Langsung ke konten utama

Cara Mengurangi Stress

Stress, siapa yang tidak pernah mengalaminya? dari siswa sekolah yang gagal lulus, mahasiswa yang tidak kelar kelar skripsinya, para sarjana baru mencari kerja, para pekerja yang pekerjaannya overloaad dan semua tipe pekerjaan yang di kejar deadline atau target. Stress melanda siapa saja, bahkan para boss yang punya banyak duit sampai koruptor yang dikejar kejar KPK juga saya yakin stress.  Tidak ketinggalan para artis yang terkena gosip miring juga stress dan si penulis juga sedang stress, makanya muncullah tulisan ini, karena menulis sendiri adalah cara mengurangi stress.

Ada berbagai cara mengurangi stress, berikut ini adalah cara mengurangi stress resep dari candra sendiri yang umumnya manjur, minimal stress terkurangi.

1. Mendekatkan diri pada Allah

Ya, ini adalah langkah pertama ketika stress, kepada siapa lagi kita meminta pertolongan dan kepada siapa lagi kita menyampaikan keluh kesah kita selain kepada Dzat yang meberi kehidupan. Berwudhu, zikir, baca quran atau sholat adalah cara menghilangkan stress yang paling ampuh  tentunya kita juga berdoa agar masalah yang kita hadapi bisa cepat terselesaikan dan jangan cepat putus asa. "Karena sesudah kesulitan pasti ada kemudahan".

2. Curhat/Ngobrol dengan orang terdekat

Curhat alias ngobrol merupakan cara yang cukup efektif untuk menghilangkan stress, apalagi jika urusannya bersifat pribadi, ya tentunya teman curhat dan ngobrol juga pilih pilih lah, jangan curhat masalah pribadi ma orang yang "EMBER". Walaupun curhat tidak selalu menyelesaikan masalah, tapi minimal dada kita akan terasa longgar ya walaupun kadang yang dicurhatin cuman bilang :"sabar!", atau "ehm...ehmm" atau malah dia lagi dengerin lagu pake Ipod *kalo yang terakhir artinya dia males dengeran curhat loe*.

3. Tanyakan pada Ahlinya

Jika curhat umumnya hanya melonggarkan beban di kepala, tapi umumnya curhat tidak menyelesaikan masalah, agar masalah selesai, coba tanya pada Ahlinya, jika masalah agama, tanyakan permasalahan yang dihadapi kepada ustad, jika masalah skripsi yang tidak tuntas2, jangan takut minta masukan dosen pembimbing atau temen yang dirasa mampu. Untuk bidang yang lain, silahkan disesuaikan pada ahlinya masing  masing.

4. Istirahat, olahraga dan makan yang seimbang

Jika 3 solusi diatas  mempertimbangkan masalah psikis, maka solusi keempat ini solusi bagi fisik kita. Cek lagi berapa jam anda tidur dalam sehari,  berapa kali dalam seminggu kita olah raga dan kira kira makan kita teratur ga?*ceritanya lagi jadi dokter gizi*. Jika penyebabnya masalah diatas, coba buatlah jadwal makan, istirahat dan olahraga agar hidup lebih teratur.

5. Mencari hiburan/Berlibur

Berlibur, ini solusi yang tepat bagi anda yang selalu sibuk bekerja, apalagi yang sering lembur sampai tanggal merah aja masuk kerja, sekali kali lah
ke tempat dugem   jalan jalan ke taman, pantai atau ke tempat yang sedikit hiruk pikuknya. Jangan lupa, ajak teman untuk berlibur, biar ga diciduk satpol PP atau petugas wisata karena dikira gila :P.

6. Menulis

Menulis, ini adalah solusi yang cukup ampuh bagi saya, menuliskan tentang permasalahan kita kedalam buku harian atau blog bisa menjadi obat stress yang manjur, jika permasalahnnay komplek , pake saja program freemind.sourceforge.net/ untuk memetakan masalah anda, sehingga isi otak lebih terstruktur, dengan cara ini kadang inti permasalahan dan penyebab masalah akan terlihat.

semoga stress cepat teratasi setelah membaca tulisan ini.

