Langsung ke konten utama

Tips Menghadapi Pendadaran

Pendadaran bagi sebagian besar mahasiswa adalah Hal yang sangat menakutkan, kadang Belum masuk ruang pendadaranpun keringat dingin sudah keluar, saat pendadaran, terjadi demam panggung atau kegagapan yang pada akhirnya membuat materi yang sudah dikuasai menjadi 'buyar'. Akhirnya "Anda dinyatakan tidak LULUS", nah loh? nah gimana sih tip menghadapi pendadaran agar tidak terjadi hal diatas?

Berikut ini ada beberapa tip yang insyaallah bisa membantu anda 



1. Siapkan fisik dan mental
Jika besok pagi anda mau pendadaran, usahakan hari ini rilek atau jalan jalan, makan yang cukup dan malamnya tidur lebih awal, jangan begadang, apalagi mencoba melihat naskah atau mempelajari naskah skripsi, konsep Belajar  model "Wayang semayam suntuk" Tidak akan membantu, yang ada justru di pagi hari anda kurang merasa fit dan keliatan pucat. Belajarlah jauh jauh hari sebelumnya.

2. Ikutilah organisasi
Di Kampus manapun, pasti ada yang namanya organisasi mahasiswa, ikutilah organisasi yang menurut anda menarik, dan usahakan aktif dalam setiap kegiatan ataupun musyawarah kegiatan. Biasakan menyampaikan ide dalam forum musyawarah akan membuat akan mudah dalam menjelaskan Apa yang anda maksudkan, hal ini secara tidak langsung melatih anda bercaya diri berbicara di muka umum. 

3. Buat Materi presentasi seperlunya
Banyak mahasiswa menulis materi presentasinya sampai berpuluh puluh lembar, hal ini tidak efektif, tulislah presentasi maksimal 15 halaman, isi presentasi cukup point point penting yang akan anda jabarkan saat anda presentasi, ingat, presentasi bukanlah pidato tertulis :D. Hal penting dalam presentasi adalah, jangan menulis kata, istilah atau kalimat yang anda sendiri tidak paham dengannya karena hal in bisa menjadi sumber bencana awal pertanyaan dosen yang akan meruntuhkan Pendadaran anda. tulislah apa yang anda tahu saja.

4.Mencari informasi tentang Dosen yang akan mendadar.
Carilah informasi sebanyak banyaknya tentang dosen yang akan mendadar anda. Masing masing dosen biasanya mempunyai pertanyaan yang unik atau menjadi ciri khas dosen tersebut.. Informasi ini bisa anda dapat dari kakak tingkat atau teman yang sudah pendadaran lebih dahulu.

5. Datang  minimal 30 Menit sebelum pendadaran
Datanglah 30 menit sebelum pendadaran, tujuannya tentunya agar anda lebih siap, tidak terburu buru dan anda bisa menyiapkan materi serta alat (jika ada) 

6. Jawab seperlunya apa yang ditanya dosen
Saat pendadaran, posisi anda seperti "Terdakwa" di pengadilan, maka jawablah pertanyaan dari dosen seperlunya, tidak perlu panjang lebar dan jangan menjawab apa yang tidak ditanyakan. Satu hal penting, jangan menjawab sebelum dosen menyelesaikan pertanyaannya, Jadilah pendengar yang baik.

7. Jika Alat peraga/Aplikasi/Tool Error, jangan panik. 
Saat pendadaran, apa saja bisa terjadi, misal tiba tiba aplikasi /sofware yang kita buat muncul error, jangan panik jika terjadi seperti ini, jika dosen tidak tahu ada error di aplikasi anda, hal tersebut tidak perlu anda jelaskan, namun jika dosen menanyakan kenapa aplikasi/tool anda error, jelaskan penyebab errornya dengan tenang dan tegas (walaupun anda tidak yakin sebenarnya) dan jika ditanya solusinya sekali lagi, jelaskan secara ringkas dan seperlunya. 

8. jangan menjawab dengan "Eee...", "Mungkin...."," Kayaknya..." ,"Sepertinya..."
Jangan menjawab dengan kata kata diatas, karena anda akan kena kritik dosen, hal ini disebabkan Skripsi adalah karya ilmiah, bukan novel atau dongeng, sekali lagi, jawablah dengan yakin walau sebenarnya anda tidak tahu persisnya.

