Langsung ke konten utama

Butterly Effect (2004)

Kepakan sayap kupu kupu di hutan amazon brazil bisa menimbulkan badai besar di New York (Amerika) beberapa bulan kemudian " 
Konsep diatas adalah ringkasan dari butterfly effect.  Sesuatu yang kecil yang kita lakukan sekarang bisa berdampak besar dimasa depan dan segala hal yang kita lakukan dimasa lalu (sekecil apapun) akan berefek pada masa sekarang.


SPOILER
Butterly Effect (2004) adalah film yang mengisahkan tentang perjalanan waktu yang sangat menarik. Berbeda dengan kebanyakan film perjalanan waktu yang sering di buat, dalam film ini, perjalan waktu terasa lebih real. Film ini mengisahkan seorang pemuda bernama evan treborn yang sewaktu kecil sering pingsan dan dia tidak mengetahui kejadian dengan lengkap.

Karena hal tersebut, dokter meminta evan untuk menuliskan kegiatan sehari harinya dalam bentuk jurnal, sewaktu kecil, evan berteman dengan Lenny, seorang yang gemuk dan pendiam, Keylie, cewek yang disukainya sejak kecil dan kakaknya yang nakal bernama Tomy. Ada beberapa kejadian yang bikin trauma evan sejak kecil, salah satunya adalah saat evan dan kawan kawannya bermain petasan dengan hulu ledak yang besar (mirip bom) yang ditempatkan di kotak surat sebuah rumah.

Ternyata, hal sepele yang mereka lakukan membuat trauma saat petasan meledak, sayangnnya pas meledak, evan pingsan sehingga dia tidak tahu persis apa yang terjadi sebenarnya. Namun sejak saat itu, temannya si lenny jadi pemurung, pendiam dan akhirnya di tempatkan di rumahsakit jika (sakit mental) sampai si evan Lulus kuliah.

Suatu hari, dia mendatangi teman ceweknya yang saat ini hanya bekerja di sebuah rumah makan kecil dan sudah berkeluarga. Saat dia datang dan ngobrol, evan hanya menanyakan sewaktu kecil dia pernah pingsan dirumah si cewek dan dia tidak tahu persis kenapa dia telanjang saat itu, namun si keylie justru menangis dan pulang kerumah, sampai pada pagi harinya ada kabar bahwa keylie bunuh diri. (di scene selanjutnya, Ternyata waktu kecil keylie dan evan dimanfaatkan oleh bapak keylie untuk main film porno anak.)

Si evan makin heran, akhirnya dia membaca jurnalnya saat dia masih anak anak dan saat dia membaca, dia tertidur dan bermimpi persis di kejadian yang dia baca. Dia lebiht tepat mengalami lucid dream, dia sadar dia sedang bermimpi dan saat dimimpinya adalah saat dia dan kawan kawannya main petasan. Nah dalam mimpinya, dia menjatuhkan puntung rokok ke bajunya dan membekas di kulit perutnya. saat dia terbangun dari mimpinya, ternyata luka bekas yang ia dapatkan dari mimpinya masih ada di perutnya. Nah, begitulah kira kira perjalanan waktunya.

Dia sadar, bahwa dia bisa mengubah masa lalu dengan cara membaca jurnal masa kecilnya dan kemudian dia berusaha mengubah kejadian kejadian dimasa lalu. Salah satunya adalah saat dia masih kecil dan tahu tahu dalam posisi telanjang, akhirnya dalam mimpi itu, dia mengubah agar kejadian waktu kecilnya tidak terjadi. Saat dia terbangun dari mimpi dia kaget luar biasa karena masa kini telah berubah. Dia tertidur di asrama putri bersama keylie. Dia heran sekaligus sadar bahwa dia bisa mengubah masa lalu. Namun setiap perubahan kecil akan berdampak besar (buterly effect), saat mereka jalan jalan di taman, Tomy  yang nakal dan sekarang menjadi pesakitan (kriminal) berusaha menghajar evan, namun apa yang terjadi? Justru saat terjadi perkelahian, evan membunuh Tomy.

