Langsung ke konten utama

Review Guardian Of Galaxy (2014)

Guardian of galaxy adalah film terbaru dari Marvel universe. Film  ini mengisahkan Petter Quil, seorang manusia dari bumi yang diculik alien pada tahun 1988 dan akhirnya menjadi pencuri untuk barang barang antik di Galaxy.

Peter Quill atau lebih sering disebut Star-lord dikisahkan mencuri sebuah artifact kuno disebuah planet, namun dia tidak menyangka bawa isi artifact itu mempunyai kekuatan yang bisa melenyapkan sebuah planet.

Karena artifact  itulah dia diburu oleh berbagai pihak, oleh NovaCorp (polisi galaxy) dan Oleh ronan, penjahat galaxy yang mengabdi kepada Thanos.

Film ini memperluas Dunia Marvel dengan superheronya. Ingat di Avenger siapa yang menyuruh Loki untuk mencuri Tasseract? Thanos adalah orang yang sama yang menyuruh ronan untuk merebut artifak yang berisi batu berkuatan besar. Semua film Marvel sejak Iron Man memang dalam satu universe. Artinya film ini masih ada hubungannya dengan avenger, thor dan Semua superhero di bumi.

Perkenalan Tokoh
Guardian of Galaxy mempunyai 5 anggota yaitu starlord (manusia), Gamora (mahluk seperti manusia berwarna hijau), drax (Manusia yang berbedan besar dan merupakan preman di penjara), Raccon, merupakan hewan percobaan yang akhirnya menjadi 'mahluk cerdas'  serta Groot, mahluk yang sebenarnya tumbuhan dengan kemampuan mengucap hanya tiga huruf "I Am groot".

Kualitas cerita & efect
Saat saya mau menonton film ini, sebenarnya saya tidak terlau berharap bahkan cukup pesimis film ini akan bagus, apalagi dengan adanya rocket raccoon dan gamora terlihat film ini "Silly" seperti Green lantern. Intinya ya saya tonton ajalah , sekedar hiburan. Tapi ternyata film ini merupakan film paling bagus di tahun 2014 ini.

Efek film ini juga luar biasa, apalagi di tonton dalam format 3D. Salah satu efek yang paling saya suka adalah kota di planet Xandar, markas dari NovaCorps (semacam polisi galaxy).

Film ini berdurasi 2 jam lebih namun sangat nyaman di tonton, bukan hanya effectnya dialog antar tokohnya juga sangat enak di dengar plus tambahan OST film ini dengan title "Awesome Mix Vol I" yang merupakan kaset yang beri lagu era 70-80an.

Intinya, saya beri point 8/10 untuk jalan ceritanya. Saya anggap film ini suprise dan diluar expectasi saya. Wow, pokoknya menghibur dan menambah 'wawasan' alam semesta Marvel. Untuk reviewnya cukup sekian saja, mengingat kalau saya terlalu banyak cerita, terlalu banyak spoiler yang tertulis. Untuk review dengan spoiler , baca bagian bawah artikel ini setelah Trailer.

Review dengan spoiler 
Review spoiler ini saya bagi menjadi bagian tokoh, jalan cerita, kekurangan serta hubungannya dengan Avengers.

Tokoh yang muncul
Walaupun Film ini bagian dari Marvel, namun tokoh tokoh di film ini pasti masih terasa asing kecuali Thanos. Berikut ini adalah tokoh tambahan di film ini, penjelasan ini akan memudahkan anda memahami alur film

Nebula
anak anggkat dari thanos, dia adalah tangan kanan dari Ronin. Penjahat utama di film ini.

Gamora
Ini adalah anak angkat Thanos, diperankan oleh Zoe saldana.

Thanos
Super Villian di Marvel Universe, berambisi mengumpulkan semua batu sakti (infinitive Gem)

Yondu
anak buah dari Ayah Starlord. Senjata utamanya adalah panah yang dikontrol dengan siulan. Yondu seharusnya menyerahkan starlord ke bapaknya, namun justru malah menjadikan Star lord sebagai anak buahnya.



