Langsung ke konten utama

Review Dark Knight Rises (2012)

Setelah menunggu lebih dari satu tahun sejak trailernya muncul, akhirnya The Dark Knight Rises (TDKR) rilis juga di bioskop. Bagi yang belum tahu, TDKR adalah film ketiga (trilogi) dari Film live Action Batman yang disutradarai oleh Cristopher Nolan. Dua film sebelumnya adalah The Dark Knight (2008) dan Batman Begin(2005). Thema utama dari film ini adalah kehancuran dan rasa sakit, itulah mengapa saat anda lihat trailernya banyak adegan ledakan, perkelahian dan kekacauan yang terjadi di kota Gotham.

Pemeran 
Dalam ending trilogi ini, semua tokoh penting dalam batman merupakan aktor dan aktris papan atas, sebut saja Cristian Bale sebagai Batman, Tom hardy sebagai bane, Marion Cotillard sebagai Miranda tate, Joseph Gordon Levit sebagai Jhon Blake, Michael Cane sebagai Alfred,William Nesson sebagai Rash As Gul, Gary oldman  sebagai James Gordon,Anne Hattaway sebagai CatWoman   dan Morgan Freeman sebagai  Lucius Fox.

Cerita
Dari sisi cerita TDKR lebih dekat ke Batman Begin ketimbang The Dark Knight. Di Film ini, Joker sama sekali tidak disinggung, dua tokoh di film The dark Knight yang disinggung hanya pacar Bruce (Rachel Dawes) dan Harvey Dent, Itupun hanya dalam bentuk Foto.

Film ini berlatar belakang 8 tahun setelah kejadian terbunuhnya Harvey dent. Masyarakat menganggap bahwa batmanlah yang melakukan pembunuhan tersebut. Selama 8 tahun, kota Gotham aman terkendali sampai munculnya Bane, penjahat  yang kuat secara fisik sekaligus cerdas dalam hal perencanaan. Rencana utama bane adalah meledakan Gotham dengan Bom Nuklir dengan timer bom serta tidak membolehkan satupun warga gotham keluar dari kota selama lima bulan atau bom meledak saat itu juga, hal ini membuat pemerintah amerika ketar ketir.

Sementara itu,  selama  8 tahun Bruce menyendiri di rumahnya dan tidak pernah keluar sejak kejadian terbunuhnya Harvey Dent dan Rachel. Hal yang paling menyedihkan adalah kenyataan bahwa Bruce wayne tidak tahu bahwa Rachel hanya menganggapnya sebagai teman. Bruce wayne digambarkan seorang yang pincang  karena terjatuh dari gedung saat menolong anak James Gordon, lihat kembali film The Dark knight (2008) jika ingin tahu lebih detail.

Munculnya Bane di kota Gotham memaksa Batman bangkit kembali. Aksi pertama Bane yang membuat geger warga Gotham adalah sabotase pasar saham yang kemudian diikuti oleh kejar kejaran antara polisi, batman dan Bane. karena kemunculan batman inilah justru Bane lolos,  polisi malahan mengejar Batman. Adegan tadi baru adegan awal teror bane, teros selanjutnya adalah meledakan lapangan football dan menghukum para orang kaya dengan cara dibuang ke sungai yang membeku dan hartanya di jarah oleh warga miskin.Kelanjutannya tonton sendiri.  Sebagian komentator menganggap bahwa film ini mempunyai agenda politik sosialis. Whateverlah! yang penting filmnya super keren!



Penokohan 

Hal yang tidak disangka dan tidak diduga adalah peran Jhon Blake dan Miranda tate sangat menentukan di film ini, boleh dibilang sangat menonjol melebihi Alfred atau Lucius Fox. Ada apa gerangan? Yang jelas ada hal yang mengejutkan di endingnya. Begitu juga dengan Cat woman, saya tidak menyangka Anne Hattaway yang biasa bermain di film drama percintaan bisa melakukan adegan fisik perkelahian yang sangat keren.

Bane yang diperankan Tom hardy juga keren abis, Suara bane yang keluar membuat tokoh bane ini makin menyeramkan, persis seperti yang Selina kyle bilang :" You must be afraid of him as I am". Bruce wayne sendiri ditampilkan sangat manusiawi disini, di awal kemunculannya sebagai batman, dia di  Hajar bane habis habisan, bahkan topeng batman saja sampai hancur. Untuk mendapatkan kemampuannya kembali, dia harus latihan terus menerus selama lima bulan, ingat ya anak anak, untuk menjadi kuat itu tidak perlu di gigit laba laba apalagi minum obat kemudian jadi mutan. Untuk jadi kuat cukup olah raga dan latihan beladiri  sert praktik secara terus menerus.

Hal yang kurang kuat penokohannya ada pada Marrion cotillard, diawal perannya sebagai miranda tate cukup bagus, tapi pas di akhir apalagi pas *spoiler* mati diatas mobile.Meh...adegannya kurang punya jiwa. Bagaimana dengan Jhon blake? Jhon blake benar benar tokoh yang berperan signifikan di TDKR, dia bisa dibilang menggantikan peran James Gordon sebagai detektif di kepolisian Gotham. Kejutan dari Jhon Blake  diakhir film benar benar diluar dugaan penonton. Pada saat saya nonton, sebagian besar pentonton langsung t tepuk tangan dan  keluar bioskop dengan wajah sumringah sambil terus kagum karena film yang sangat super   keren habis dari the dak knight Rises.

