Langsung ke konten utama

Perbedaan Karakter komik Jepang vs Comic Amerika

Bagi pecinta komik Jepang ataupun  Amerika, ada ga yang pernah memperhatikan perbedaan diantara keduanya? Comic jepang sering disebut manga sementara komik amerika tidak punya penyebutan khusus kecuali karakternya terbagi menjadi DC atau Marvel.

Namun, setelah saya perhatikan secara seksama, ternyata ada perbedaan mendasar dari sisi karaktaer.Sebelum lebih jauh, mari kita perhatikan 3 tokoh berikut yaitu Songoku di dragonball, naruto dan Icigho di Bleach. 

Karakter Manga 

Songoku adalah seorang anak yang ahli bela diri dan terus menerus meningkatkan kemampuan bela dirinya dan mengikuti turnamen kejuaraan, sampai dirinya sadar bahwa dirinya adalah alien dari planet lain. Dia terus menerus meningkatkan kemampunya dengan berlatih sampai bisa menjadi Super sayian. 

Naruto adalah ninja kecil  yang ingin menjadi hokage. Ninja paling kuat di masyarakatnya saat itu. Bagaimana caranya menjadi hokkage, dia harus terus berlatih dan mengadapi musuh musuhnya sehingga skillnya terus meningkat.

Ichigo adalah anak SMA biasa yang akhirnya menjadi pembrantas "hantu" dengan cara terus menerus meningkatkan kekuatannya sampai dia menjadi kuat dari hanya sekedar shinigami sampai menjadi master di soul sociaty dan mampu melawan "hollow" kelas satu termasuk mengalahkan arrancar. 

Ada pola yang sama ga di ketika tokoh diatas?

Karakter Comic DC dan Marvel



Mari kita ambil beberapa contoh karakter seperti Green lantern, spiderman serta captain amerika. 

Greenlantern adalah tokoh superhero DC yang mendapat kekuatan super dari cincin green lantern yang ditemukannya. Cincin ini merupakan cincin sakti yang dibawa Alien. 

Peter parker adalah anak SMA biasa yang pintar science dan saat berkunjung kelaboratorium dia tersengat laba laba yang sudah mengalami mutasi. Hal ini menyebabkan gen dari  Peter parker berubah dan memiliki kemampuan super.

Captain amerika pada mulanya adalah pemuda kurus yang ingin membela negaranya berperang dalam dunia 2. Karena dia kurus dan orangnya jujur, maka dia dimasukan kedalam program rahasia dari Militer amerika untuk menjadi super soldier. Caranya? dia disuntik serum tertentu dan kemudian, dalam waktu tidak begitu lama, dia langsung menjadi laki laki super yang berbadan tegap, sixpack dan memiliki kekuatan super.

Perbedaan Karakter Manga dan Comic Amerika 

Perhatikan perbedaan mendasar antara karakter anime dan comic amerika diatas? Dari sini tampak bahwa Karakter jepang mengajarkan bahwa jika kamu ingin sukses, ingin hebat dan ingin menjadi juara, maka terus meneruslah berlatih dan hadapi lawan yang lebih kuat sehingga skill kitapun terus meningkat.Silahkan ikuti alur DragonBall, Bleach ataupun naruto, semuanya sama. 

Sekarang mari kita lihat karakter comic america. Jika anda ingin kuat jadilah mutan dengan melakukan percobaan di lab (seperti Hulk) atau digigit serangga (spiderman) atau menemukan Cincin /jimat yang memberikan kekuatan super.Budaya amerika mengajarkan Cara instant untuk menjadi seorang yang berhasil. Hanya ada dua karakter comic amerika yang cukup realistis adalah Batman yang mengikuti alur Manga dan Ironman yang menjadi Ahli science untuk menjadi superhero. Sisanya? cukup nunggu datang keajaiban atau mendapatkan jimat yang bisa membuat kita berubah menjadi lebih baik. 


