Langsung ke konten utama

Nasehat dalam mencari Jodoh

Berikut ini adalah petikan kalimat yang saya dapat dari alquran, hadist  (sunnah), nasehat orang tua, keluarga, soudara, temen. Selain itu, Nasehat ini juga saya dapat dari buku yang saya baca atau mungkin tayangan yang saya tontong serta dari artikel diinternet. Segala nasehat dan ucapan ini --selain alquran dan sunnah--kemungkinan ada unsur kesalahannya, jadi mohon jangan dijadikan acuan.

Tulisan ini hanyalah ringkasan dari semua yang masuk kedalam telinga dan hati saya, dan petikan disini bukan merupakan pendapat pribadi, namun karena masukan ini sangat berarti, jadi saya rangkai menjadi satu artikel dalam blog ini.

Alasan lain saya menulis ini adalah karena banyaknya teman yang bicara tentang nikah nikah dan nikah, yang kadang saya sendiri ga suka --walapun sebagai manusia normal, saya juga berkeinginan untuk menikah, namun tidak dalam waktu dekat.
Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi : dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil[265], maka (kawinilah) seorang saja[266], atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya. (QS -Annisa:4)

dari sini bisa diambil kesimpulan bahwa hukum Asal untuk wanita yang dinikahi adalah dua, tiga atau empat dan satu adalah pilihan selanjutnya. Jadi ga ada salahnya kan kalo laki laki suka kelebih satu wanita atau mempunyai istri lebih dari satu.
Dan kawinkanlah orang-orang yang sedirian[1035] diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS Annur:32)

Dari sini kita bisa tahu kalo "kemapanan" atau persiapan harta sebelum nikah itu bukan merupakan suatu alasan kalo kita belum siap nikah, karena Allah menjanjikan Allah akan memberikan karunianya bagi orang yang menikah.
Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir (QS: AR-Ruum:21)

Nah, Kalo ayat diatas dah paling sering kita dengar, dan Ayat diatas sering diletakan di surat undangan kan? Intinya Seorang wanita dinikahi agar kita(Laki - Laki)  merasa cenderung --ke wanita tersebut-- dan merasa tentram kalo ada disampingnya bukan?
Hadis riwayat Abdullah bin Mas`ud ra.:
Dari Alqamah ia berkata: Aku sedang berjalan bersama Abdullah di Mina lalu ia bertemu dengan Usman yang segera bangkit dan mengajaknya bicara. Usman berkata kepada Abdullah: Wahai Abu Abdurrahman, inginkah kamu kami kawinkan dengan seorang perempuan yang masih belia? Mungkin ia dapat mengingatkan kembali masa lalumu yang indah. Abdullah menjawab: Kalau kamu telah mengatakan seperti itu, maka Rasulullah saw. pun bersabda: Wahai kaum pemuda! Barang siapa di antara kamu sekalian yang sudah mampu memberi nafkah, maka hendaklah ia menikah, karena sesungguhnya menikah itu lebih dapat menahan pandangan mata dan melindungi kemaluan (alat kelamin). Dan barang siapa yang belum mampu, maka hendaklah ia berpuasa, karena puasa itu dapat menjadi penawar bagi nafsu

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim [Bahasa Arab saja]: 2485
Hadis riwayat Abu Hurairah ra.:
Dari Nabi saw. beliau bersabda: Wanita itu dinikahi karena empat perkara; karena harta bendanya, karena keturunannya, karena kecantikannya dan karena agamanya. Maka pilihlah wanita yang beragama, maka kamu akan beruntung

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim [Bahasa Arab saja]: 2661

Kalo mau mencari Berlian ya carinya di kotak berlian, masak di tempat sampah

Bpk Joko prastyo

wah ini nasehat yang dalam banget, intinya kalo mau mencari istri yang soleh Tidak ada salahnya kalo mencarinya di masjid dimana kita berdakwa (*Halah*)   dimana kita sering bertemu dan sudah saling mengenal, Masa mau mencari wanita sholeh di Night club atau wanita yang suka nongkrong dipinggir jalan?
Kalo mau cari istri orang jawa aja,

ini pesan ibu khusus untuk saya sendiri, mungkin ibu ga mau suku lain maksud ibu biar ga ada benturan budaya, tapi terus diralat, "ga papa ko kalo suku lain" dan ini yang paling penting dari ibu)
kalo mau cari istri terserah orang mana, toh candra sendiri yang nanti jalanin tapi semunya harus dipersiapkan, jangan terburu buru, kamu itu laki laki, dan laki laki mempunyai tanggung jawab yang besar dan orang menikah itu bukan untuk sehari dua hari, atau setahun dua tahun, tapi seumur hidup.

Nasehat Yang lainnya mungkin saya sambung, tapi mungkin juga tidak, hanya saja saya ingin mencari wanita yang sholeh, cantik, baik, penyayang, pinter masak,tidak boros dan mau tinggal dijawa (eits, ko kayak iklan biro jodoh sih :-P)  dan yang lebih penting dia mencintai saya dan saya mencintai dia.
Saya tidak  berusaha mencari wanita yang sempurna, tapi saya mencari wanita yang paling cocok bagi saya.