Benda dan istilah lain yang muncul


Knowhere

Tempat penambangan di galaxy dan juga markas dari the Collector, Masih ingat the collector di Thors kan?

Infinitive Gem 
Ada 6 Infinitive gem di dunia marvel. Yang pertama adalah Tasseract (lihat avengers/captain america), Aether(Thor:The dark world) dan di film ini  Orb (Power stone). Masih ada 3 batu lagi yang masih misteri.

Novacorp
Semacam Polisi galaxy, markasnya adalah Xandar.

Xandar
adalah planet markas dari NovaCorps. Penduduknya bukan hanya multietnis tapi juga multi spesies, mirip dengan starwars.

Klyn 
Lokasi penjara diluar angkasa untuk menahan para penjahat di galaxy.


Jalan cerita
Peter quils di culik oleh alien saat masih anak anak, saat ini peter quil adalah seorang pencuri ulung yang tugasnya mencuri benda benda artifact. Naas baginya ternyata benda terakhir yang dicuri adalah benda yang sangat powerfull dan berbahaya. Benda ini juga di incar oleh thanos dan ronan. Ronan mengirim gamora untuk mendapatkan artifact (orb) yang dicuri namun yang terjadi justru Gamora berkhianat ke Ronan.

Sementara itu rocket raccon dan groot ada di Xandar, melihat bahwa Peter Quil adalah buronan (saat itu peter quil sedang rebutan Orb dengan Gamora), maka mereka berusaha menangkapnya. Namun saat terjadi keributan inilah mereka semua di tangkap oleh NovaCorps dan dikiirim ke penjara. Disana mereka bertemu dengan Drax, preman penjara yang paling di takuti.

Ronan yang tahu bahwa Orbs sangat berharga ternyata diincar juga oleh thanos, maka dia menghadap thanos dan berusaha mendapatkan orb dan menyerahkannya. Namun ketika ronan tahu isi dari Orb adalah "batu sakti" yang punya kekuatan menghancurkan sebuah planet, dia mengkianati thanos dan menggunakan Orb untuk kepentingannya sendiri. Hal yang pertama dilakukan ronan adalah menyerang NovaCorps.

Itu inti dari cerita ini, selanjutnya anda bisa menebak sendiri kan? Guardian of galaxy terbentuk karena merasa senasib dan sekumpulan orang orang bermasalah dan akhirnya Ronan bisa dikalahkan.

Ketidakakuratan 
Saya suka film science fiksi, namun di film ini ada adegan yang 'meh' banget, saat pesawat gamora meledak dan gamora melayang di luar angkasa, peter quil menyerahkan topengnya(semacam tabung udara kali ya) dan mereka berdua membeku. Ada yang salah disini? Yup, secara ilmiah harusnya karena diluar angkasa tidak ada tekanan, yang terjadi justru harusnya tubuh mereka meledak dan darah keluar dari seluruh tubuh dan tentunya MATI. tapi namanya juga film, harap maklum

Post Credit Scene
Di post credit scene, the Collector di jilat oleh anjing piaraannya dan ada tokoh marvel yang muncul yaitu Howard the duck. Anjing tadi sendiri bernama cosmo. Tapi jujur aja ya, tampilan Howard the Duck bener bener jelek efeknya dan menambah ketidak realistisan film ini, serasa ada donald Bebek di Marvel (tepok jidat).

Kemungkinan Sequel dan hubunganya dengan Avengers 
Avengers 2 rilis tahun 2015 sepertinya tokoh di Guardian of galaxy tidak ada yang muncul mengingat  musuh utama dari Avengers adalah Ultron, robot yang self aware, banyak yang memprediksi Ultron adalah JARVIS, Assisten dari IronMan.

