Langsung ke konten utama

Review Band of Brothers (2001)


Band Of Brothers adalah Mini series yang menceritakan Easy company ,Grup pasukan terjun payung Amerika yang ikut berperang di Eropa menghadapi Jerman. Format dari Band of Brothers adalah miniseries berdurasi sekitar 1 jam tiap serinya. Sejauh ini, Band of brothers adalah Serial TV terbaik yang menceritakan kondisi perang dunia kedua. Film ini merupakan kisah nyata yang diceritakan oleh para veteran perang dan tentunya dengan penambahan dramatisasi.

Ada 10 Episode Band of brothers. Berikut ini adalah episode dari band of Brothers beserta ringkasan ceritanya serta komentar pribadi dari saya. 

Currahee

Episode pertama menceritakan Latihan dari pasukan Terjun Payung yang dipimpin oleh Kapten Sobel. Kapten sobel ini memang sayang profesional dalam melatih dan latihannya pun habis habisan. sebagai contoh ada adegan dimana Kapten sobel memberikan spageti kepada para calon prajuritnya, namun tanpa diduga, belum selesai makan, mereka disuruh latihan naik turun gunung sejauh 10 Km. Tentunya para calon Prajurit ini muntah muntah di tengah jalan. Satu hal yang perlu diketahui, pasukan terjun payung ini adalah pasukan yang mendaftar secara sukarela menjadi pasukan terun payung.  Tokoh utama di cerita ini adalah kapten sobel dan Richard Winter.


Days of The days

Hari H dimana pasukan Easy company dan Ribuan pasukan lain mendarat di Normandi, Jika anda pernah menonton saving privat Ryan, maka adegan ini merupakan adegan Perang Normandi diceritakan dari sudut pandang penerjun payung, Privat Ryan sendiri menampilkan jalan cerita dari sudut pandang pasukan infantri. Mengapa saya menceritakan Saving Privat Ryan? karena Produser dan Sutradara dua film ini sama yaitu Steven Speilberg. Jangan heran walaupun ini Serial TV kualitasnya sama dengan film bioskop.

Jalan cerita di episode ini menggambarkan Richard winter yang terjun dari pesawat dan melihat bagaimana mengerikannya kondisi perang.

Carentan
Episode Ini menceritakan Albert Blithe yang mengalami ketakutan saat berperang sampai dia mengalami buta sementara. Dengan dukungan Richard Winter, akhirnya Blithe kembali ikut dalam peperangan dan berhasil membunuh salahsatu tentara Jerman.

Setelah berhasil membunuh, kepercayaan diri Blithe meningkat, dari semula yang penakut menjadi orang yang paling depan dalam operasi. Sayangnya saat dirinya menawarkan diri untuk mengecek sebuah gedung kosong, dia tertembak sniper dileher. Dalam realitanya, Blithe harus dirawat selama 3 Tahun sebelum dirinya kembali ke satuan militer.

Potongan video :https://www.youtube.com/watch?v=UitLOeZENlU

Replacement
Setelah melakukan peperangan berkali kali, Banyak anggota Easy company yang gugur dalam medan perang, Agar anggota team easy company tetap sama, maka dikirimkanlah pasukan pengganti. Sayangnya pasukan pengganti ini kurang diterima oleh para anggota senior. Kenapa? karena mereka baru saja mau berperang namun sudah mendapatkan penghargaan grup di bajunya. 

Episode ini menceritakan kisah rendleman yang terjebak dalam peperangan melawan jerman. Saat melakukan operasi Market Garden, pasukan amerika terpaksa mundur karena kalah senjata dari jerman, sayangnya Rendleman tertinggal dan dia bersembunyi dibawah jembatan. 

Malam harinya, Rendleman bersembunyi di kandang ayam salah seorang warga dalam kondisi pasukan Jerman masih ada di desa itu. 

Crossroad

Episode ini menceritakan kejadian yang menghantui Richard Winter. Dalam salah satu peperangan, Richard Winter mengejar salah satu Prajurit SS (pasukan elite jerman), saat prajurit ini terjatuh dan menengok ke Winter, ternyata prajurit ini masih remaja umur belasan, tanpa pikir panjang, Winter langsung menembaknya. 

Namun setelah sekian lama, Winter masih dihantui dengan kejadian ini karena merasa bersalah karena yang dibunuhnya hanyalah seorang remaja tanggung yang dipaksa berperang oleh Nazi jerman. 

