S ini merupakan simbol 'Harapan' dalam bahasa cryptone yang kebetulan mirip dengan huruf S di bumi. 

2. Baju modern
Baju superman dengan corak celana dalam merahnya hilang di film ini. Jujur saja, celana dalam diluar itu merupakan hal paling norak dan paling konyol sepanjang sejarah superhero. Untunglah, Sang sutradara menghilangkan celana konyol ini. Sebgai gantinya, Baju superman terlihat modern dan lebih macho. Baju Superman sebenarnya adalah 'baju biasa' dikalangan militer kripton ,Jendral Zod juga memakai baju yang sama. 

3. Batu crypthon 
Dalam film live action sebelumnya, diceritakan kalau superman akan lemah saat didekatnya ada batu crypton. Ini juga salah satu unsur paling konyol dalam superman. TIdak ada batu crypton di film ini. Yang ada, Superman akan lemah jika superman berada di atmosfere  cryptone. Ini terjadi saat superman dibawa ke kapal angkasa milik Jendral Zod. Disana, superman pingsan dan muntah darah karena atmosfer dan udaranya tidak cocok dengan tubuhnya yang selama bertahun tahun dibumi. Ini juga berlaku sebaliknya, Jendral Zod tidak akan lemah di bumi jika tidak memakai helm 'astronot' saat dirinya dibumi.

4. Superman tidak bisa terbang 
Berbeda dengan superman sebelumnya. Kemampuan terbang yang dimiliki superman itu tidak datang secara otomatis, tapi dilatih sedikit demi sedikit. Loh kok bisa? Yup, DNA dan tubuh warga planet cryptone terbiasa berada di lingkungan gravitasi yang sangat kuat, mungkin puluhan kali lebih kuat dari bumi. Itulah mengapa para tentara Zod bisa bergerak sangat cepat dan meloncat sangat tinggi ke udara. Itu karena planet bumi punya gravitasi yang rendah. Nah dari sinilah superman berusaha mengendalikan kemampuan terbangnya. Jika kita perhatikan bagian ini, mirip banget sama film Dragon Ball Z saat Goku latihan di planet yang graviasinya puluhan kali lebih kuat dari bumi. 

5. Daily Planet
Daily planet adalah agency berita/media, namun tidak deceritakan apakah ini adalah perusahan media cetak. Hal ini menyesuaikan kondisi sekarang dimana koran koran pada mati satu persatu. Daily planet sudah bereveolusi menjadi media modern.

6. BIG SPOILER (Lois tahu identitas Superman sejak awal cerita )

Di film live action superman, lois tidak pernah tahu identitas dari superman.  Padahal tiap hari dia ketemu dengan clark kent. Coba dipikir, bedanya clark kent yang pakai kacamata dan superman tanpa kacamata itu beda tipis. Orang bodoh mana yang sampai tidak tahu kalau clark kent adalah superman. 

Dalam film ini, identitas manusia super clark kent sudah dikeahui teman teman sekolahnya sejak dibangku sekolah. Lois lane Tahu identitas asli superman diawal cerita, saat itu clark belum jadi wartawan. Lois sengaja tidak mempublikasikan identitas superman. 

7. Dimana Lex Luthor ?
Tidak ada lex luthor di film ini, yang ada hanya beberapa logo lex corp muncul di Truk dan beberapa tempat. Ini mungkin sebagai petunjuk bahwa musuh selanjutnya adalah lex luthor.

8. SPOILER  Kapan Klark jadi wartawan? 
Clark jadi wartawan justru terjadi saat cerita sudah selesai, Jendral Zod tewas dan Clark kent akhirnya melamar kerja di Daily planet. Saat clark masuk kantor pertama kali Lois lane langsung tahu kalau dia itulah superman. !

