Langsung ke konten utama

Review Film Jobs (2013)

Jobs adalah film  yang menceritakan tentang kehidupan Steve Job, pendiri Apple Inc. Cerita dimulai saat Steve jobs keluar dari bangku kuliah karena tidak ada biaya sampai diluncurkannya iPod di tahun 2001.

Steve job adalah orang yang benar benar perfectsionis dalam hal produk, desain dan kemudahan. Steve juga seorang pebisnis ulung dan mengerti peluang bisnis saat temannya Steve Wozniak merangkai komponen elektronik untuk membuat "personal komputer" di era 1976.

Steve wozniak sendiri adalah seorang Geek, real geek yang benar benar mencintai elektronik karena hoby, bukan karena bisnis atau uang serta korporasi. Steve Joblah yang mempunyai ide untuk menjualnya dan memperbaikinya dari versi ke versi.



Steve Job adalah orang yang gigih dalam bisnis dan suka membuat deadline serta desain yang tidak masuk akal terutama dieranya. Contoh adegan di film ini adalah saat dia bekerja di Atari, dia ingin agar membuat layar berwarna di monitor padahal era itu adalah era monochrome. Dia juga tidak puas dengan rangkain elektronik yang asal 'solder', semua harus rapih sampai hal hal terkecil.

Namun dibalik kegigihannya dan perfectsionisme, Jobs punya banyak 'dark side'. Sisi gelap jobs di telanjangi bulat bulat di film ini. Diantara sisi gelapnya adalah tidak mengakui anaknya Lisa, hasil hubungannya dengan pacarnya dimasa kuliah, bahkan jobs menganggapnya pacarnya berhubungan dengan laki laki lain. Hallo Ladies, inilah tipikal laki laki, makanya jaga kehormatan kamu, karena senjata laki laki itu jika perempuan mau diajak hubungan seks, lalu hamil, maka kebanyakan laki laki akan menolak bahwa itu adalah anaknya. Alasan laki laki simple, Jika kamu mau berhubungan dengan saya tanpa ikatan (hanya sekedar pacar) terus bagaimana saya bisa yakin kamu juga tidak berhubungan dengan laki laki lain? Ingat ladies, jaga kehormatan karena laki laki 90% itu brengsek. Kalau dia tanggung jawab pasti nikah dulu baru hamil.

Dark side kedua adalah masalah pembagian saham. Saat Apple menjadi perusahaan publik dan menawarkan saham, teman sekamarnya yang ikut membuat komputer Apple Lisa, tidak diberi Saham sepeserpun. Dia seorang yang gila bisnis namun tidak peduli dengan pertemanan dan sosial. Ini fakta yang tertulis.

Dark side selanjutnya adalah dia dengan seenaknya memecat karyawan yang tidak sejalan, Alasan di pecatnya juga konyol, steve job ingin membuat karya yang modern, tampilan user interface yang mudah dipakai dan sejenisnya namun teknologi dimasa itu tidak memungkinkan, kalau mungkin itupun perlu waktu yang lama, namun ketika salah satu teamnya --Programmer terbaik di apple-- melawan dan mengatakan itu tidak mungkin, dia langsung memecat saat itu juga. Padahal steve job pun tidak bisa membuat program seperti itu. Steve ini bener bener tipical Douche bag dan ASSHOLE MANAGER.

Steve adalah tipikal Manager dan pimpinan yang menginginkan perfectsionis dan "SAYA GA MAU TAU" tentang perkara teknis. Steve wozniak adalah kebalikan dari steve job, dia punya sisi humanis, kebersamaan dan dia ingin hobynya menjadi bisnis, namun tidak ingin gara gara bisnis semuanya berubah. Steve wozniak keluar dari apple karena Steve job terlalu fokus dengan bisnis dan tidak peduli dengan hubungan social.

Pemeran steve job difilm ini adalah Asthon kutcher, aktor ini sangat perfect menampilkan sosok seorang steve job, dari cara berjalan dan cara berbicara, sang aktor sangat menjiwai perannya, termasuk diet buah ala steve job.

Dark side lain dari Steve job adalah "Monopoli pasar". Dia beranggapan hanya dia yang punya produk dan kreatifitas, contohnya dalam hal User interface Grafis. Saat itu, microsoft mengeluarkan Windows 1.0, dan Steve job langsung menuntut Bill gate dan menganggap bahwa Bill gate mencuri User interface dari Macintohs, pada kenyataannya Bill tidak pernah mencuri kode dan desain.

Dark side Steve job juga terjadi lagi sebelum ASSHOLE ini meninggal, perseteruan antara iPhone dengan Android, lagi lagi steve job mengatakan bahwa Android adalah produk curian. Apa yang di curi? kode 1 baris pun setahu saya ga ada yang dicuri dari Apple. Steve job memang punya watak ASSHOLE ingin memonopoli pasar smartphone.