Sekarang kita tinjau dari sisi budaya. Karakter yang dibangun jepang atau amerika sama sama menunjukan budaya di negerinya. Jepang punya budaya kerja yang sangat tinggi,untuk sukses harus bekerja keras, bukan dilakukan secara instant. Amerika berpikir bagaimana caranya cepat sukses dengan instan, makanya makanan cepat saji INSTANT amerika seperti MC donald tersebar didunia karena budaya Instant sudah mendarah daging. Pingin cepat kaya, cepat suskes, cepat populer dan sebagainya. Perhatikan berapa banyak Acara INSTAN agar cepat sukses ala amerika dengan ikut IDOL, American Got Talent dan sejenisnya. Artis instan biasanya juga instant juga kepopulerannya.

Coba sebutkan artis instan besutan ajang mencari bakat yang sampai saat ini bertahan? Bisa dihitung dengan jari kan? 

Secara pribadi, saya lebih suka dengan karakter jepang yang mengajarkan pantang menyerah dan berusaha semaksimal mungkin untuk sukses. Karakter amerika ingin sukses dan kuat dengan cara INSTANT. makanya di amerika, banyak orang main TOGEL yang dilegalkan dengan nama Lotre. Dalam setahun paling hanya ada seberapa gelintir manusia yang sukses dengan lotere dan jutaan manusia lain bermimpi setiap hari agar bisa kaya mendadak. 

Sayangnya, sepanjang yang saya tahu, walaupun anime dan manga jepang sangat berpengaruh di Remaja indonesia (terutama laki laki), namun kebanyakan orang indonesia lebih berkiblat ke amerika dalam hal kesuksesan. Pingin bukti? berapa banyak acara pencari bakat yang ada, semua berkiblat ke amerika. 

Hidup itu pilihan. Maka pilihlah yang paling realistis dengan belajar, bekerja keras dan terus menerus berlatih agar menjadi sukses seperti karakter jepan, Bukan cara INSTANT seperti cara AMERIKA.


Komentar

  1. betul tuh yg nulis artikel keren abiss

    BalasHapus
  2. Hmm tulisan anda menginspirasi saya untuk membuat komik yg beda dari manga dan american comic.
    mungkin suatu saat sya bisa bikin yg beda.

    BalasHapus
  3. Artikelnya keren, menginspirasi from zero to hero

    BalasHapus
  4. Bagaimana dengan Doraemon yg selalu instant mengabulkan segala keinginan Nobita?---Nendra Cung

    BalasHapus
  5. Hmm menurut ane gk gitu... dc or marvel mereka menunjukan jika seseorang mendapatkan kekuatan besar entah itu darimana maka kewajiban yang besar juga akan ditanggung orang tersebut.

    BalasHapus
  6. ingat dc dan marvel lebih sukses dan lebih mendapat penggemar lebh banyak di indonesia,marvel maupun dc lebih meninitik beratkan kepada perjuangan super hero dalam melindungi masyarakat,,alur ceritanya memang cocok unruk segala umur..sedangkan manga kisah percintaannya lebih banyak...sebut saja naruto. eh bukannya naruto,dragon ball, mendapat kekuatannya sejak dari lahir?
    sun goku mahluk alien yang sejak lahir sudah mendapat kesaktian, begitu juga naruto yang didalam tubuhnya terdapat siluman rubah ekor sembilan...

    BalasHapus
  7. napa yg dipilih karakter manganya cuman yg itu2 doang? lupa sama yg lain? dan keliatan jelas lo gk pernah baca komik dan cuman tau karakter2 komik dari film2 aja (padahal jelas2 ini judulnya tentang manga vs komik) coba liat karakter manga lainnya seperti:

    1.luffey dari one piece = dapat kekuatan karna makan jantung setan
    2.eren dari attack on titan = bisa jadi raksasa karna serum

    apa bedanya coba itu semua dgn beberapa karakter komik yg anda sebutin? dan seperti yg gua bilang tadi,udah keliatan jelas anda cuman tau karakter komik dari film.. seakan2 hanya ada 2 superhero yg masuk akal,padahal ada baanyak sekali lainnya seperti:

    1.robin: anak yatim piatu dengan masa lalu yg kelam dan lalu latihan untuk dapat menegakan keadilan
    2.black panther: raja sebuah negeri yang cerdas dan bijaksana dengan masa lalu yg kelam,menggunakan kecerdasannya dan kebijaksanaannya untuk menegakan keadilan
    3.hawkeye: anak dengan masa lalu yg kelam yang dengan niatannya dan keahlian memanahnya menegakan kedalian
    4.green arrow: pemuda playboy dan kaya raya yang pernah terdampar di suatu pulau,untuk selamat di pulau tersebut dia belajar memanah dan survival. setelah kembali ke kota,dia meninggalkan gaya hidup lamanya dan berusaha menegakan keadilan
    5.black widow: perempuan yatim piatu dengan masa lalu yang kelam.. dia lalu berlatih dan berusaha untuk menegakan keadilan
    6.daredevil: orang BUTA dengan masa lalu yg kelam.. ayahnya dibunuh dan ibunya meninggal yang akhirnya berlatih bela diri. dia lalu berusaha menegakan keadilan karna termotivasi oleh ayahnya
    7.dick grayson: yatim piatu dengan masa lalu yang kelam. dia lalu latihan dan berusaha untuk menegakan keadilan
    8.superman: alien dari planet lain yang terdampar di bumi saat planetnya hancur. dia lalu dibesarkan orang tua bumi dan termotivasi oleh ayah tirinya,dia terus berusaha agar lebih kuat (apa bedanya dgn dragon ball?)
    9.dr strange: seorang dokter spesialis bedah yang sombong. suatu hari dia kecelakaan yang menyebabkan tangannya cacat dan tidak dapat menjadi dokter lagi. stres,dia tidak ingin mengambil profesi lain alih2 dia pergi ke himalaya untuk menyembuhkan tangannnya dengan sihir. sampe sana dia lalu takjub dan tidak ingin menyembuhkan tangannya tetapi berlatih sihir dan terus berlatih hingga dia menjadi sorcerer supreme
    10.dr doom: anti hero dengan masa lalu yg sangat kelam. dia lalu menggunakan kekuatan sihirnya yang dia dapat dari belajar dan kecerdasannya tentang teknologi untuk menyelamatkan dunia (seperti pada saat time runs out dan secret wars) walaupun terkadang menjadi jahat

    dan masih banyak lagi,diantaranya: mockingjay,enchantress,batgirl,batwoman,war machine,falcon,elektra,punisher,shang chi,nick fury,dll (masih ada ratusan yang belum saya sebutkan)
    mereka semua adalah superhero yang TIDAK MEMILIKI KEKUATAN spesial apapun dan mendapatkan keahlian/kehebatannya dari LATIHAN,BERUSAHA, DAN KECERDASAN/TEKNOLOGI

    sebelum ngebuat perbandingan,pastikan dulu udah baca KOMIK,bukan cuman tau komik dari FILM

    BalasHapus
  8. untuk melihat lebih lanjut,coba cek video ini: https://www.youtube.com/watch?v=Thx_fL7vlBs disitu diliatin 10 superhero yg gk punya kekuatan TERKUAT dan TERBAIK

    BalasHapus
  9. Jujur nih ya.. Kyknya admminnya lbih suka manga ketimbang komik amerika, makannya bang admin lebih memihak ke manga, dan hanya melihat dari 1 sisi saja dan untuk bang admin kalok mau nulis artikel perbandingan jangan hanya memilih / memihak 1 kubu, kalo ginikan keliatan banget si abang adminnya lebih memihak ke manga. Saran saya coba deh baca2 komik amrik, biar pengetahuannya lbh luas.

    BalasHapus
  10. saya kurang setuju dengan argument anda

    BalasHapus
  11. Kalo dari tulisan anda sendiri..bukankah percobaan Hulk itu sendiri adalah suatu usaha?Dan sepert kata komentator yg lain,banyk sekali jagoan jepun jadi kuat karena bawaan lahir ato kerasukan mahluk gaib segala macam.Oh ya...mi instan yang bikin kita semua keracunan itu juga dari jepun lho

    BalasHapus
  12. Mungkin karena anda seorang wibu jadi (maaf) anda tolol.

    Menurut gue bagus artikel begini melihat pembelajaran hidup dari karakter2 anime/komik. Tapi jangan mentang2 anda wibu anda melebih lebihkan anime.