Bastogne
Episode ini menceritakan Prajurit Eugiene yang seorang dokter pasukan. Eugine mengalami berbagai kejadian dari melihat terbunuhnya prajurit secara mengerikan, melihat kematian prajurit yang terlihat sangat menyakitkan sampai kejadian mati konyolnya prajurit yang tertembak pahanya tanpa sengaja karena senjata Ludger Jerman yang disimpan di celananya. 

Eugiene juga bersahabat dengan seorang dokter cantik di kota yang dikuasai oleh Sekutu, sedihnya si dokter juga ikut terbunuh saat pasukan jerman menghancurkan kota dengan pesawat tempur. Episode ini menunjukan bagaimana seorang dokter pasukan harus setiap saat siap dan harus menenangkan prajurit yang terluka separang apapun lukany. 

The Breaking point
Easy company saat in dipimpin oleh Norman Dike, seorang letnan yang  kurang bertangungjawab dan tidak bisa cepat dalam mengambil keputusan.  Saat  peperangan terjadi dan Easy company menyerang basecamp pasukan jerman, pasukan ini justru disuruh diam di tempat oleh Norman Dike, saat ditanya oleh prajurit apa langkah selanjutnya, Si Dike ini diam panik dan tidak bisa mengambil keputusan yang menyebabkan banyak prajurit terbunuh sia sia.
Lihat potongan videonya disini: https://www.youtube.com/watch?v=R6da9U6Xjd8.

The Last Patrol
Kisah di episode ini dinarasikan oleh David webster, salah satu anggota dari Easy company yang  dirawat dirumah sakit dan baru kembali setelah 4 bulan. Setelah keluar dari RS dan kembali bergabung ke easy company, Webster tidak diterima oleh teman teman lamanya. Teman temannya menganggap bahwa David webster tidak setia kawan, mengapa? karena teman lain yang terluka pun kembali ke medan perang secepatnya. David Webster sendiri sebenarnya bisa cepat kembali ke medan perang, hanya saja dia lebih memilih agar dia kembali bukan hanay siap fisik namun juga mental. 

Kisah utama disini adalah usaha dari Kapten Winter yang mendapat perintah dari Jenderal untuk menculik pasukan jerman di seberang sungai. 

Why We Fight
Nixon adalah temand ari Captain Winter yang kecanduan Minuman keras merek tertentu, saat perang mendekati akhir, dia menceritakan bahwa selama peperangan, belum pernah sekalipun dia menembak, bukan karena tidak berani karena memang posisinya sebagai Officer yang membuat dia jarang bertemu musuh. 

Dia menceritakan kegalauannya bahwa saat terjun payung, salah satu pesawat sekutu di tembak Jerman dan semua pasukan meninggal. Dia berpikir mendalam dan mempertanyakan mengapa kita berperang? Dia mengkritisi surat duka yang dikirim ke keluarga korban bahwa anaknya atau suaminya adalah seorang yang gagah berani dan Tewas dalam pertempuran yang menentukan kemenangan, Padahal Nixon tahu persis bahwa sebagian  yang meninggal itu kadang mati konyol bahkan kadang mati sebelum beperang. 

Kisah berlanjut ketika pasukan Easy company menemukan Camp Yahudi ditengah hutan. Camp ini berisi para artis, orang tua dan orang orang yang dianggap hanya sampah oleh hitler karena mereka tidak bisa ikut berperang atau kerena mereka Yahudi. 

Points

Bagian terakhir dari Band of Brothers menceritakan kondisi setelah pasukan sekutu berhasil mengalahkan jerman dan berhasil menguasai Eagle nest, Sarang inti dari Hitler dan para jendralnya. Point disini bukan fokus pada Eagle Nestnya namun fokus pada "colateral damage" yang terjadi walaupun perang sudah berakhir.

Ada sebagian prajurit yang tewas karena kecelakaan saat naik mobile, ada  prajurit yang mabok dan menembak temannya sendiri dan berbagai permasalahan lain yang timbul setelah perang usai. 


Band of Brothers sampai saat ini tetap dianggap sebagai Mini series terbaik yang menceritakan kondisi perang dunia dua secara realistis, jelas ini sangat berbeda dengan Film Rambo. Film ini diakhiri dengan petikan dari Veteran perang yang ditanya oleh cucunya


Cucu:" Kek, apakah kakek seorang pahlawan?".
Kakek:" Bukan cucuku, Kakek bukanlah pahlawan, namun Kakek ikut berperang diantara para pahlawan itu". 

