Langsung ke konten utama

Bahasa yang Ingin Aku Kuasai

Kita hidup di dunia yang dipenuhi oleh berbagai macam suku, ras, dan bahasa yang berbeda-beda. Bayangkan ada ratusan bahasa yang dipakai dalam kesehariannya, tergantung dimana ia tinggal, Jika ia tinggal di Amerika (us) kemungkinan besar bahasa yang dipakai adalah bahasa inggris dan jika tinggalnya di jawa kemungkinan besar bahasa jawa adalah bahasa kesehariannya.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, suatu tempat tidak lagi menentukan bahasa bagi para penduduknya, misal saja yogyakarta, walaupun bahasa utamanya jawa, namun karena banyaknya mahasiswa yang belajar di kota ini, maka bahasa indonesia bahkan bahasa inggris sudah menjadi bahasa sehari hari walaupun kadang bahasa- bahasa ini di campur menjadi satu seperti gado gado.

Saya sendiri punya keinginan untuk menguasai lebih dari satu bahasa. Alasannya, dengan menguasai lebih dari satu bahasa, maka wawasan kita akan lebih luas dan akan  memudahkan kita saat berkomunikasi dengan pihak lain. Apa saja bahasa yang ingin saya kuasai? Bahasa yang ingin saya kuasai adalah bahasa jawa (kromo/kromo inggil), bahasa indonesia, bahasa inggris, bahasa arab dan terakhir bahasa jepang. Sebagai catatan, bahasa ibu ( bahasa saya jawa banyumasan) tidak saya ikutkan karena otomatis bahasa inilah yang paling di kuasai. Sebagai ukuran, menguasai suatu bahasa menurut saya sendiri adalah kita bisa membaca, menulis, berbicara, mendengar dan menggunakan bahasa tersebut secara tepat sesuai dengan "spelling & grammar" bahasa tersebut. selain itu penggunaan huruf asli dalam bahasa tersebut merupakan nilai tambah, misal bahasa jawa yang ditulis dengan huruf jawa, atau bahasa jepang yang ditulis dengan hiragana, katakana, atau kanji.

Bahasa Jawa



Bahasa jawa adalah bahasa yang sangat menarik dipelajari, banyakhal yang ingin saya pelajari, dari cara menuliskan huruf jawa, membaca huruf jawa dan menggunakan bahasa jawa yang sopan (krama inggil) kepada orang tua.

Bahasa Indonesia



Saya tidak mau ngomong banyak, bahasa ini bahasa wajib bagi bangsa indonesia (ceritanya nasionalismenya tinggi). karena dengan bahasa ini, kita bisa hidup dimana saja di indonesia. bahasa yang luar biasa, sebuah bahasa yang mengikat dan menyatukan ratusan bahasa daerah di indonesia. Tidak terbayangkan deh, seandainya tidak ada bahasa indonesia? Apakah indonesia itu akan ada?

Bahasa inggris



Bahasa yang satu ini wajib kamu kuasai kalau kita mau melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Kebayang ga kalau anak kuliahan ga bisa bahasa inggris, padahal referensi utama bahasa inggris. Hal yang paling memotivasi saya menguasai bahasa ini ada beberapa, namun yang paling menonjol karena bahasa ini dipakai hampir diseluruh penjuru dunia. Dalam bahasa ini pula ribuan buku dan ilmu pengetahuan ditulis.

Bahasa Arab



Sepertinya, sekarang mulai jarang deh orang mau belajar bahasa yang satu ini, padahal bahasa ini adalah bahasa alquran, bahasa nya kaum muslimin, makanya sebagai seorang muslim saya tertuntut untuk menguasai bahasa ini.

Bahasa jepang



Bahasa ini adalah bahasa terakhir yang ingin saya kuasai karena saya kecanduan anime jepang. nah , ga penting banget kan? makanya bahasa ini ada di urutan terakhir.

Bagaimana dengan bahasa yang lain? Bahasa yang lain cukuplah sekedar tahu kata atau istilah yang sering dipakai. kalo dirasa bahasa lain itu perlu, semisal kita disodori halaman website yang berbahasa spanyol, tinggal translate aja ke english, selesai dah. minimal tahu isi dari artikel kan?