Komentar

  1. Postingan yang bagus dan sangat berguna bagi kita semua dalam menjalani hidup dan kehidupan terutama dijaman yang modern dan keras ini........Salam kenal dan persahabatan dari Kalimantan.....................

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komentar Tokoh Nasional Tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijaga

Berikut ini adalah pendapat para tokoh Nasional tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijga. Fahri Idris Saya akan buka advokasi bagi mahasiswi bercadar yang merasakan dirugikan apalagi jika sampai dipecat dengan kebijakan ini. Saya turun tangan langsung. https://t.co/L8Yx87Jumd via official site https://t.co/bARvTo7oJi silahkan share karena cadar dilindungi UUD '45. #Cadar — Fahira Idris DPD RI (@fahiraidris) 6 Maret 2018 Lukman Hakim Saifudin ( Menteri Agama) Cadar itu bisa merupakan wujud pengamalan keyakinan ajaran agama bagi penggunanya, meskipun banyak juga yg meyakini itu hanyalah budaya. UIN SUKA bukan ingin mengatur sisi khilafiyah hal itu, tapi ingin menata ketentuan akademik & administratif yg menyangkut penggunaan cadar. https://t.co/cJax2OTm4Q — Lukman H. Saifuddin (@lukmansaifuddin) 9 Maret 2018 Fahri Hamzah Sultan Hamengkubuwono  X "Perlu ada kebijakan untuk mempertimbangkan lagi,"    Sultan menilai, kebijakan yang ada

Data Statistik ASN Per Juni 2023

  Data ASN 2023 Berapa sih jumlah ASN seluruh Indonesia? Jika Anda penasaran dengan pertanyaan tersebut, Anda bisa melihat gambar di atas. Gambar diambil dari buku statistik ASN Semester I tahun 2023 yang diterbitkan BKN.  Secara singkat ,  Jumlah ASN sebanyak 4.282.429 Orang yang terdiri dari PNS sebanyak 3.795.302 (89%) dan PPPK sebanyak 487.127 (11%).  Walaupun Jumlah PPPK baru 11%, namun tren PPPK akan terus meningkat seiring lebih banyaknya lowongan PPPK dibanding PNS. Hal ini dikarenakan PNS pensiun tidak  selalu di ganti dengan PNS baru namun di ganti dengan PPPK.  Dilihat dari instansinya, Jumlah PNS pusat sebanyak 22% dan jumlah ASN daerah sebanyak 78%. ASN Pusat adalah ASN yang bekerja di Kementerian, Lembaga atau Badan Negara sedangkan PNS daerah adalah PNS yang bekerja di instansi Pemerintah Daerah Tingkat I ( Provinsi) dan Pemerintah Daerah Tingkat II (Kabupaten Kota).  Catatan Menarik dari latar pendidikan ASN adalah 71% bergelar sarjana. Hal ini wajar karena sejak 10 Tah

Daftar Partai Peserta Pemilu 2024

  No Nama  Ketua Sekjen Berdiri  Website 1 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar M. Hasanuddin Wahid 23 Juli 1998 https://pkb.id 2 Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto Ahmad Muzani 06 Februari 2008 http://gerindra.id 3 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Megawati Sukarnoputri Hasto Kristianto 15 Februari 1999 https://pdiperjuangan.id 4 Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto Lodewijk Freidrich Paulus 20 Oktober 1964 https://partaigolkar.com 5 Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh Jhonny G. Plate 26 Juli 20211 https://nasdem.id 6 Partai Buruh Said Iqbal Ferry Nurzarli 05 Oktober 2021 https://partaiburuh.or.id 7 Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) Anis Matta Mahfudz Siddiq 28 Oktober 2019 https://partaigelora.id 8 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu Aboe Bakar Al-Habsyi 20 April 2002 https://pks.id 9 Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) I Gede Pasek Suardika Sri Mulyono 07 Januari 2022 https://p