    Karakter KOMIK yang tidak INSTANT :
    Green Arrow (DC Comics)
    Robin (Dick Grayson, Jason, Tim Drake, dan anaknya Batmab Demian Wayne)
    Black Phanter (Marvel)
    Hawkeye (Marvel)
    Black Widow (Marvel)

    Dan ga ketinggalan juga karakte ANIME yang memiliki INSTANT POWER :

    Kaguya Ootsusuki (kekuatannya dari mana ya?)
    Luffy One Piece?
    Eren Attack on Titan?
    Nagato di Naruto?

    Buatlah artikel yang sesuai dengan fakta. Hanya mendapatkan kekuatan bukan berarti pencapaiannya sudah tercapau. Yang dilihat itu pejalanannya. Masih ada tanggung jawab yang dipikul setelah mendapatkan kekuatan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komentar Tokoh Nasional Tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijaga

Berikut ini adalah pendapat para tokoh Nasional tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijga. Fahri Idris Saya akan buka advokasi bagi mahasiswi bercadar yang merasakan dirugikan apalagi jika sampai dipecat dengan kebijakan ini. Saya turun tangan langsung. https://t.co/L8Yx87Jumd via official site https://t.co/bARvTo7oJi silahkan share karena cadar dilindungi UUD '45. #Cadar — Fahira Idris DPD RI (@fahiraidris) 6 Maret 2018 Lukman Hakim Saifudin ( Menteri Agama) Cadar itu bisa merupakan wujud pengamalan keyakinan ajaran agama bagi penggunanya, meskipun banyak juga yg meyakini itu hanyalah budaya. UIN SUKA bukan ingin mengatur sisi khilafiyah hal itu, tapi ingin menata ketentuan akademik & administratif yg menyangkut penggunaan cadar. https://t.co/cJax2OTm4Q — Lukman H. Saifuddin (@lukmansaifuddin) 9 Maret 2018 Fahri Hamzah Sultan Hamengkubuwono  X "Perlu ada kebijakan untuk mempertimbangkan lagi,"    Sultan menilai, kebijakan yang ada

Data Statistik ASN Per Juni 2023

  Data ASN 2023 Berapa sih jumlah ASN seluruh Indonesia? Jika Anda penasaran dengan pertanyaan tersebut, Anda bisa melihat gambar di atas. Gambar diambil dari buku statistik ASN Semester I tahun 2023 yang diterbitkan BKN.  Secara singkat ,  Jumlah ASN sebanyak 4.282.429 Orang yang terdiri dari PNS sebanyak 3.795.302 (89%) dan PPPK sebanyak 487.127 (11%).  Walaupun Jumlah PPPK baru 11%, namun tren PPPK akan terus meningkat seiring lebih banyaknya lowongan PPPK dibanding PNS. Hal ini dikarenakan PNS pensiun tidak  selalu di ganti dengan PNS baru namun di ganti dengan PPPK.  Dilihat dari instansinya, Jumlah PNS pusat sebanyak 22% dan jumlah ASN daerah sebanyak 78%. ASN Pusat adalah ASN yang bekerja di Kementerian, Lembaga atau Badan Negara sedangkan PNS daerah adalah PNS yang bekerja di instansi Pemerintah Daerah Tingkat I ( Provinsi) dan Pemerintah Daerah Tingkat II (Kabupaten Kota).  Catatan Menarik dari latar pendidikan ASN adalah 71% bergelar sarjana. Hal ini wajar karena sejak 10 Tah

Daftar Partai Peserta Pemilu 2024

  No Nama  Ketua Sekjen Berdiri  Website 1 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar M. Hasanuddin Wahid 23 Juli 1998 https://pkb.id 2 Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto Ahmad Muzani 06 Februari 2008 http://gerindra.id 3 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Megawati Sukarnoputri Hasto Kristianto 15 Februari 1999 https://pdiperjuangan.id 4 Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto Lodewijk Freidrich Paulus 20 Oktober 1964 https://partaigolkar.com 5 Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh Jhonny G. Plate 26 Juli 20211 https://nasdem.id 6 Partai Buruh Said Iqbal Ferry Nurzarli 05 Oktober 2021 https://partaiburuh.or.id 7 Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) Anis Matta Mahfudz Siddiq 28 Oktober 2019 https://partaigelora.id 8 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu Aboe Bakar Al-Habsyi 20 April 2002 https://pks.id 9 Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) I Gede Pasek Suardika Sri Mulyono 07 Januari 2022 https://p