Langsung ke konten utama

Review After Earth (2013)

After earth adalah film yang mengisahkan terdamparnya sebuah kapal angkasa di bumi. Kapal luar angkasa ini berawakan manusia yang saat itu sudah pindah ke planet lain karena 1000 tahun yang lalu (dari waktu di film) bumi sudah tidak layak huni.

Bumi telah berevolusi menjadi sebuah planet dengan iklim yang tidak bersahabat dengan perubahan cuaca yang sangat cepat dan hewan hewan dibumi sudah berevolusi menjadi lebih buas. 

Di film ini diceritakan manusia sudah berpindah ke sebuah planet diluar tata surya. Sayangnya diplanet itu ada mahluk lain yang menjadi ancaman manusia. mahluk ini sejenis monster yang tidak bisa melihat (tidak punya mata) tapi bisa mendeteksi keberadaan mahluk lain dengan mencium rasa takut yang dipancarkan oleh mahluk lain. Maka terjadilah perang melawan ursa. Agar menang, maka para prajurit dilatih untuk menghilangkan rasa takut sehingga para ursa ini tidak bisa mendeteksinya.

Will smith adalah salah satu perwira tinggi yang cukup disegani karena tidak punya rasa takut terhadap ursa dan dia mengharapkan anak laki lakinya juga mempunyai kemampuan seperti dia. Sayangnya, anaknya masih belum berpengalaman dan masih memiliki rasa takut terhadap mahluk ini. 


Kembali kecerita. Jaden smith (berperan sebagai kitai), bersama ayahnya yang akan menuju kesebuah planet untuk melakukan latihan melawan ursa, akhirnya pesawat jatuh kebumi dan terbelah menjadi dua bagian yaitu kepala an ekor. Padahal dalam pesawat tersebut ada seekor ursa yang akan digunakan untuk latihan. parahnya, will smith mengalami luka yang menyebabkan dia hanya bisa duduk dan berbaring, sementara semua kru tewas. Alat untuk mengirim sinyal SOS justru berada di ekor pesawat bersama monster ursa yang dibawa pesawat tersebut. 

Artinya hanya Kitai yang diharapkan bisa menemukan lokasi Ekor untuk mengirim pesan SOS dan pada saat yang sama, ursa di ekor juga lepas. Itulah mengapa tagline film ini :" Danger is real, Fear is choice". Bahaya itu nyata, tapi takut itu pilihan. 

Dari sini, cerita 90% hanya diperankan oleh jaden smith yang berlari dihutan dan dikejar olah hewan hewan buas, sementara Will smith hanya duduk di pesawat dan mengirimkan komando ke Kitai.

Kritik habis tentang Film 
Dari trailer dan ide ceritanya, film ini sangat menjanjikan, namun saat menonton filmnya 'Meh, bisa dikatakan film terburuk sepanjang saya menonton di tahun ini (2013). Durasi hanya 100 menit sehingga jalan ceritanya pendek dan terkesan linier. 

Penggambaran bumi yang berevolusi walaupun menggunakan efek yang sangat bagus, tapi terasa kurang realistis, mengapa? Masa hewan bisa berevolusi hanya dengan waktu 1000 tahun? dari burung raksasa, Lintah beracun, Kera bertaring sampai ular yang bisa terbang terasa tidak realistis. 

Di sisi lain, 'Danger is real ' itu justru bukan karena buminya, tapi karena adanya ursa yang jatuh dan berkeliaran dihutan yang menyebabkan Kitai ketakutan. jadi ancamannya bukan dari bumi itu sendiri. Kondisi hutan yang hijau digambarkan planet berbahaya yang tidak layak disinggahi, padahal di planet dimana manusia berada sekarang (nova prime), kondisinya gersang dan lebih berbahaya. Filmnya terasa aneh dan ga masuk akal. 