Komentar

  1. Bagusan cari org jawa aja mas..

    BalasHapus
  2. Saya setuju dengan kata cocok... tidak perlu dengan kriteria... just let our "kalbu' say yes

    BalasHapus
  3. udah ketemu yang cocok belum??aku jawa

    BalasHapus
  4. sebenernya mas bukan mencari yang cocok, mencari cinta, kalo emang dah suka, semua keburukan dia pasti bisa kita terima, tapi emang cari istri atau suami bukan perkara mudah, karena buat seumur hidup

    BalasHapus
  5. cari yg mau tinggal di jawa?
    aku mau bangeee...t
    .

    BalasHapus
  6. Nasehat dr ibuk, trnyata d mn2 ibuk tu sm y...
    Chayow cri org jawa..

    BalasHapus
  7. Wih ... Bagus jg nasehatny. Btl ibu pean : menikah tk seumur hidup. Boleh dong knalan ... !

    BalasHapus
  8. iya...bener ya...,n yg paling susah tuh cari org yg bisa mengerti ttg diri kita n plg penting harus dapat restu dr ortu kita...

    BalasHapus
  9. yupz... mencari yang cocok karna g mugkin ada orang yang sempurna...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komentar Tokoh Nasional Tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijaga

Berikut ini adalah pendapat para tokoh Nasional tentang Pelarangan Cadar di UIN Sunan Kalijga. Fahri Idris Saya akan buka advokasi bagi mahasiswi bercadar yang merasakan dirugikan apalagi jika sampai dipecat dengan kebijakan ini. Saya turun tangan langsung. https://t.co/L8Yx87Jumd via official site https://t.co/bARvTo7oJi silahkan share karena cadar dilindungi UUD '45. #Cadar — Fahira Idris DPD RI (@fahiraidris) 6 Maret 2018 Lukman Hakim Saifudin ( Menteri Agama) Cadar itu bisa merupakan wujud pengamalan keyakinan ajaran agama bagi penggunanya, meskipun banyak juga yg meyakini itu hanyalah budaya. UIN SUKA bukan ingin mengatur sisi khilafiyah hal itu, tapi ingin menata ketentuan akademik & administratif yg menyangkut penggunaan cadar. https://t.co/cJax2OTm4Q — Lukman H. Saifuddin (@lukmansaifuddin) 9 Maret 2018 Fahri Hamzah Sultan Hamengkubuwono  X "Perlu ada kebijakan untuk mempertimbangkan lagi,"    Sultan menilai, kebijakan yang ada

Data Statistik ASN Per Juni 2023

  Data ASN 2023 Berapa sih jumlah ASN seluruh Indonesia? Jika Anda penasaran dengan pertanyaan tersebut, Anda bisa melihat gambar di atas. Gambar diambil dari buku statistik ASN Semester I tahun 2023 yang diterbitkan BKN.  Secara singkat ,  Jumlah ASN sebanyak 4.282.429 Orang yang terdiri dari PNS sebanyak 3.795.302 (89%) dan PPPK sebanyak 487.127 (11%).  Walaupun Jumlah PPPK baru 11%, namun tren PPPK akan terus meningkat seiring lebih banyaknya lowongan PPPK dibanding PNS. Hal ini dikarenakan PNS pensiun tidak  selalu di ganti dengan PNS baru namun di ganti dengan PPPK.  Dilihat dari instansinya, Jumlah PNS pusat sebanyak 22% dan jumlah ASN daerah sebanyak 78%. ASN Pusat adalah ASN yang bekerja di Kementerian, Lembaga atau Badan Negara sedangkan PNS daerah adalah PNS yang bekerja di instansi Pemerintah Daerah Tingkat I ( Provinsi) dan Pemerintah Daerah Tingkat II (Kabupaten Kota).  Catatan Menarik dari latar pendidikan ASN adalah 71% bergelar sarjana. Hal ini wajar karena sejak 10 Tah

Daftar Partai Peserta Pemilu 2024

  No Nama  Ketua Sekjen Berdiri  Website 1 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar M. Hasanuddin Wahid 23 Juli 1998 https://pkb.id 2 Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto Ahmad Muzani 06 Februari 2008 http://gerindra.id 3 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Megawati Sukarnoputri Hasto Kristianto 15 Februari 1999 https://pdiperjuangan.id 4 Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto Lodewijk Freidrich Paulus 20 Oktober 1964 https://partaigolkar.com 5 Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh Jhonny G. Plate 26 Juli 20211 https://nasdem.id 6 Partai Buruh Said Iqbal Ferry Nurzarli 05 Oktober 2021 https://partaiburuh.or.id 7 Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) Anis Matta Mahfudz Siddiq 28 Oktober 2019 https://partaigelora.id 8 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu Aboe Bakar Al-Habsyi 20 April 2002 https://pks.id 9 Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) I Gede Pasek Suardika Sri Mulyono 07 Januari 2022 https://p