Langsung ke konten utama

Ciri ciri Aliran Sesat

Maraknya aliran sesat, Isu NII dan terorisme memang membuat resah umat islam dan masyarakat di indonesia. Agar terhindar dari kelompok sesat ini, berikut ini adalah ciri ciri kelompok sesat yang perlu anda ketahui.

1. Mengakui adanya Nabi baru atau pengkultusan individu


Ciri yang paling nampak  dari kelompok sesat salah satunya adalah mengakui adanya nabi/rosul baru, contohnya adalah ahmadiyah.  Kalaupun bukan nabi, kadang pemimpin atau imamnya "Katanya" mengetahui hal ghaib, misal tahu kapan terjadinya hari kiamat atau imamnya mempunyai "kesaktian" tertentu, misal bisa terbang, menghilang dan sebagainya.

kadang si imam mengatakan bahwa dirinya terbebas dari dosa,suci dan sebagainya.  Ini adalah tanda bahwa kelompok ini termasuk kelompok sesat.

2. Mengingkari sebagian Rukun Iman atau rukun Islam


Ciri lain dari  kelompok sesat adalah mengingkari sebagian dari rukun iman atau islam, misal meyakini  bahwa sholat 5 waktu itu tidak wajib, atau zakat hanya ada di jaman rosullullah, atau haji tidak berlaku lagi sekarang. Beberapa kelompok justru menyelewengkan salah satu rukun islam misalnya hajinya bukan ke Mekkah.

3. Mengkafirkan pemerintah atau menentang pemerintah


ciri lain dari kelompok sesat adalah mengkafirkan pemerintah, sehingga konsequensinya, mereka menjadi radikal sehingga muncullah terorisme dengan menyerah pemerintah atau kepolisian, atau dengan pengemboman yang mereka anggap jihad. Tujuan mereka biasanya mendirikan negara islam, sayangnya mereka lupa bahwa tujuan dakwah adalah menegakan kalimat tauhid (menyebarkan islam),bukan mencari kekuasaan. Kekuasan adalah alat.

4. menghalalkan darah orang non muslim tanpa pandang bulu


kelompok aliran sesat terutama para teroris meyakini kalaumembunuh orang kafir termasuk bagian dari jihad. padahal dalam islam dijelaskan bahwa jihad(perang) dilakukan untuk menyebarkan islam.  Islam membagi umat non muslim menjadi dua, yaitu kafir yang boleh diperangi dan yang tidak. Kafir yang tidak boleh diperangi adalah orang kafir yang tidak melawan atau memusuhi orang muslim secara terang terang . Orang kafir yang secara terang terangan memerangi umat islam  baru halal darahnya, misal  ORang orang yahudi yang menjajah palestina . untuk jelasnya lihat no 13.

5. Kajian dan pertemuan dilakukan secara sembunyi sembunyi /Rahasia


Kelompok ini biasanya melakukan kegiatan pengajiannya secara tertutup dan sembunyi sembunyi. Jika anda mendapati kajian atau pertemuan yang sifatnya tertutup dan sembunyi sembunyi segara saja laporkan dansus 88.

6. Menggunakan sistem baiat dan patuh pada imamnya


Salah satu cara mendapatkan anggota adalah dengan cara "mendokttrin" agar mereka patuh pada imam kelompok tersebut. mereka emnggunakan dalil bahwa bahwa jika seseorang mati tanpa berbait kepada imam, maka matinya mati jahiliah. dalil ini memang ada, namun mereka selewengkan untuk kepentingan kelompoknya sendiri. padahal yang dimaksud bait kepada imam adalah imam kaum muslimin(Khilafah islamiyah)

7. Mengkafirkan umat islam selain kelompoknya


Ciri yang lain,mereka mengkafirkan umat islam selain kelompoknya.  Mereka menganggap selain kelompoknya najis maka jangan heran kalau ada masjid kalau kita habis sholat disitu masjidnya di pel.

8. Menghalalkan segala cara untuk Mendapatkan dana


Ini sangat dekat dengan terorisme. mereka berkeyakinan demi tujuan "dakwah" mereka menghalalkan segala cara. salah satunye merampok atau mencuri. Sekedar catatan penting "dalam islam tidak mengenal Robin hood" .

9. Mewajibkan anggotanya untuk iuran sejumlah uang demi "kepentingan Dakwah"


Ini dilakukan dengan alasan dakwah, padahal yang banyak terjadi adalah untuk memperkaya imamnya dengan cara menipu para pengikutnya. biasanya si imam ini menjanjikan surga atau mereka menggaransi pengikutnya masuk surga walaupun pengikutnya ga pernah sholat.

10. berpegah hanya pada alquran saja tanpa hadist


Ada kelompok yang dengan bangganya hanya meyakini pada alquran saja, tidak berdasarkan hadist.  mereka beranggapan bahwa hadist tidak bisa dijadikan dalil. Namun anehnya ketika mereka ditanya:" sebutkan di ayat /surat mana yang menjelaskan tata cara sholat secara rinci?" mereka tidak bisa menjawab dan perkara perkara lain masih banyak contohnya.

11. Menjanjikan masuk surga bagi para pengikutnya


ini sudah dibahas diatas.

12. Pemimpin/Imamnya "katanya" mengetahui hal hal ghaib.


Ini banyak terjadi dan mengecoh kaum muslimin,terutama yang aqidahnya lemah. Padahal seandainay si  "imam" mempunyai kemampuan seperti ini, mereka memakai jin.