Nah siapa kakek itu? dialah Richard Winter, inilah Jiwa pahlawan sebenarnya, dia tidak ingin disebut pahlawan, Jiwa prajurit yang mengutamakan kebersamaan dan menghilangkan Egoisme masih tetap ada bahkan setelah dirinya lama pensiun.

Secara pribadi saya memberi point 5/5 Bintang. Sebagai penutup,  Jika anda ingin menonton Film atau miniseries yang kualitasnya sama dengan Band Of Brothers tontonlah Saving Private Ryan atau The Pasific.

 Sebagai penutup, saya tambahkan Original soundtrack Scene pembuka film ini yang sangat  Menyentuh. 




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komentar Tokoh Nasional Tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijaga

Berikut ini adalah pendapat para tokoh Nasional tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijga. Fahri Idris Saya akan buka advokasi bagi mahasiswi bercadar yang merasakan dirugikan apalagi jika sampai dipecat dengan kebijakan ini. Saya turun tangan langsung. https://t.co/L8Yx87Jumd via official site https://t.co/bARvTo7oJi silahkan share karena cadar dilindungi UUD '45. #Cadar — Fahira Idris DPD RI (@fahiraidris) 6 Maret 2018 Lukman Hakim Saifudin ( Menteri Agama) Cadar itu bisa merupakan wujud pengamalan keyakinan ajaran agama bagi penggunanya, meskipun banyak juga yg meyakini itu hanyalah budaya. UIN SUKA bukan ingin mengatur sisi khilafiyah hal itu, tapi ingin menata ketentuan akademik & administratif yg menyangkut penggunaan cadar. https://t.co/cJax2OTm4Q — Lukman H. Saifuddin (@lukmansaifuddin) 9 Maret 2018 Fahri Hamzah Sultan Hamengkubuwono  X "Perlu ada kebijakan untuk mempertimbangkan lagi,"    Sultan menilai, kebijakan yang ada

Data Statistik ASN Per Juni 2023

  Data ASN 2023 Berapa sih jumlah ASN seluruh Indonesia? Jika Anda penasaran dengan pertanyaan tersebut, Anda bisa melihat gambar di atas. Gambar diambil dari buku statistik ASN Semester I tahun 2023 yang diterbitkan BKN.  Secara singkat ,  Jumlah ASN sebanyak 4.282.429 Orang yang terdiri dari PNS sebanyak 3.795.302 (89%) dan PPPK sebanyak 487.127 (11%).  Walaupun Jumlah PPPK baru 11%, namun tren PPPK akan terus meningkat seiring lebih banyaknya lowongan PPPK dibanding PNS. Hal ini dikarenakan PNS pensiun tidak  selalu di ganti dengan PNS baru namun di ganti dengan PPPK.  Dilihat dari instansinya, Jumlah PNS pusat sebanyak 22% dan jumlah ASN daerah sebanyak 78%. ASN Pusat adalah ASN yang bekerja di Kementerian, Lembaga atau Badan Negara sedangkan PNS daerah adalah PNS yang bekerja di instansi Pemerintah Daerah Tingkat I ( Provinsi) dan Pemerintah Daerah Tingkat II (Kabupaten Kota).  Catatan Menarik dari latar pendidikan ASN adalah 71% bergelar sarjana. Hal ini wajar karena sejak 10 Tah

Daftar Partai Peserta Pemilu 2024

  No Nama  Ketua Sekjen Berdiri  Website 1 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar M. Hasanuddin Wahid 23 Juli 1998 https://pkb.id 2 Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto Ahmad Muzani 06 Februari 2008 http://gerindra.id 3 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Megawati Sukarnoputri Hasto Kristianto 15 Februari 1999 https://pdiperjuangan.id 4 Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto Lodewijk Freidrich Paulus 20 Oktober 1964 https://partaigolkar.com 5 Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh Jhonny G. Plate 26 Juli 20211 https://nasdem.id 6 Partai Buruh Said Iqbal Ferry Nurzarli 05 Oktober 2021 https://partaiburuh.or.id 7 Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) Anis Matta Mahfudz Siddiq 28 Oktober 2019 https://partaigelora.id 8 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu Aboe Bakar Al-Habsyi 20 April 2002 https://pks.id 9 Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) I Gede Pasek Suardika Sri Mulyono 07 Januari 2022 https://p