OST SoundTrack 
Hanz zimmer kembali membuktikan kepiawannya dalam menggarap sound latar yang mengiringi cerita ini, dengan cerita yang mendalam, Sound system yang super cool, soundtrack  yang mengiringi setiap adegan membuat TDKR menjadi super super awesome dan membawa emosi penonton kedalam film dan menginsepsi penonton :" Filmnya keren, besok nonton lagi neh!". Lihat trending topik The dark knight rises di Twitter kalau tidak percaya.

Apa yang Super keren? 

Semua hal dari film ini benar benar epic (Extremely awesome alias super keren abis), terutama adegan kejar kejaran batman, aksi cat Woman, perkelahian Bane dan Batman serta perang di tengah kota antara Ribuan polisi dan penjahat, Endingnya sendiri lebih dari sekedar epic. Endingnya Super Awesome Epic.Cool abis, bagi yang pernah nonton Avengers, setelah lihat ending TDKR anda baru tahu bahwa Avenger berasa film super hero  sampah yang tidak realistis *Sorry avengers fans*. 

Sekali lagi, kejeniusan Nolan dalam menggarap TDKR mengokohkan dia sebagai salah satu sutradara terbaik sepanjang masa dan Trilogi Batman garapannya akan menjadi Legenda sampai puluhan tahun mendatang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komentar Tokoh Nasional Tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijaga

Berikut ini adalah pendapat para tokoh Nasional tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijga. Fahri Idris Saya akan buka advokasi bagi mahasiswi bercadar yang merasakan dirugikan apalagi jika sampai dipecat dengan kebijakan ini. Saya turun tangan langsung. https://t.co/L8Yx87Jumd via official site https://t.co/bARvTo7oJi silahkan share karena cadar dilindungi UUD '45. #Cadar — Fahira Idris DPD RI (@fahiraidris) 6 Maret 2018 Lukman Hakim Saifudin ( Menteri Agama) Cadar itu bisa merupakan wujud pengamalan keyakinan ajaran agama bagi penggunanya, meskipun banyak juga yg meyakini itu hanyalah budaya. UIN SUKA bukan ingin mengatur sisi khilafiyah hal itu, tapi ingin menata ketentuan akademik & administratif yg menyangkut penggunaan cadar. https://t.co/cJax2OTm4Q — Lukman H. Saifuddin (@lukmansaifuddin) 9 Maret 2018 Fahri Hamzah Sultan Hamengkubuwono  X "Perlu ada kebijakan untuk mempertimbangkan lagi,"    Sultan menilai, kebijakan yang ada

Data Statistik ASN Per Juni 2023

  Data ASN 2023 Berapa sih jumlah ASN seluruh Indonesia? Jika Anda penasaran dengan pertanyaan tersebut, Anda bisa melihat gambar di atas. Gambar diambil dari buku statistik ASN Semester I tahun 2023 yang diterbitkan BKN.  Secara singkat ,  Jumlah ASN sebanyak 4.282.429 Orang yang terdiri dari PNS sebanyak 3.795.302 (89%) dan PPPK sebanyak 487.127 (11%).  Walaupun Jumlah PPPK baru 11%, namun tren PPPK akan terus meningkat seiring lebih banyaknya lowongan PPPK dibanding PNS. Hal ini dikarenakan PNS pensiun tidak  selalu di ganti dengan PNS baru namun di ganti dengan PPPK.  Dilihat dari instansinya, Jumlah PNS pusat sebanyak 22% dan jumlah ASN daerah sebanyak 78%. ASN Pusat adalah ASN yang bekerja di Kementerian, Lembaga atau Badan Negara sedangkan PNS daerah adalah PNS yang bekerja di instansi Pemerintah Daerah Tingkat I ( Provinsi) dan Pemerintah Daerah Tingkat II (Kabupaten Kota).  Catatan Menarik dari latar pendidikan ASN adalah 71% bergelar sarjana. Hal ini wajar karena sejak 10 Tah

Daftar Partai Peserta Pemilu 2024

  No Nama  Ketua Sekjen Berdiri  Website 1 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar M. Hasanuddin Wahid 23 Juli 1998 https://pkb.id 2 Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto Ahmad Muzani 06 Februari 2008 http://gerindra.id 3 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Megawati Sukarnoputri Hasto Kristianto 15 Februari 1999 https://pdiperjuangan.id 4 Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto Lodewijk Freidrich Paulus 20 Oktober 1964 https://partaigolkar.com 5 Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh Jhonny G. Plate 26 Juli 20211 https://nasdem.id 6 Partai Buruh Said Iqbal Ferry Nurzarli 05 Oktober 2021 https://partaiburuh.or.id 7 Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) Anis Matta Mahfudz Siddiq 28 Oktober 2019 https://partaigelora.id 8 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu Aboe Bakar Al-Habsyi 20 April 2002 https://pks.id 9 Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) I Gede Pasek Suardika Sri Mulyono 07 Januari 2022 https://p