13. Menyelewengkan makna jihad


Sekedar membaca sejarah, setiap kali mau berangkat jihad di jaman rosulullah, mereka datang ke orang kafir dengan  cara mengajak mereka secara halus untuk masuk islam, jika tidak mau,maka mereka disuruh membayar "pajak" ke pemerintah kaum muslimin dan membiarkan dengan keyakinnnya.  Perang (jihad) dengan pedang baru dilakukan  jika mereka melakukan perlawan kepada pemerintah kaum muslimin.

Catatan penting:

Banyak orang menuduh suatu kelompok dianggap sesat hanya dari penamilannya, misalkan lagi laginya berjenggot atau perempuannay bercadar. Saya ingatkan bahwa jenggot atau cadar /Jilbab adalah bagian dari syariat islam, kebetulan teroris mengamalkan dua amalan ini di satu sisi, namun di satu sisi yang lain mempunyai keyakinan menyimpang.

Tidak boleh sesorang muslim mengkafirkan kelompok lain apalagi orang perorang. Kafir mengkafirkan adalah berpakara besar sehingga patut kita perhatikan. jika anda melihat teman anda atau keluarga anda yang cenderung menyimpang , misal meninggalkan sholat 5 waktu atau meyakini kalau sholat 5 waktu tidak wajib. maka berilah peringatan bahwa keyakinan tersebut bisa memnyebabkan sesorang kafir, bukan langsung mengkafirkan orang tersebut.

Ciri dari orang yang mempunyai aliran menyimpang akan terlihat dari cara dia berdiskusi, misal mengkafirkan pemerintah, menghalalkan perkara yang haram dsb.

Sedikit artikel ini semoga bermanfaat, kritik saran masukan silahkan di komentar. ingin rasanya saya menambahkan dalil dari alquran atau hadist, namun insyaallah akan saya tambah dilain waktu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komentar Tokoh Nasional Tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijaga

Berikut ini adalah pendapat para tokoh Nasional tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijga. Fahri Idris Saya akan buka advokasi bagi mahasiswi bercadar yang merasakan dirugikan apalagi jika sampai dipecat dengan kebijakan ini. Saya turun tangan langsung. https://t.co/L8Yx87Jumd via official site https://t.co/bARvTo7oJi silahkan share karena cadar dilindungi UUD '45. #Cadar — Fahira Idris DPD RI (@fahiraidris) 6 Maret 2018 Lukman Hakim Saifudin ( Menteri Agama) Cadar itu bisa merupakan wujud pengamalan keyakinan ajaran agama bagi penggunanya, meskipun banyak juga yg meyakini itu hanyalah budaya. UIN SUKA bukan ingin mengatur sisi khilafiyah hal itu, tapi ingin menata ketentuan akademik & administratif yg menyangkut penggunaan cadar. https://t.co/cJax2OTm4Q — Lukman H. Saifuddin (@lukmansaifuddin) 9 Maret 2018 Fahri Hamzah Sultan Hamengkubuwono  X "Perlu ada kebijakan untuk mempertimbangkan lagi,"    Sultan menilai, kebijakan yang ada

Data Statistik ASN Per Juni 2023

  Data ASN 2023 Berapa sih jumlah ASN seluruh Indonesia? Jika Anda penasaran dengan pertanyaan tersebut, Anda bisa melihat gambar di atas. Gambar diambil dari buku statistik ASN Semester I tahun 2023 yang diterbitkan BKN.  Secara singkat ,  Jumlah ASN sebanyak 4.282.429 Orang yang terdiri dari PNS sebanyak 3.795.302 (89%) dan PPPK sebanyak 487.127 (11%).  Walaupun Jumlah PPPK baru 11%, namun tren PPPK akan terus meningkat seiring lebih banyaknya lowongan PPPK dibanding PNS. Hal ini dikarenakan PNS pensiun tidak  selalu di ganti dengan PNS baru namun di ganti dengan PPPK.  Dilihat dari instansinya, Jumlah PNS pusat sebanyak 22% dan jumlah ASN daerah sebanyak 78%. ASN Pusat adalah ASN yang bekerja di Kementerian, Lembaga atau Badan Negara sedangkan PNS daerah adalah PNS yang bekerja di instansi Pemerintah Daerah Tingkat I ( Provinsi) dan Pemerintah Daerah Tingkat II (Kabupaten Kota).  Catatan Menarik dari latar pendidikan ASN adalah 71% bergelar sarjana. Hal ini wajar karena sejak 10 Tah

Daftar Partai Peserta Pemilu 2024

  No Nama  Ketua Sekjen Berdiri  Website 1 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar M. Hasanuddin Wahid 23 Juli 1998 https://pkb.id 2 Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto Ahmad Muzani 06 Februari 2008 http://gerindra.id 3 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Megawati Sukarnoputri Hasto Kristianto 15 Februari 1999 https://pdiperjuangan.id 4 Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto Lodewijk Freidrich Paulus 20 Oktober 1964 https://partaigolkar.com 5 Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh Jhonny G. Plate 26 Juli 20211 https://nasdem.id 6 Partai Buruh Said Iqbal Ferry Nurzarli 05 Oktober 2021 https://partaiburuh.or.id 7 Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) Anis Matta Mahfudz Siddiq 28 Oktober 2019 https://partaigelora.id 8 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu Aboe Bakar Al-Habsyi 20 April 2002 https://pks.id 9 Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) I Gede Pasek Suardika Sri Mulyono 07 Januari 2022 https://p