9. Bawalah tisu, sapu tangan dan Air putih
Tiga hal diatas perlu anda bawa, tisu dan sapu tangan untuk menghapus keringat anda sehingga anda tidak terlalu kelihatan "Grogi", Dan saat anda gugup atau panik, minumlah air putih.

10.Iyakan kemauan dosen jika ada kesalahan di Penulisan
maksud dari point ini adalah, ada beberapa dosen yang begitu teliti dengan naskah, misal huruf kecil, koma titik perataan text  dan sebagainya, jika anda dikritik oleh dosen untuk masalah penulisan seperti dijelaskan diatas, cukup iyakan dan jawab saja dengan " Iya bu/pak, nanti dari sisi penulisan saya perbaiki". Biasanya kesalahan kesalahan ini masuk dalam revisi jika anda lulus dengan syarat revisi naskah".

Nah, bagi yang mo pendadaran, SEMANGAT YA! 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komentar Tokoh Nasional Tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijaga

Berikut ini adalah pendapat para tokoh Nasional tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijga. Fahri Idris Saya akan buka advokasi bagi mahasiswi bercadar yang merasakan dirugikan apalagi jika sampai dipecat dengan kebijakan ini. Saya turun tangan langsung. https://t.co/L8Yx87Jumd via official site https://t.co/bARvTo7oJi silahkan share karena cadar dilindungi UUD '45. #Cadar — Fahira Idris DPD RI (@fahiraidris) 6 Maret 2018 Lukman Hakim Saifudin ( Menteri Agama) Cadar itu bisa merupakan wujud pengamalan keyakinan ajaran agama bagi penggunanya, meskipun banyak juga yg meyakini itu hanyalah budaya. UIN SUKA bukan ingin mengatur sisi khilafiyah hal itu, tapi ingin menata ketentuan akademik & administratif yg menyangkut penggunaan cadar. https://t.co/cJax2OTm4Q — Lukman H. Saifuddin (@lukmansaifuddin) 9 Maret 2018 Fahri Hamzah Sultan Hamengkubuwono  X "Perlu ada kebijakan untuk mempertimbangkan lagi,"    Sultan menilai, kebijakan yang ada

Data Statistik ASN Per Juni 2023

  Data ASN 2023 Berapa sih jumlah ASN seluruh Indonesia? Jika Anda penasaran dengan pertanyaan tersebut, Anda bisa melihat gambar di atas. Gambar diambil dari buku statistik ASN Semester I tahun 2023 yang diterbitkan BKN.  Secara singkat ,  Jumlah ASN sebanyak 4.282.429 Orang yang terdiri dari PNS sebanyak 3.795.302 (89%) dan PPPK sebanyak 487.127 (11%).  Walaupun Jumlah PPPK baru 11%, namun tren PPPK akan terus meningkat seiring lebih banyaknya lowongan PPPK dibanding PNS. Hal ini dikarenakan PNS pensiun tidak  selalu di ganti dengan PNS baru namun di ganti dengan PPPK.  Dilihat dari instansinya, Jumlah PNS pusat sebanyak 22% dan jumlah ASN daerah sebanyak 78%. ASN Pusat adalah ASN yang bekerja di Kementerian, Lembaga atau Badan Negara sedangkan PNS daerah adalah PNS yang bekerja di instansi Pemerintah Daerah Tingkat I ( Provinsi) dan Pemerintah Daerah Tingkat II (Kabupaten Kota).  Catatan Menarik dari latar pendidikan ASN adalah 71% bergelar sarjana. Hal ini wajar karena sejak 10 Tah

Daftar Partai Peserta Pemilu 2024

  No Nama  Ketua Sekjen Berdiri  Website 1 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar M. Hasanuddin Wahid 23 Juli 1998 https://pkb.id 2 Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto Ahmad Muzani 06 Februari 2008 http://gerindra.id 3 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Megawati Sukarnoputri Hasto Kristianto 15 Februari 1999 https://pdiperjuangan.id 4 Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto Lodewijk Freidrich Paulus 20 Oktober 1964 https://partaigolkar.com 5 Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh Jhonny G. Plate 26 Juli 20211 https://nasdem.id 6 Partai Buruh Said Iqbal Ferry Nurzarli 05 Oktober 2021 https://partaiburuh.or.id 7 Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) Anis Matta Mahfudz Siddiq 28 Oktober 2019 https://partaigelora.id 8 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu Aboe Bakar Al-Habsyi 20 April 2002 https://pks.id 9 Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) I Gede Pasek Suardika Sri Mulyono 07 Januari 2022 https://p