FIlm ini diangkat dari kisah nyata walaupun tidak 100% benar, namun sebagian besar cerita di film ini real dan memang Steve JOBS itu asshole. Oh jangan dikira produk Apple, iPod dan iPhone karya steve job, itu karya desain Jonathan Ive, beliu ini memang jagonya desain dan sampai sekaran gmenjadi icon dunia, namun seakan akan semua karya steve job DOUCHE BAG.

OK sampai sini dulu, sekarang saya sadar bahwa steve job itu orang bisnis,bukanGeek dan ilmunya tidak dalam masalah Teknis, orang orang dibelakang steve lah yang benar benar geek seperti Steve Wozniak dan team awal apple. Sekali lagi STEVE jobs itu 90% douchbag dan 10% pebisnis.

Semoga review ini bermanfaat. Lihat trailernya dibawah ini.

Komentar

  1. saya menghormati pendapat anda, tapi jujur kalo boleh berbagi yang saya suka dari Steve Jobs adalah kekeraskepalaannya, keyakinannya, kepercayaannya bahwa di bisa melakukan sesuatu yang besar yang belum dilakukan orang lain. Dia bisa melihat peluang sukses dan mengarahkan orang orangnya untuk mencapainya. Mengesampingkan semua darksidenya anda harus mengakui dia pemimpin yang hebat.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komentar Tokoh Nasional Tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijaga

Berikut ini adalah pendapat para tokoh Nasional tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijga. Fahri Idris Saya akan buka advokasi bagi mahasiswi bercadar yang merasakan dirugikan apalagi jika sampai dipecat dengan kebijakan ini. Saya turun tangan langsung. https://t.co/L8Yx87Jumd via official site https://t.co/bARvTo7oJi silahkan share karena cadar dilindungi UUD '45. #Cadar — Fahira Idris DPD RI (@fahiraidris) 6 Maret 2018 Lukman Hakim Saifudin ( Menteri Agama) Cadar itu bisa merupakan wujud pengamalan keyakinan ajaran agama bagi penggunanya, meskipun banyak juga yg meyakini itu hanyalah budaya. UIN SUKA bukan ingin mengatur sisi khilafiyah hal itu, tapi ingin menata ketentuan akademik & administratif yg menyangkut penggunaan cadar. https://t.co/cJax2OTm4Q — Lukman H. Saifuddin (@lukmansaifuddin) 9 Maret 2018 Fahri Hamzah Sultan Hamengkubuwono  X "Perlu ada kebijakan untuk mempertimbangkan lagi,"    Sultan menilai, kebijakan yang ada

Data Statistik ASN Per Juni 2023

  Data ASN 2023 Berapa sih jumlah ASN seluruh Indonesia? Jika Anda penasaran dengan pertanyaan tersebut, Anda bisa melihat gambar di atas. Gambar diambil dari buku statistik ASN Semester I tahun 2023 yang diterbitkan BKN.  Secara singkat ,  Jumlah ASN sebanyak 4.282.429 Orang yang terdiri dari PNS sebanyak 3.795.302 (89%) dan PPPK sebanyak 487.127 (11%).  Walaupun Jumlah PPPK baru 11%, namun tren PPPK akan terus meningkat seiring lebih banyaknya lowongan PPPK dibanding PNS. Hal ini dikarenakan PNS pensiun tidak  selalu di ganti dengan PNS baru namun di ganti dengan PPPK.  Dilihat dari instansinya, Jumlah PNS pusat sebanyak 22% dan jumlah ASN daerah sebanyak 78%. ASN Pusat adalah ASN yang bekerja di Kementerian, Lembaga atau Badan Negara sedangkan PNS daerah adalah PNS yang bekerja di instansi Pemerintah Daerah Tingkat I ( Provinsi) dan Pemerintah Daerah Tingkat II (Kabupaten Kota).  Catatan Menarik dari latar pendidikan ASN adalah 71% bergelar sarjana. Hal ini wajar karena sejak 10 Tah

Daftar Partai Peserta Pemilu 2024

  No Nama  Ketua Sekjen Berdiri  Website 1 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar M. Hasanuddin Wahid 23 Juli 1998 https://pkb.id 2 Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto Ahmad Muzani 06 Februari 2008 http://gerindra.id 3 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Megawati Sukarnoputri Hasto Kristianto 15 Februari 1999 https://pdiperjuangan.id 4 Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto Lodewijk Freidrich Paulus 20 Oktober 1964 https://partaigolkar.com 5 Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh Jhonny G. Plate 26 Juli 20211 https://nasdem.id 6 Partai Buruh Said Iqbal Ferry Nurzarli 05 Oktober 2021 https://partaiburuh.or.id 7 Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) Anis Matta Mahfudz Siddiq 28 Oktober 2019 https://partaigelora.id 8 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu Aboe Bakar Al-Habsyi 20 April 2002 https://pks.id 9 Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) I Gede Pasek Suardika Sri Mulyono 07 Januari 2022 https://p