Langsung ke konten utama

Jenis Pekerjaan Freelance di Yogyakarta

Jogja adalah salah satu kota dengan biaya hidup terendah di Indonesia, itulah mengapa banyak yang betah di Jogja. disini masyarakatnya juga  ramah, kotanya dinamis,  dan jarang terjadi konflik sara,. Jogja adalah miniatur indonesia . Walaupun demikian, jogja bukan hanya berisi  kampus dan tempat wisata, namun juga tempat Dugem, Mall, bioskop, Cafe dan berbagai macam tempat yang memanjakan hidup kawula muda, itulah mengapa jogja adalah tempat paling kondusif untuk menikmati masa muda. 

Namun dari sekian banyak mahasiswa yang suka hura hura dan dugem menikmati masa mudanya , ternyata masih banyak mahasiswa yang hidup prihatin makan sehari 2x di angkringan atau lebih memilih belajar di kos kosan yang sumpek ketimbang ke tempat hiburan, ini namanya mahasiswa yang lugu, rajin dan pantas di tiru. Ada juga mahasiswa yang jauh berpikir dewasa, walaupun di jogja hidup murah, dia ingin mandiri, minimal mengurangi beban orang tua.

Bagi Mahasiswa baru atau mahasiswa yang udah abis teorinya  namun hanya berkutat di Kampus,Kos, Rumah makan, kampus kos,Rumah makan, pasti ada keinginan ngisi waktu namun ada manfaatnya (baca: ada duitnya bro $_$). tentunya yang halal lah.. Apa sih yang bisa saya kerjakan? Cekidot bro!

Operator  Warnet dan Gamenet
Warnet di Jogja sejak era 2000-an sampai sekarang itu bejibun. Anda bisa melamar jadi Operator di Warnet, walaupun pershit (6-8 jam) cuman antara 15-20 Ribu, mending lah ketimbang nggosip, nonton TV atau cuman kongkow kongkow ga jelas. 

Operator Fotocopy dan Rental Komputer
Hah, hari gini? yup jangan salah, coba deh sekali kali jalan ke belakang UIN, atau di sebelah barat kampus UNY, masih banyak usaha rental komputer atau jasa pengetikan. Emang mahasiswa ga pada punya komputer ya? Ya sebenarnya punya, mereka minta jasa pengetikan karena memang mahasiswanya males males, atau kadang mereka ngetik  laporan di kos, terus di print disitu. Ingat bro, ga setiap mahasiswa punya printer. Bagus kalau malah bukan jadi pekerja rental, tapi malah bikin usaha rental dan Fotocopy sekaligus.

 Pengajar di Bimbel dan LPK
Namanya juga kota pendidikan, disini Bimbel dan LPK bejibun bro, dari Bimbel untuk anak SD-SMA sampai LPK untuk berbagai macam ketrampilan, dari menyetir, les music, komputer, bahasa asing dan lain lain ada disini. Sekarang mas bro kuliah jurusan apa? "Komputer mas!" nah jadi pengajar privat komputer kan bisa? atau jadi pengajar komputer di LPK. Kalau kamu cewek, bagusan jadi pengajar bimbel, secara cewek itukan sabar dan keibuan kalo ngajar anak anak. Kalo cowo kek saya mah, kalo yang di ajarin ga bisa, gue kasih hadiah jitakan  deh pokoknya. 

Penjaga toko 
Toko atau gerai di mall mall itukan banyak , kamu bisa ngelamar jadi pramuniaga, terutama yang cewek. Ga ada salahnya kan?  Walaupun rata rata dapatnya UMR atau kalo pas ngenes dibawah UMR, sekali lagi bro, mending dari pada cuma nganggur ngalamun yang ga jelas. 

Pelayan Rumah makan
Di jogja ada 250 Ribu mahasiswa bahkan lebih termasuk yang ga pada mau pulang gara gara dah merasa nyaman di jogja. Artinya ada ribuan mulut yang butuh makan. Secara mahasiswa termasuk yang cewe tuh males masak, makanya kalau kamu punya modal,, buat Rumah makan, kalau ga ada modal bisa jadi pramusaji atau tukang cuci piring juga gapapa . Ingat bro yang penting halal dan ga usah gengsi. Gengsi itu ga bikin kenyang. 

Guide
Bagi kamu yang ambil jurusan pariwisata atau jurusan bahasa, coba deh jadi Guide untuk turis2. Denger denger duitnya gede, secara turis itukan kaya, siapa tau dibayar pake dollar lumayan kan!. 

