Langsung ke konten utama

Karena Gaya dan Gengsi itu Penyakit

Beberapa hari terakhir, ada berita dan video konyol tentang Mantan Tunangan dari Zaskia Gotik (vicky prasetyo). Saat di wawancarai oleh salah satu acara infotainment TV swasta, dia berusaha menggunakan bahasa kebarat baratan dan menggunakan bahasa intelek. Sayangnya, apa yang terjadi justru malah kelihatan banget gengsinya dan terkesan tidak natural, bahkan bahasa yang dipakai amburadul tidak jelas.





Saya jadi ingat teman saya yang bernama Abdullah, dulu sering banget ngomong :"Yang penting gaya mas can!". Ya walaupun dirumah ga makan. Atau ucapan temen kampus yang bilang ada temen ceweknya bela belain beli baju baru walaupun tiap hari makan mie rebus.

Penyakit orang dulu dan sekarang sungguh berbeda. Dulu, waktu saya kecil penyakitnya adalah cacar air, kudis, dan koreng. Sekarang anak anak kecil memang sudah jarang yang kena penyaki ini, namun penyakitnya berubah menjadi penyakit GENGSI.

Beberapa kali saya membaca berita banyaknya prostitusi remaja ABG yang ditangkap petugas ternyata tergiur dengan mudahnya mendapatkan uang dan tampil gaya dengan baju dan gadget mahal terbaru. Ini demi apa? Demi ucapan:"Wah, gadgetnya bagus ya?" atau:" Wah kamu sekarang cantik " Dan sejenisnya. Cerita lain, di Cina seorang anak menjual ginjalnya untuk ditukar dengan iPhone dan iPad. Apakah sianak sebenarnya butuh gadget itu? Tidak! itu cuma demi gengsi dimata teman temanya.

Ada lagi kasus bunuh diri gara gara sianak tidak dibelikan motor oleh orang tuanya , kasus yang lain ada dua orang anak mencuri motor demi bisa naik motor saat pergi kesekolah. Kenapa tidak mau naik sepeda? Ya karena gengsi. Tidak jauh berbeda, salah seorang teman di tempat kerja pernah bilang, mending berangkat kekampus naik angkot daripada naik sepeda loh kenapa? emang jauh? Tidak, cuman GENGSI.

Masih ingat, kasus kecelakaan mobil saipul jamil yang menewaskan istrinya? Ternyata mobil yang ditumpanginya bukan mobil pribadi bro, tapi mobil rental? Kenapa saipul jamil ga pulang naik kereta atau bus? Malu dong, masa artis gitu loh. Inilah yang namanya penyakit. Bahkan penyakit ini juga sudah menyebar kebarbagai kalangan. Contoh sederhana adalah pas lebaran. Banyak yang bawa mobil rental dari kota ke desanya dikampung, atau minimal pulang naik motor (ya walaupun kredit) biar keliatan orang sukses.


Saya jadi teringat salah satu hadist rosullah:" Nafsu manusia itu hanya ada diantara dua paha dan dua rahang". Perhatikan diantara dua rahang. Ini bisa berarti makanan yang lezat atau PUJIAN dan SANJUNGAN serta POPULERITAS. Penelitian di amerika bahkan menyataan bahwa populeritas menjadi tujuan dan kebutuhan kebanyakan anak muda disana. Kok bisa? Ya salah satunya karena American Idol dan berbagai ajang pencarian bakat yang menjanjikan anak ABG ini populer dalam waktu sekejap.

Alhamdulilah, dari kecil sampai sampai sekarang, saya bersyukur bisa hidup sederhana apa adanya saja. Lebih baik punya sepeda butut daripada naik Tiger tapi pinjem. Lebih baik pulang kampung naik Kereta ekonomi ketimbang naik mobil rentalan. Saya baru sadar, ternyata segala kekurangan yang ada pada diri saya dan keluarga saya (maklum, keluarga tidak mampu) memberi efek waktu dewasa. Saya tidak tertarik mengikuti trend, baik dari sisi pakaian, gaya hidup dan sejenisnya. Saya hidup seperlunya sajalah. Lagian GAYA dan GENGSI TIDAK BISA BIKIN KENYANG!

Antara kebutuhan dan keinginan

saat kita ingin membeli sesuatu, kita bisa bedakan antara kebutuhan dan keinginan. KEBUTUHAN adalah sesuatu yang jika tidak terpenuhi, atau jika tidak dibeli, maka akan mempersulit hidup kita. Misalkan makan.

Keinginan yang merupakan cikal bakal GENGSI adalah sesautu yang jika tidak terpenuhipun tidak akan banyak berefek pada aktivitas sehari hari hari, baik social atau pribadi. Dalam forum internet ada yang bilang seperti ini:" Jika kamu tidak tahu apakah itu kebutuhan dan atau keinginan, Tunggu selama satu minggu lagi, jika setelah satu minggu kamu masih menginginkannya, maka barang tersebut layak kamu beli". Dalam keinginanpun, kita juga harus jeli. Jangan cuma menuruti hawa nafsu.