After Earth juga tidak menjelajah secara mendalam kondisi bumi di film ini, selain akting jaden smith juga tidak matang, disini seakan akan will smith 'memaksakan' agar jaden smith bisa menjadi bintang besar dengan cara menjadikan tokoh utama dalam film ini. Film ini sebenarnya masih menyimpan banyak potensi untuk dikembangkan. Intinya saya menyarankan anda mending nonton DVD atau tunggu aja muncul di TV. Saya hanya memberi point 5/10 untuk film ini. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komentar Tokoh Nasional Tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijaga

Berikut ini adalah pendapat para tokoh Nasional tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijga. Fahri Idris Saya akan buka advokasi bagi mahasiswi bercadar yang merasakan dirugikan apalagi jika sampai dipecat dengan kebijakan ini. Saya turun tangan langsung. https://t.co/L8Yx87Jumd via official site https://t.co/bARvTo7oJi silahkan share karena cadar dilindungi UUD '45. #Cadar — Fahira Idris DPD RI (@fahiraidris) 6 Maret 2018 Lukman Hakim Saifudin ( Menteri Agama) Cadar itu bisa merupakan wujud pengamalan keyakinan ajaran agama bagi penggunanya, meskipun banyak juga yg meyakini itu hanyalah budaya. UIN SUKA bukan ingin mengatur sisi khilafiyah hal itu, tapi ingin menata ketentuan akademik & administratif yg menyangkut penggunaan cadar. https://t.co/cJax2OTm4Q — Lukman H. Saifuddin (@lukmansaifuddin) 9 Maret 2018 Fahri Hamzah Sultan Hamengkubuwono  X "Perlu ada kebijakan untuk mempertimbangkan lagi,"    Sultan menilai, kebijakan yang ada

Data Statistik ASN Per Juni 2023

  Data ASN 2023 Berapa sih jumlah ASN seluruh Indonesia? Jika Anda penasaran dengan pertanyaan tersebut, Anda bisa melihat gambar di atas. Gambar diambil dari buku statistik ASN Semester I tahun 2023 yang diterbitkan BKN.  Secara singkat ,  Jumlah ASN sebanyak 4.282.429 Orang yang terdiri dari PNS sebanyak 3.795.302 (89%) dan PPPK sebanyak 487.127 (11%).  Walaupun Jumlah PPPK baru 11%, namun tren PPPK akan terus meningkat seiring lebih banyaknya lowongan PPPK dibanding PNS. Hal ini dikarenakan PNS pensiun tidak  selalu di ganti dengan PNS baru namun di ganti dengan PPPK.  Dilihat dari instansinya, Jumlah PNS pusat sebanyak 22% dan jumlah ASN daerah sebanyak 78%. ASN Pusat adalah ASN yang bekerja di Kementerian, Lembaga atau Badan Negara sedangkan PNS daerah adalah PNS yang bekerja di instansi Pemerintah Daerah Tingkat I ( Provinsi) dan Pemerintah Daerah Tingkat II (Kabupaten Kota).  Catatan Menarik dari latar pendidikan ASN adalah 71% bergelar sarjana. Hal ini wajar karena sejak 10 Tah

Daftar Partai Peserta Pemilu 2024

  No Nama  Ketua Sekjen Berdiri  Website 1 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar M. Hasanuddin Wahid 23 Juli 1998 https://pkb.id 2 Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto Ahmad Muzani 06 Februari 2008 http://gerindra.id 3 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Megawati Sukarnoputri Hasto Kristianto 15 Februari 1999 https://pdiperjuangan.id 4 Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto Lodewijk Freidrich Paulus 20 Oktober 1964 https://partaigolkar.com 5 Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh Jhonny G. Plate 26 Juli 20211 https://nasdem.id 6 Partai Buruh Said Iqbal Ferry Nurzarli 05 Oktober 2021 https://partaiburuh.or.id 7 Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) Anis Matta Mahfudz Siddiq 28 Oktober 2019 https://partaigelora.id 8 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu Aboe Bakar Al-Habsyi 20 April 2002 https://pks.id 9 Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) I Gede Pasek Suardika Sri Mulyono 07 Januari 2022 https://p