Penulis lepas
Di Yogyakarta ada beberapa surat kabar, coba deh jadi penulis lepas. Di setiap koran menyediakan rubrik untuk mahasiswa atau penulis lepas dimana selain kita menyampaikan ide, kita juga dapat  uang dari tulisan kita. Kayak teman saya mas dede, hampir tiap minggu tulisannya di muat di Surat kabar. Tahu ga bro, sekali dimuat duitnya berkisar 100-500ribu tergantung kualitas, panjang tulisan dan Jenis surat kabarnya. Dan satu lagi, menjadi penulis lepas ga harus koran jogja, setiap koran di indonesia kan punya alamat email. Kirimkan saja, kalau nasib lagi bagus pasti dimuat kok!.

Nah dah dulu ya, moga saja ide ini bermanfaat,Yang penting bro, ga usah minder atau Gengsi. Ingat ya. Gengsi itu penyakit, dan kalau kamu gengsi itu juga ga bikin kamu kenyang yang ada bikin kamu mlarat.. Semangat bekerja Bro!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komentar Tokoh Nasional Tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijaga

Berikut ini adalah pendapat para tokoh Nasional tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijga. Fahri Idris Saya akan buka advokasi bagi mahasiswi bercadar yang merasakan dirugikan apalagi jika sampai dipecat dengan kebijakan ini. Saya turun tangan langsung. https://t.co/L8Yx87Jumd via official site https://t.co/bARvTo7oJi silahkan share karena cadar dilindungi UUD '45. #Cadar — Fahira Idris DPD RI (@fahiraidris) 6 Maret 2018 Lukman Hakim Saifudin ( Menteri Agama) Cadar itu bisa merupakan wujud pengamalan keyakinan ajaran agama bagi penggunanya, meskipun banyak juga yg meyakini itu hanyalah budaya. UIN SUKA bukan ingin mengatur sisi khilafiyah hal itu, tapi ingin menata ketentuan akademik & administratif yg menyangkut penggunaan cadar. https://t.co/cJax2OTm4Q — Lukman H. Saifuddin (@lukmansaifuddin) 9 Maret 2018 Fahri Hamzah Sultan Hamengkubuwono  X "Perlu ada kebijakan untuk mempertimbangkan lagi,"    Sultan menilai, kebijakan yang ada

Data Statistik ASN Per Juni 2023

  Data ASN 2023 Berapa sih jumlah ASN seluruh Indonesia? Jika Anda penasaran dengan pertanyaan tersebut, Anda bisa melihat gambar di atas. Gambar diambil dari buku statistik ASN Semester I tahun 2023 yang diterbitkan BKN.  Secara singkat ,  Jumlah ASN sebanyak 4.282.429 Orang yang terdiri dari PNS sebanyak 3.795.302 (89%) dan PPPK sebanyak 487.127 (11%).  Walaupun Jumlah PPPK baru 11%, namun tren PPPK akan terus meningkat seiring lebih banyaknya lowongan PPPK dibanding PNS. Hal ini dikarenakan PNS pensiun tidak  selalu di ganti dengan PNS baru namun di ganti dengan PPPK.  Dilihat dari instansinya, Jumlah PNS pusat sebanyak 22% dan jumlah ASN daerah sebanyak 78%. ASN Pusat adalah ASN yang bekerja di Kementerian, Lembaga atau Badan Negara sedangkan PNS daerah adalah PNS yang bekerja di instansi Pemerintah Daerah Tingkat I ( Provinsi) dan Pemerintah Daerah Tingkat II (Kabupaten Kota).  Catatan Menarik dari latar pendidikan ASN adalah 71% bergelar sarjana. Hal ini wajar karena sejak 10 Tah

Daftar Partai Peserta Pemilu 2024

  No Nama  Ketua Sekjen Berdiri  Website 1 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar M. Hasanuddin Wahid 23 Juli 1998 https://pkb.id 2 Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto Ahmad Muzani 06 Februari 2008 http://gerindra.id 3 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Megawati Sukarnoputri Hasto Kristianto 15 Februari 1999 https://pdiperjuangan.id 4 Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto Lodewijk Freidrich Paulus 20 Oktober 1964 https://partaigolkar.com 5 Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh Jhonny G. Plate 26 Juli 20211 https://nasdem.id 6 Partai Buruh Said Iqbal Ferry Nurzarli 05 Oktober 2021 https://partaiburuh.or.id 7 Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) Anis Matta Mahfudz Siddiq 28 Oktober 2019 https://partaigelora.id 8 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu Aboe Bakar Al-Habsyi 20 April 2002 https://pks.id 9 Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) I Gede Pasek Suardika Sri Mulyono 07 Januari 2022 https://p