Evan baru sadar bahwa apa yang dilakukannya dengan mengubah masa lalu, walaupun kecil, akan berdampak besar. Di penjara, dia berusaha mendapatkan buku bukunya kembali dan berusaha mengubah beberapa kejadian masa lalu, namun tetap saja, apa yang terjadi malah makin membuat kondisi masa kini makin runyam. Dia terus kembali ke masa lalu sampai dia  akhirnya memutuskan untuk mengubah masa lalu dengan cara tidak bertemu lagi dengan keylie dan saat dia terbangun, semuanya kembali normal, kecuali dia dan teman temannya tidak pernah mengenal siapa itu keylie.
End of Spoiler 
Film ini merupakan film yang bagus dalam masalah psikologi dan perjalan waktu secara realistis. Silahkan tonton sendiri filmnya, ga bakal nyesel deh.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komentar Tokoh Nasional Tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijaga

Berikut ini adalah pendapat para tokoh Nasional tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijga. Fahri Idris Saya akan buka advokasi bagi mahasiswi bercadar yang merasakan dirugikan apalagi jika sampai dipecat dengan kebijakan ini. Saya turun tangan langsung. https://t.co/L8Yx87Jumd via official site https://t.co/bARvTo7oJi silahkan share karena cadar dilindungi UUD '45. #Cadar — Fahira Idris DPD RI (@fahiraidris) 6 Maret 2018 Lukman Hakim Saifudin ( Menteri Agama) Cadar itu bisa merupakan wujud pengamalan keyakinan ajaran agama bagi penggunanya, meskipun banyak juga yg meyakini itu hanyalah budaya. UIN SUKA bukan ingin mengatur sisi khilafiyah hal itu, tapi ingin menata ketentuan akademik & administratif yg menyangkut penggunaan cadar. https://t.co/cJax2OTm4Q — Lukman H. Saifuddin (@lukmansaifuddin) 9 Maret 2018 Fahri Hamzah Sultan Hamengkubuwono  X "Perlu ada kebijakan untuk mempertimbangkan lagi,"    Sultan menilai, kebijakan yang ada

Data Statistik ASN Per Juni 2023

  Data ASN 2023 Berapa sih jumlah ASN seluruh Indonesia? Jika Anda penasaran dengan pertanyaan tersebut, Anda bisa melihat gambar di atas. Gambar diambil dari buku statistik ASN Semester I tahun 2023 yang diterbitkan BKN.  Secara singkat ,  Jumlah ASN sebanyak 4.282.429 Orang yang terdiri dari PNS sebanyak 3.795.302 (89%) dan PPPK sebanyak 487.127 (11%).  Walaupun Jumlah PPPK baru 11%, namun tren PPPK akan terus meningkat seiring lebih banyaknya lowongan PPPK dibanding PNS. Hal ini dikarenakan PNS pensiun tidak  selalu di ganti dengan PNS baru namun di ganti dengan PPPK.  Dilihat dari instansinya, Jumlah PNS pusat sebanyak 22% dan jumlah ASN daerah sebanyak 78%. ASN Pusat adalah ASN yang bekerja di Kementerian, Lembaga atau Badan Negara sedangkan PNS daerah adalah PNS yang bekerja di instansi Pemerintah Daerah Tingkat I ( Provinsi) dan Pemerintah Daerah Tingkat II (Kabupaten Kota).  Catatan Menarik dari latar pendidikan ASN adalah 71% bergelar sarjana. Hal ini wajar karena sejak 10 Tah

Daftar Partai Peserta Pemilu 2024

  No Nama  Ketua Sekjen Berdiri  Website 1 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar M. Hasanuddin Wahid 23 Juli 1998 https://pkb.id 2 Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto Ahmad Muzani 06 Februari 2008 http://gerindra.id 3 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Megawati Sukarnoputri Hasto Kristianto 15 Februari 1999 https://pdiperjuangan.id 4 Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto Lodewijk Freidrich Paulus 20 Oktober 1964 https://partaigolkar.com 5 Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh Jhonny G. Plate 26 Juli 20211 https://nasdem.id 6 Partai Buruh Said Iqbal Ferry Nurzarli 05 Oktober 2021 https://partaiburuh.or.id 7 Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) Anis Matta Mahfudz Siddiq 28 Oktober 2019 https://partaigelora.id 8 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu Aboe Bakar Al-Habsyi 20 April 2002 https://pks.id 9 Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) I Gede Pasek Suardika Sri Mulyono 07 Januari 2022 https://p