Lalu dimana hubungannya? Saya memperkirakan Thanos akan menjadi Musuh utama di Avengers 3 yang akan muncul sekitar tahun 2019 dan Thanos akan menjadi super villian dengan semua batu saktinya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komentar Tokoh Nasional Tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijaga

Berikut ini adalah pendapat para tokoh Nasional tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijga. Fahri Idris Saya akan buka advokasi bagi mahasiswi bercadar yang merasakan dirugikan apalagi jika sampai dipecat dengan kebijakan ini. Saya turun tangan langsung. https://t.co/L8Yx87Jumd via official site https://t.co/bARvTo7oJi silahkan share karena cadar dilindungi UUD '45. #Cadar — Fahira Idris DPD RI (@fahiraidris) 6 Maret 2018 Lukman Hakim Saifudin ( Menteri Agama) Cadar itu bisa merupakan wujud pengamalan keyakinan ajaran agama bagi penggunanya, meskipun banyak juga yg meyakini itu hanyalah budaya. UIN SUKA bukan ingin mengatur sisi khilafiyah hal itu, tapi ingin menata ketentuan akademik & administratif yg menyangkut penggunaan cadar. https://t.co/cJax2OTm4Q — Lukman H. Saifuddin (@lukmansaifuddin) 9 Maret 2018 Fahri Hamzah Sultan Hamengkubuwono  X "Perlu ada kebijakan untuk mempertimbangkan lagi,"    Sultan menilai, kebijakan yang ada

Data Statistik ASN Per Juni 2023

  Data ASN 2023 Berapa sih jumlah ASN seluruh Indonesia? Jika Anda penasaran dengan pertanyaan tersebut, Anda bisa melihat gambar di atas. Gambar diambil dari buku statistik ASN Semester I tahun 2023 yang diterbitkan BKN.  Secara singkat ,  Jumlah ASN sebanyak 4.282.429 Orang yang terdiri dari PNS sebanyak 3.795.302 (89%) dan PPPK sebanyak 487.127 (11%).  Walaupun Jumlah PPPK baru 11%, namun tren PPPK akan terus meningkat seiring lebih banyaknya lowongan PPPK dibanding PNS. Hal ini dikarenakan PNS pensiun tidak  selalu di ganti dengan PNS baru namun di ganti dengan PPPK.  Dilihat dari instansinya, Jumlah PNS pusat sebanyak 22% dan jumlah ASN daerah sebanyak 78%. ASN Pusat adalah ASN yang bekerja di Kementerian, Lembaga atau Badan Negara sedangkan PNS daerah adalah PNS yang bekerja di instansi Pemerintah Daerah Tingkat I ( Provinsi) dan Pemerintah Daerah Tingkat II (Kabupaten Kota).  Catatan Menarik dari latar pendidikan ASN adalah 71% bergelar sarjana. Hal ini wajar karena sejak 10 Tah

Daftar Partai Peserta Pemilu 2024

  No Nama  Ketua Sekjen Berdiri  Website 1 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar M. Hasanuddin Wahid 23 Juli 1998 https://pkb.id 2 Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto Ahmad Muzani 06 Februari 2008 http://gerindra.id 3 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Megawati Sukarnoputri Hasto Kristianto 15 Februari 1999 https://pdiperjuangan.id 4 Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto Lodewijk Freidrich Paulus 20 Oktober 1964 https://partaigolkar.com 5 Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh Jhonny G. Plate 26 Juli 20211 https://nasdem.id 6 Partai Buruh Said Iqbal Ferry Nurzarli 05 Oktober 2021 https://partaiburuh.or.id 7 Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) Anis Matta Mahfudz Siddiq 28 Oktober 2019 https://partaigelora.id 8 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu Aboe Bakar Al-Habsyi 20 April 2002 https://pks.id 9 Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) I Gede Pasek Suardika Sri Mulyono 07 Januari 2022 https://p