Kesimpulan 
Jalan cerita Man of steel bersih,rapih dan menarik untuk diikuti, Tidak ada adegan sia sia di film ini, apalagi orang ngobrol panjang lebar ga jelas. Yang ada action action action. Cuman yang menurutku jadi nilai kurang justru karena banyaknya adegan Visual Efectnya. Tapi bagi yang ingin menonton ledakan dan perkelahian ya pasti seneng. Oh lupa, adegan dewasa ga ada di difilm ini. Cuman ciuman sebentar antara Superman dan lois lane. Dan kejutan di akhir film ini. Saat superman berkelahi dengan jendral Zod, mereka menabrak Satelite milik perusahan 'Wayne Enterprise' . Apakah ini pertanda akan ada film justice liga? Kita lihat saja !

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komentar Tokoh Nasional Tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijaga

Berikut ini adalah pendapat para tokoh Nasional tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijga. Fahri Idris Saya akan buka advokasi bagi mahasiswi bercadar yang merasakan dirugikan apalagi jika sampai dipecat dengan kebijakan ini. Saya turun tangan langsung. https://t.co/L8Yx87Jumd via official site https://t.co/bARvTo7oJi silahkan share karena cadar dilindungi UUD '45. #Cadar — Fahira Idris DPD RI (@fahiraidris) 6 Maret 2018 Lukman Hakim Saifudin ( Menteri Agama) Cadar itu bisa merupakan wujud pengamalan keyakinan ajaran agama bagi penggunanya, meskipun banyak juga yg meyakini itu hanyalah budaya. UIN SUKA bukan ingin mengatur sisi khilafiyah hal itu, tapi ingin menata ketentuan akademik & administratif yg menyangkut penggunaan cadar. https://t.co/cJax2OTm4Q — Lukman H. Saifuddin (@lukmansaifuddin) 9 Maret 2018 Fahri Hamzah Sultan Hamengkubuwono  X "Perlu ada kebijakan untuk mempertimbangkan lagi,"    Sultan menilai, kebijakan yang ada

Data Statistik ASN Per Juni 2023

  Data ASN 2023 Berapa sih jumlah ASN seluruh Indonesia? Jika Anda penasaran dengan pertanyaan tersebut, Anda bisa melihat gambar di atas. Gambar diambil dari buku statistik ASN Semester I tahun 2023 yang diterbitkan BKN.  Secara singkat ,  Jumlah ASN sebanyak 4.282.429 Orang yang terdiri dari PNS sebanyak 3.795.302 (89%) dan PPPK sebanyak 487.127 (11%).  Walaupun Jumlah PPPK baru 11%, namun tren PPPK akan terus meningkat seiring lebih banyaknya lowongan PPPK dibanding PNS. Hal ini dikarenakan PNS pensiun tidak  selalu di ganti dengan PNS baru namun di ganti dengan PPPK.  Dilihat dari instansinya, Jumlah PNS pusat sebanyak 22% dan jumlah ASN daerah sebanyak 78%. ASN Pusat adalah ASN yang bekerja di Kementerian, Lembaga atau Badan Negara sedangkan PNS daerah adalah PNS yang bekerja di instansi Pemerintah Daerah Tingkat I ( Provinsi) dan Pemerintah Daerah Tingkat II (Kabupaten Kota).  Catatan Menarik dari latar pendidikan ASN adalah 71% bergelar sarjana. Hal ini wajar karena sejak 10 Tah

Daftar Partai Peserta Pemilu 2024

  No Nama  Ketua Sekjen Berdiri  Website 1 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar M. Hasanuddin Wahid 23 Juli 1998 https://pkb.id 2 Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto Ahmad Muzani 06 Februari 2008 http://gerindra.id 3 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Megawati Sukarnoputri Hasto Kristianto 15 Februari 1999 https://pdiperjuangan.id 4 Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto Lodewijk Freidrich Paulus 20 Oktober 1964 https://partaigolkar.com 5 Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh Jhonny G. Plate 26 Juli 20211 https://nasdem.id 6 Partai Buruh Said Iqbal Ferry Nurzarli 05 Oktober 2021 https://partaiburuh.or.id 7 Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) Anis Matta Mahfudz Siddiq 28 Oktober 2019 https://partaigelora.id 8 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu Aboe Bakar Al-Habsyi 20 April 2002 https://pks.id 9 Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) I Gede Pasek Suardika Sri Mulyono 07 Januari 2022 https://p