Komentar

  1. owwwwwwww ..
    jadi alasan belajar bahasa arab karna itu ?

    ya gimana ya ..
    kadang suka bingung juga kita ni belajar agama islam atau belajar budaya arab, masalahnya islam identik dengan arab, coba dulu islam turun-nya di jepang, jadi kita belajar-nya bahasa jepang dunk bukan arab

    hhe .. yah dulu waktu masih kecil aku aktip ngaji, ikut lomba juga, tapi setelah sma langsung putus sama sekali, wkwkwk, lanjut sampe sekarang dueh

    BalasHapus
  2. ada satu lagi bahasa yang perlu kamu pelajai yaitu "Bahasa Tubuh" ;-)

    BalasHapus
  3. ehm....
    aminnnn tak doain kelakon semua nya bro....

    BalasHapus
  4. btw tentang bahasa, saya pas smp dulu dapet 4 pelajaran bahasa, bhs indonesia, inggris, sunda, jawa. enggak ada yg bener2 nyangkol kecuali bhs indo :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komentar Tokoh Nasional Tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijaga

Berikut ini adalah pendapat para tokoh Nasional tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijga. Fahri Idris Saya akan buka advokasi bagi mahasiswi bercadar yang merasakan dirugikan apalagi jika sampai dipecat dengan kebijakan ini. Saya turun tangan langsung. https://t.co/L8Yx87Jumd via official site https://t.co/bARvTo7oJi silahkan share karena cadar dilindungi UUD '45. #Cadar — Fahira Idris DPD RI (@fahiraidris) 6 Maret 2018 Lukman Hakim Saifudin ( Menteri Agama) Cadar itu bisa merupakan wujud pengamalan keyakinan ajaran agama bagi penggunanya, meskipun banyak juga yg meyakini itu hanyalah budaya. UIN SUKA bukan ingin mengatur sisi khilafiyah hal itu, tapi ingin menata ketentuan akademik & administratif yg menyangkut penggunaan cadar. https://t.co/cJax2OTm4Q — Lukman H. Saifuddin (@lukmansaifuddin) 9 Maret 2018 Fahri Hamzah Sultan Hamengkubuwono  X "Perlu ada kebijakan untuk mempertimbangkan lagi,"    Sultan menilai, kebijakan yang ada

Data Statistik ASN Per Juni 2023

  Data ASN 2023 Berapa sih jumlah ASN seluruh Indonesia? Jika Anda penasaran dengan pertanyaan tersebut, Anda bisa melihat gambar di atas. Gambar diambil dari buku statistik ASN Semester I tahun 2023 yang diterbitkan BKN.  Secara singkat ,  Jumlah ASN sebanyak 4.282.429 Orang yang terdiri dari PNS sebanyak 3.795.302 (89%) dan PPPK sebanyak 487.127 (11%).  Walaupun Jumlah PPPK baru 11%, namun tren PPPK akan terus meningkat seiring lebih banyaknya lowongan PPPK dibanding PNS. Hal ini dikarenakan PNS pensiun tidak  selalu di ganti dengan PNS baru namun di ganti dengan PPPK.  Dilihat dari instansinya, Jumlah PNS pusat sebanyak 22% dan jumlah ASN daerah sebanyak 78%. ASN Pusat adalah ASN yang bekerja di Kementerian, Lembaga atau Badan Negara sedangkan PNS daerah adalah PNS yang bekerja di instansi Pemerintah Daerah Tingkat I ( Provinsi) dan Pemerintah Daerah Tingkat II (Kabupaten Kota).  Catatan Menarik dari latar pendidikan ASN adalah 71% bergelar sarjana. Hal ini wajar karena sejak 10 Tah

Daftar Partai Peserta Pemilu 2024

  No Nama  Ketua Sekjen Berdiri  Website 1 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar M. Hasanuddin Wahid 23 Juli 1998 https://pkb.id 2 Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto Ahmad Muzani 06 Februari 2008 http://gerindra.id 3 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Megawati Sukarnoputri Hasto Kristianto 15 Februari 1999 https://pdiperjuangan.id 4 Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto Lodewijk Freidrich Paulus 20 Oktober 1964 https://partaigolkar.com 5 Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh Jhonny G. Plate 26 Juli 20211 https://nasdem.id 6 Partai Buruh Said Iqbal Ferry Nurzarli 05 Oktober 2021 https://partaiburuh.or.id 7 Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) Anis Matta Mahfudz Siddiq 28 Oktober 2019 https://partaigelora.id 8 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu Aboe Bakar Al-Habsyi 20 April 2002 https://pks.id 9 Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) I Gede Pasek Suardika Sri Mulyono 07 Januari 2022 https://p