Antara Hemat,Pelit,Kikir dan Boros
sebagian orang yang hidup hemat, akan berubah jadi boros hanya karena dibilang :"Loe jadi oran pelit amat!". Nah agar kita tidak termakan dengan ucapan tersebut, mari kita analisa 4 hal diatas


  1. Hemat: hemat adalah kondisi mengeluarkan uang untuk belanja sesuai dengan kebutuhan
  2. Pelit:Kondisi seseorang yang terlalu ketat dalam pengeluaran sampai sampai kebutuhan saja tidak terpenuhi. 
  3. kikir:Kondisi dimana kita terlalu egois dan mementingkan perkara diri sendiri, terutama masalah uang dan harta, padahal orang lain membutuhkannya (misal untuk dipinjam). 
  4. Boros:Membeli barang yang di inginkan, bukan yang dibutuhkan atau Lebih besar pasak daripada tiang. 

Salah satu ciri sukses bukanlah bisa tampil gaya dan gengsi gede gedean. Sukses itu adalah saat kamu bisa menahan diri dari belanja yang tidak perlu ,  tampil apa adanya, membeli seperlunya dan tidak omong besar dihadapan orang lain. Be your self, be confident. 

Akhirnya, hidup itu pilihan anda piling menjadi DoucheBag( orang yang sok gaya, belagu, jaim sok gengsi) atau hidup bersahaja ? 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komentar Tokoh Nasional Tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijaga

Berikut ini adalah pendapat para tokoh Nasional tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijga. Fahri Idris Saya akan buka advokasi bagi mahasiswi bercadar yang merasakan dirugikan apalagi jika sampai dipecat dengan kebijakan ini. Saya turun tangan langsung. https://t.co/L8Yx87Jumd via official site https://t.co/bARvTo7oJi silahkan share karena cadar dilindungi UUD '45. #Cadar — Fahira Idris DPD RI (@fahiraidris) 6 Maret 2018 Lukman Hakim Saifudin ( Menteri Agama) Cadar itu bisa merupakan wujud pengamalan keyakinan ajaran agama bagi penggunanya, meskipun banyak juga yg meyakini itu hanyalah budaya. UIN SUKA bukan ingin mengatur sisi khilafiyah hal itu, tapi ingin menata ketentuan akademik & administratif yg menyangkut penggunaan cadar. https://t.co/cJax2OTm4Q — Lukman H. Saifuddin (@lukmansaifuddin) 9 Maret 2018 Fahri Hamzah Sultan Hamengkubuwono  X "Perlu ada kebijakan untuk mempertimbangkan lagi,"    Sultan menilai, kebijakan yang ada

Data Statistik ASN Per Juni 2023

  Data ASN 2023 Berapa sih jumlah ASN seluruh Indonesia? Jika Anda penasaran dengan pertanyaan tersebut, Anda bisa melihat gambar di atas. Gambar diambil dari buku statistik ASN Semester I tahun 2023 yang diterbitkan BKN.  Secara singkat ,  Jumlah ASN sebanyak 4.282.429 Orang yang terdiri dari PNS sebanyak 3.795.302 (89%) dan PPPK sebanyak 487.127 (11%).  Walaupun Jumlah PPPK baru 11%, namun tren PPPK akan terus meningkat seiring lebih banyaknya lowongan PPPK dibanding PNS. Hal ini dikarenakan PNS pensiun tidak  selalu di ganti dengan PNS baru namun di ganti dengan PPPK.  Dilihat dari instansinya, Jumlah PNS pusat sebanyak 22% dan jumlah ASN daerah sebanyak 78%. ASN Pusat adalah ASN yang bekerja di Kementerian, Lembaga atau Badan Negara sedangkan PNS daerah adalah PNS yang bekerja di instansi Pemerintah Daerah Tingkat I ( Provinsi) dan Pemerintah Daerah Tingkat II (Kabupaten Kota).  Catatan Menarik dari latar pendidikan ASN adalah 71% bergelar sarjana. Hal ini wajar karena sejak 10 Tah

Daftar Partai Peserta Pemilu 2024

  No Nama  Ketua Sekjen Berdiri  Website 1 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar M. Hasanuddin Wahid 23 Juli 1998 https://pkb.id 2 Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto Ahmad Muzani 06 Februari 2008 http://gerindra.id 3 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Megawati Sukarnoputri Hasto Kristianto 15 Februari 1999 https://pdiperjuangan.id 4 Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto Lodewijk Freidrich Paulus 20 Oktober 1964 https://partaigolkar.com 5 Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh Jhonny G. Plate 26 Juli 20211 https://nasdem.id 6 Partai Buruh Said Iqbal Ferry Nurzarli 05 Oktober 2021 https://partaiburuh.or.id 7 Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) Anis Matta Mahfudz Siddiq 28 Oktober 2019 https://partaigelora.id 8 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu Aboe Bakar Al-Habsyi 20 April 2002 https://pks.id 9 Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) I Gede Pasek Suardika Sri Mulyono 07 Januari 2022 https://p